Tidak Sabar Menunggu? Kenali 13 Tanda Skincare Bekerja

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

Sebenarnya produk perawatan kulit langsung bekerja sejak hari pertama digunakan. Namun tanda skincare bekerja secara efektif baru bisa kita rasakan di hari ke 7 hingga 14 pemakaian.

Setiap orang pasti mendambakan wajah muka yang terlihat cerah dan sehat. 

Salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk mendapatkan kulit yang diinginkan adalah dengan  melakukan perawatan yang tepat dan rutin. Namun, untuk memilih jenis skincare yang tepat, Anda perlu tahu jenis kulit serta gangguan kulit yang mungkin Anda alami. Selain itu, tidak ada salahnya untuk belajar cara mengenali tanda skincare bekerja pada kulit Anda.

Memilih Skincare Sesuai Dengan Jenis Kulit

Setiap orang terlahir dengan jenis dan karakter kulit yang berbeda. Jadi, sebelum Anda memilih skincare yang tepat, ada baiknya Anda mengenali jenis dan permasalahan kulit yang mungkin dialami. 

tanda skincare bekerja

Karena ketika Anda mengetahui jenis dan masalah kulit yang Anda miliki , akan lebih mudah menentukan skincare yang tepat. Sehingga tanda skincare bekerja pada kulit akan mudah Anda kenali. 

Tanpa menunda lagi, berikut adalah empat jenis kulit yang umum beserta rekomendasi kandungan skincare yang cocok digunakan untuk masing-masing jenis kulit :

Jenis Kulit Berminyak

Hindari skincare dengan kandungan minyak seperti mineral oil dan minyak kelapa. Hindari juga kandungan paraben, dan silikon. Untuk anda yang memiliki jenis kulit ini, kami sarankan untuk memilih skincare dengan tekstur  gel.

Jenis Kulit Kering

Bagi anda yang memiliki jenis kulit kering, hindari skincare yang mengandung alkohol, pewangi, acid dan SLS. Usahakan untuk menggunakan skincare yang memiliki fungsi untuk menambah kelembaban dan menghidrasi kulit dengan tekstur krim.

Jenis Kulit Sensitif

Kulit sensitif bisa berupa kulit berminyak ataupun kering. Yang membedakan adalah reaksi kulit terhadap bahan ataupun zat kimia yang terdapat di dalam skincare. Bagi Anda pemilik jenis kulit ini, pilihlah skincare dengan bahan alami dan diperuntukkan bagi kulit sensitif.

Jenis Kulit Kusam

Kondisi ini kerap terjadi pada kulit kering. Pilihlan skincare yang mempunyai fungsi mencerahkan dan memakai sunscreen saat beraktifitas.

13 Tanda Skincare Bekerja Secara Efektif

Seperti yang telah dijelaskan di atas, hasil optimal skincare umumnya akan mulai terlihat antara hari ketujuh hingga keempat belas setelah pemakaian. Sehingga jangan buru-buru mengganti produk perawatan kulit saat Anda tidak merasakan perubahan berarti pada wajah.

Kulit wajah juga memerlukan masa transisi dan adaptasi dari produk perawatan yang Anda pakai sebelumnya ke produk yang baru. Selain itu, Anda perlu tahu jika setiap jenis produk memiliki tanda dan masa kerja yang berbeda. Agar lebih jelas, berikut adalah 13 tanda skincare bekerja secara efektif di kulit Anda.

Produk Pelembab dan Serum

Pelembab memiliki fungsi yang berbeda dengan serum. Pelembab biasanya berbentuk lebih creamy dan berfungsi untuk memberi perlindungan pada kulit terluar, menjaga kelembaban kulit, dan juga mengatasi masalah umum pada kulit.

Sebaliknya, serum biasanya memiliki konsentrat yang tinggi, bentuknya lebih cair ataupun gel ringan sehingga akan lebih cepat meresap ke dalam kulit. Dengan kandungan antioksidan tinggi serum akan bekerja langsung ke masalah kulit. Sehingga dapat mengatasi regenerasi kulit, noda, jerawat, hiperpigmentasi, atau warna wajah yang tidak merata.

Pilihan Redaksi

Lalu apa saja  tanda-tanda skincare bekerja dengan baik setelah menggunakan produk pelembab dan serum? Yuk simak poin di bawah ini.

  1. Kulit terasa Lebih Kenyal

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa salah satu fungsi pelembab adalah melembabkan. Sementara serum dapat membantu regenerasi kulit. Sehingga kulit wajah Anda akan terasa lebih kenyal.

  1. Kulit Terasa Lembab dan Tidak Kering

Menjaga hidrasi kulit dan mencegah kulit kering adalah dua fungsi dari pelembab wajah dan serum yang Anda gunakan. Karena pelembab akan melapisi kulit Anda dari paparan polusi dari luar yang dapat merusak kulit wajah. Semantara serum dengan teksturnya yang lebih cair meresap cepat kedalam kulitmu akan membantu kulit akan terasa lebih lembab.

  1. Kulit Tidak Mengalami Masalah Apapun

Tentu saja karena fungsinya sebagai lapis pertama perawatan kulit, keduanya akan memberikan perlindungan pada kulit. Kulit Anda akan terhindar dari masalah yang mungkin akan terjadi diakibatkan oleh radikal bebas, pemakaian make up, kotoran maupun faktor luar lainnya.

  1. Kulit Tidak Langsung Mengalami Reaksi Negatif Saat Menggunakan Produk Baru

Kulit yang telah dipakaikan rangkaian pelembab dan serum, akan mengurangi resiko dampak langsung reaksi negatif yang terjadi pada kulit akibat bahan atau zat kimia dari produk baru yang akan Anda coba.

  1. Masalah Di Kulit Mulai Tersamarkan

Dengan penggabungan kedua fungsi skincare ini, tentu saja akan membuat masalah kulit yang Anda alami akan berkurang.

Produk Anti-aging

Produk anti-aging adalah salah satu perawatan yang populer terutama bagi pengguna usia 30 tahun ke atas. Hal ini dikarenakan kolagen akan stabil diproduksi pada usia 20-an dan mulai menurun ketika usia menginjak 30-an.

Produksi kolagen yang menurun ini akan mengakibatkan timbulnya penuaan pada kulit seperti garis halus dan keriput. Kulit juga akan menjadi kendur. Penuaan pada kulit lumrah terjadi, tetapi akan dipercepat  prosesnya karena faktor radikal bebas, terpapar sinar matahari, polusi dan kebiasaan merokok.


Lamus Tirta Botanica Multi Targeted Serum

Serum multi fungsi untuk perawatan kulit wajah intensif yang membantu melawan tanda penuaan. Diformulasikan dengan gabungan berbagai zat aktif natural vegetarian yang saling melengkapi. Diolah dengan teknologi modern sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga. Kulit terasa lembab, kenyal, halus, tampak cerah dan awet muda.


Produk anti-aging akan menghambat proses penuaan. Tanda-tanda produk ini bekerja adalah seperti dijelaskan di bawah ini.

  1. Kerutan Di Kulit Mulai Tersamarkan

Kerutan adalah tanda penuaan yang paling jelas terlihat. Dengan menggunakan produk anti-aging ini akan membuat tanda penuaan berupa kerutan pada kulit akan tersamarkan. Hal ini dikarenakan produk anti-aging akan menjaga kelembaban kulit wajah. Menyuplai kolagen dan menjaga kadar air di dalam kulit agar kulit tidak mengendur.

  1. Dark Spot Berkurang

Salah satu fungsi dari rangkaian skincare ini adalah melindungi kulit dari radikal bebas. Sehingga dark spot pada kulit Anda akan berkurang. Dark spot juga bisa diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Itu sebabnya rangkaian produk anti-aging selalu memiliki kandungan SPF 30 atau lebih tinggi.

  1. Wajah Terasa Lebih Kencang

Terangsangnya produksi kolagen pada kulit yang menjadi salah satu fungsi produk skincare ini, yang akan membuat kulit wajah Anda terasa lebih kencang.

Produk Pencerah

Rangkaian produk pencerah merupakan perawatan kulit yang paling banyak diincar wanita Indonesia. Dengan paparan sinar matahari sepanjang hari, tentu risiko kulit menghitam dan mengalami dark spot akan bertambah.

Produk pencerah bekerja hingga ke lapisan kedua epidermis kulit. Mengurangi produksi melanin yang menyebabkan kulit menggelap. Pada umumnya hasil optimal produk perawatan kulit ini bisa terasa di hari ke-14 hingga hari ke-28 pemakaian.

Tanda skincare ini bekerja pada kulit secara efektif adalah sebagai berikut.

  1. Warna Kulit Terlihat Lebih Merata

Penggunaan produk ini akan membantu kulit Anda yang belang, menjadi lebih merata. Karena produk ini biasanya mengandung tabir surya yang menghalangi paparan sinar matahari ke kulit. Sekaligus bekerja di lapisan bawah kulit untuk mengurangi melanin dan meningkatkan kadar kecerahan kulit.

Jika Anda mulai merasa warna kulit lebih merata dan tidak terlalu belang, itu artinya produk pencerah pilihan Anda mulai bekerja optimal.

  1. Kulit Terlihat Lebih Cerah

Fungsi utama produk ini adalah membuat warna kulit merata dan mengangkat sel kulit mati. Sekaligus membersihkan pori-pori, sehingga akan membuat kulit wajah Anda terlihat lebih cerah.

Bukan berarti kulit akan langsung sangat putih dalam satu atau dua minggu saja. Namun Anda akan bisa melihat bahwa semakin lama kulit akan terlihat lebih bersih, bening dan tidak kusam lagi.

Produk Pembersih

Produk skincare berfungsi membersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up. Wajah yang bersih akan terhindar dari masalah jerawat, komedo dan kulit kusam.

Ada beberapa jenis produk pembersih seperti  gel cleanser, facial foam, clay cleanser, milk cleanser, oil cleanser, cleansing balm, dan exfoliating cleanser. Penggunaannya juga dapat disesuaikan dengan jenis kulit yang Anda miliki. Apa tanda skincare bekerja dengan baik yang dapat Anda rasakan dari produk pembersih?

  1. Kulit Tidak Terasa Kering, Tegang Maupun Iritasi

Jika Anda merasa kulit Anda tidak kering dan tidak tegang, maka kemungkinan cleanser yang Anda gunakan berfungsi dengan baik di kulit. Karena sejatinya pembersih yang berkualitas akan mengangkat kotoran serta tetap menjaga kelembaban kulit.

Anda juga bisa yakin bahwa pembersih bekerja dengan baik saat kulit tidak terasa perih dan memerah atau iritasi setelah memakai produk.

  1. Kulit Terasa Lebih Ringan

Cleanser yang bekerja dengan baik, akan membantu mengangkat seluruh kotoran yang ada di kulit, sehingga kulit akan terasa lebih ringan. Efek ini juga terasa dari pembersih yang bertugas mengangkat lapisan kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori. Misalnya produk facial scrub atau produk exfoliating dengan kandungan AHA dan BHA.

  1. Make Up dan Kotoran Terangkat Sempurna

Ini adalah salah satu kelebihan dari cleanser. Produk ini akan mampu mengangkat make up yang menempel di wajah Anda. Jika Anda menggunakan  make up atau merasa kotoran di wajah tebal, Anda dapat memakai lebih dahulu make up remover, kemudian dilanjutkan dengan produk cleanser lainnya.

Atau Anda dapat mengangkat kotoran yang terasa tebal di wajah dengan milk/oil cleanser terlebih dahulu untuk pengangkatan make up dan kotoran menjadi lebih sempurna.

Lalu dilanjutkan dengan facial wash.Harus diingat bahwa untuk merasakan tanda skincare bekerja di wajah, Anda harus menyesuaikan pemakaian rangkaian skincare yang sesuai dengan masalah kulit, jenis kulit dan juga apakah produk mendukung setiap aktivitas Anda. Jadi sangatlah penting untuk memilih skincare yang tepat.

Pilihan Redaksi

    - Advertisement -spot_img

    112 COMMENTS

    1. Ищете профессиональных грузчиков, которые справятся с любыми задачами быстро и качественно? Наши специалисты обеспечат аккуратную погрузку, транспортировку и разгрузку вашего имущества. Мы гарантируем грузчик услуга, внимательное отношение к каждой детали и доступные цены на все виды работ.

    2. Услуга по сносу старых домов и вывозу мусора в Москве и Московской области. Мы предоставляем услуги по сносу старых зданий и удалению мусора на территории Москвы и Подмосковья. Услуга снос дома цена выполняется опытными специалистами в течение 24 часов после оформления заказа. Перед началом работ наш эксперт бесплатно приезжает на объект для оценки объёма работ и консультации. Чтобы получить дополнительную информацию и рассчитать стоимость услуг, свяжитесь с нами по телефону или оставьте заявку на сайте компании.

    3. Услуга по сносу старых зданий и утилизации отходов в Москве и Московской области. Мы предоставляем услуги по сносу старых сооружений и удалению мусора на территории Москвы и Московской области. Услуга демонтаж фундамента дома выполняется квалифицированными специалистами в течение 24 часов после оформления заказа. Перед началом работ наш эксперт бесплатно посещает объект для определения объёма работ и предоставления консультаций. Чтобы получить дополнительную информацию и рассчитать стоимость услуг, свяжитесь с нами по телефону или оставьте заявку на сайте компании.

    4. Welcome to our website, your top online heart because African sports, music, and celebrity updates. We compensate for the aggregate from exciting sports events like the Africa Cup of Nations to the latest trends in Afrobeats and old music. Inspect aristocratic interviews and features on famous personalities making waves across the continent and beyond.

      At our website, we provide prompt and attractive topic that celebrates the diversity and vibrancy of African culture. Whether you’re a sports lover, music lover, or peculiar about Africa’s substantial figures, ally our community and stop connected exchange for constantly highlights and in-depth stories showcasing the kindest of African talent and creativity https://nouvellesafrique.africa/des-allegations-ont-fait-surface-au-sein-de-la-can/.

      Take in our website today and discover the high-powered the human race of African sports, music, and famous personalities. Immerse yourself in the richness of Africa’s cultural mise en scene with us!

    5. PBN sites
      We create a system of private blog network sites!

      Advantages of our PBN network:

      We carry out everything so google DOES NOT realize that this A self-owned blog network!!!

      1- We obtain web domains from separate registrars

      2- The principal site is hosted on a VPS server (Virtual Private Server is rapid hosting)

      3- Additional sites are on different hostings

      4- We attribute a unique Google account to each site with verification in Search Console.

      5- We create websites on WP, we do not employ plugins with assistance from which malware penetrate and through which pages on your websites are created.

      6- We don’t duplicate templates and use only individual text and pictures

      We refrain from work with website design; the client, if desired, can then edit the websites to suit his wishes

    6. я уже смотрел обзор здесь https://my-obzor.com/ перед тем, как сделать заказ. Не сказать, что все отзывы были 100% положительные, там уже упоминались основные минусы и плюсы.

    7. Закажите SEO продвижение сайта https://seo116.ru/ в Яндекс и Google под ключ в Москве и по всей России от экспертов. Увеличение трафика, рост клиентов, онлайн поддержка. Комплексное продвижение сайтов с гарантией!

    8. Оборудование ситуационных центров [url=https://www.oborudovanie-situacionnyh-centrov.ru/]https://www.oborudovanie-situacionnyh-centrov.ru/[/url] .

    9. Understanding COSC Accreditation and Its Importance in Horology
      COSC Accreditation and its Rigorous Criteria
      COSC, or the Controle Officiel Suisse des Chronometres, is the authorized Switzerland testing agency that certifies the accuracy and precision of timepieces. COSC certification is a mark of excellent craftsmanship and reliability in timekeeping. Not all watch brands seek COSC validation, such as Hublot, which instead sticks to its own strict standards with mechanisms like the UNICO, reaching comparable accuracy.

      The Science of Exact Timekeeping
      The central mechanism of a mechanical watch involves the spring, which supplies power as it unwinds. This system, however, can be vulnerable to environmental elements that may influence its accuracy. COSC-accredited movements undergo demanding testing—over 15 days in various conditions (5 positions, 3 temperatures)—to ensure their durability and dependability. The tests assess:

      Mean daily rate precision between -4 and +6 seconds.
      Mean variation, maximum variation rates, and effects of temperature changes.
      Why COSC Certification Is Important
      For timepiece enthusiasts and collectors, a COSC-accredited timepiece isn’t just a item of technology but a proof to enduring excellence and accuracy. It symbolizes a watch that:

      Provides outstanding dependability and precision.
      Provides confidence of superiority across the entire construction of the timepiece.
      Is apt to retain its worth more efficiently, making it a wise choice.
      Popular Timepiece Brands
      Several well-known manufacturers prioritize COSC accreditation for their timepieces, including Rolex, Omega, Breitling, and Longines, among others. Longines, for instance, offers collections like the Archive and Spirit, which feature COSC-certified movements equipped with cutting-edge materials like silicone balance suspensions to improve resilience and performance.

      Historical Context and the Evolution of Timepieces
      The notion of the timepiece originates back to the requirement for accurate chronometry for navigational at sea, emphasized by John Harrison’s work in the eighteenth cent. Since the official foundation of COSC in 1973, the accreditation has become a standard for evaluating the accuracy of high-end watches, maintaining a legacy of excellence in horology.

      Conclusion
      Owning a COSC-validated timepiece is more than an visual choice; it’s a dedication to excellence and accuracy. For those valuing precision above all, the COSC certification provides peace of thoughts, guaranteeing that each certified watch will function dependably under various circumstances. Whether for individual satisfaction or as an investment decision, COSC-validated watches distinguish themselves in the world of horology, carrying on a tradition of careful timekeeping.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Yang Sedang Trending

    Rekomendasi Produkspot_img

    Artikel Terkait Lainya

    - Advertisement -spot_img