Jangan Panik! Begini Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

Bicara tentang perawatan kulit, berbagai cara dilakukan agar bisa tampil lebih menawan, khususnya saat mengatasi masalah-masalah kulit.

Namun masalah yang paling menonjol dari semuanya adalah cara mengecilkan pori-pori di wajah. Karena faktanya pori-pori yang besar bisa menimbulkan masalah kulit wajah yang lain. 

Mulai dari komedo yang menumpuk hingga produksi minyak wajah yang berlebihan. Kedua masalah ini jika tidak dipedulikan dapat menimbulkan peradangan pada kulit muka yang akhirnya berujung pada timbulnya jerawat.

Penyebab Pori-Pori Besar Di Wajah

Sebelum membahas tentang cara mengatasinya, anda perlu memahami kenapa beberapa orang memiliki pori-pori yang lebih besar dibandingkan lainnya.

Pori-pori besar di kulit muka, bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti faktor keturunan atau genetis, perubahan hormon, atau gaya hidup sehari-hari. Namun pada dasarnya, penyebab pori-pori besar adalah akibat berlebihnya produksi sebum yang menyebabkan pori-pori pada kulit muka membesar untuk bisa membuang jumlah sebum yang terlalu banyak.

cara mengecilkan pori pori di wajah

Namun jangan khawatir, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan pori-pori di wajah Anda. Tapi sebelum itu, yuk simak penjelasan singkat tentang penyebab pori-pori besar di wajah.

Faktor Genetis

Nah, penyebab ini termasuk salah satu yang sulit dihindari. Jika orang tua atau saudara kandung Anda memiliki kulit yang berminyak atau kulit yang tebal, kemungkinan Anda juga akan memiliki kulit muka yang sama. Kulit yang tebal umumnya cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar.

Faktor Hormonal

Anda bisa melihat contoh pada wanita hamil. Pada sebagian wanita yang sedang mengandung akan terjadi fluktuasi hormon yang dapat menyebabkan pembesaran pada pori-pori wajah. Bagi sebagian wanita, efeknya bisa membuat kulit muka tampak kusam, berminyak dan pori-pori yang membesar.

Pilihan Redaksi

Perubahan hormon pada wanita juga biasanya terjadi saat masa menstruasi. Saat memasuki masa ovulasi, biasanya terjadi peningkatan hormon, sehingga dapat menyebabkan pori-pori membesar, namun ini tidak permanen, karena pori-pori biasanya akan kembali mengecil saat hormon berangsur stabil .

Usia dan Jenis Kelamin

Perbedaan hormon yang dimiliki serta jumlah rambut yang tumbuh pada tubuh membuat pembesaran pori-pori lebih umum terjadi pada pria. 

Lalu bagaimana dengan usia? Usia seseorang akan mempengaruhi produksi kolagen dan elastin pada kulit. Sehingga kulit muka akan mengalami kekurangan elastisitas , terlihat keriput dan pori-pori terlihat membesar.

Paparan Sinar UV

Paparan langsung sinar UV yang mengenai kulit muka secara berlebihan akan menyebabkan produksi minyak yang berlebih. Anda bisa mengatasinya dengan memakai sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit muka Anda.

Perhatikan tekstur, status komedogenik dan juga keampuhan sunscreen untuk menangkal sinar UV. Sunscreen yang berbasis air akan lebih mudah menyerap dan tidak menutup pori-pori Anda, sehingga Anda akan terhindar dari komedo dan timbulnya jerawat.

Terlalu Sering Mencuci Muka

Mungkin kita menganggap sering mencuci muka akan membuat muka kita bersih dan terhindar dari minyak berlebih serta komedo. Namun nyatanya, terlalu sering mencuci muka akan membuat kulit muka menjadi kering dan kulit akan memproduksi minyak lebih banyak.

Pada akhirnya pori-pori akan membesar untuk mengeluarkan minyak berlebih. Penggunaan pembersih wajah berlebihan juga dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kulit menebal. Jadi pastikan untuk mencuci muka cukup dua kali dalam sehari.


Lamus Multi Targeted Cream Moisturizer

Menjaga keseimbangan kadar minyak pada kulit, melembabkan, mengencangkan, menghaluskan, membantu kulit semakin cerah dan glowing.
Pelembab multi fungsi yang lembut untuk tampilan kulit lebih muda, sehat, cerah dan terasa kenyal.


Kebiasaan Mengeringkan Kulit Muka

Kebiasaan ini seringkali luput dari perhatian. Mengeringkan wajah dengan menggosok terlalu keras dan gerakan atas bawah, akan menyebabkan pori-pori membesar. Cukup menekan dengan lembut pada kulit muka yang akan dikeringkan.

Jenis Kulit Berminyak

Jenis kulit ini adalah jenis kulit yang berpotensi besar memiliki pori-pori wajah yang besar. Kulit akan berusaha membuang sebum yang berlebih, sehingga pori-pori membesar.

Bagaimana Cara Mengecilkan Pori-Pori Di Wajah?

Pada dasarnya, kita tidak bisa benar-benar menghilangkan pori-pori besar. Namun kita dapat membuatnya untuk tidak terlalu terlihat. Banyak cara mengecilkan pori-pori di wajah yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mengunjungi klinik kecantikan untuk cara cepat mengatasi masalah ini. Atau menggunakan cara alami untuk mengecilkan pori-pori wajah dari bahan yang alami pula. Yuk simak penjelasannya.

Memilih Kosmetik Dengan Kandungan Yang Tepat

Bahan kosmetika yang tepat akan mendukung cara mengecilkan pori di wajah. Beberapa bahan seperti clay pada masker wajah dapat mengurangi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori.

Untuk bedak, pilih yang teksturnya pasta. Bedak tabur akan membuat pori-pori terlihat jelas.

Mencuci Muka Minimal 2x Sehari

Terlalu sering mencuci muka dapat membuat kulit muka kering dan kehilangan banyak kadar air. Hal ini akan memicu produksi minyak berlebih. Produksi minyak akan membuat pori-pori wajah membesar.

Untuk mencuci wajah, cukup lakukan dua kali sehari dengan sabun yang lembut. Saat mengeringkan wajah, gunakan kain atau handuk lembut dan tepuk-tepukkan atau tempelkan di wajah hingga air terserap. Jangan menggosok wajah apalagi dengan keras. Karena hal itu akan membuat pori-pori membesar.

Jangan Biarkan Make Up Menempel Seharian

Make up memang membuat wajah cantik. Namun partikel-partikelnya menutup pori-pori. Apalagi jika Anda menggunakan make up lengkap yang tebal.

Pori-pori adalah sarana kulit untuk mengeluarkan kotoran dan ‘bernapas’. Jika pori tertutup, jerawat akan muncul. Nah, jerawat dan bekas jerawat adalah masalah kulit yang memicu pori-pori membesar.

Jadi biasakan untuk membersihkan make up hingga tuntas dan bersih sempurna dari wajah.

Selalu Menggunakan Sunscreen

Ternyata sunscreen tidak hanya berfungsi melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Anti radiasi dan pelindung kulit dari UVA dan UVB di dalam sunscreen akan menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

Seperti yang kita tahu, sinar matahari dapat membuat kulit kering, getas dan terbakar. Kulit yang kering akan kehilangan elastisitasnya hingga mengendur. Kulit juga akan mudah mengalami masalah komedo dan berjerawat.

Hilangnya elastisitas dan timbulnya jerawat akan memicu pembesaran pori-pori pada kulit. Di sinilah sunscreen berperan, dengan menghalau sinar UV dan menjaga kelembaban, kekencangan dan kesehatan kulit.

Jangan Lupakan Pelembab Dan Serum

Pelembab berbahan dasar air sangat berperan untuk menjaga tingkat hidrasi kulit tetap stabil. Jika kulit terhidrasi dengan baik, maka teksturnya akan elastis dan lembut. Pelembab berbahan dasar air sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan pori-pori besar.

Pelembab ini akan mencegah kulit memproduksi minyak berlebih dan secara bertahap membantu proses dan cara mengecilkan pori-pori di wajah.

Serum wajah mengandung aneka vitamin dan zat penting dalam mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit. Seperti yang kita tahu, salah satu tanda penuaan dini adalah pori-pori yang membesar. Maka penggunaan serum secara teratur akan membantu cara mengecilkan pori-pori di wajah dan membuat wajah mulus alami.

Memakai Masker Wajah

Telah lama diketahui bahwa masker wajah adalah cara mengecilkan pori-pori di wajah yang ampuh. Masker wajah juga mengurangi minyak berlebih serta membersihkan kotoran hingga ke dalam pori-pori.

Pilih masker yang berbahan clay atau mud mask. Atau jika Anda menyukai bahan alami yang mudah didapat, masker dari madu dan putih telur dapat membersihkan pori sekaligus menutrisi kulit agar lebih mulus dan kenyal.

Pilih Bahan-Bahan Alami

Alam ternyata menyediakan berbagai bahan alami yang sangat baik untuk mengecilkan pori dan menjaga kulit tetap sehat. Beberapa di antaranya adalah:

Madu

Madu mengandung antiseptik, antibakteri dan juga antioksidan untuk membersihkan pori-pori. Anda bisa menggunakan madu yang dicampur dengan sedikit minyak jojoba atau minyak kelapa. Oleskan pada kulit muka dan pijat perlahan dengan gerakan memutar mulai dari area mata hingga ke seluruh muka selama 10 menit. Kemudian bilas wajah dengan air dingin. Madu juga dapat mencegah munculnya komedo.

cara memakai serum wajah

Lidah Buaya

Gel lidah buaya dapat membersihkan dan mengangkat sel kulit mati dan juga kotoran yang terdapat pada pori-pori wajah. Gunakan gel lidah buaya pada area kulit muka yang berpori-pori besar, dan diamkan hingga kering. Setelah itu bilas. Pori-pori wajah yang bersih akan membuat pori-pori terlihat lebih kecil.

Rosella

Bunga rosella mengandung beberapa vitamin seperti vitamin C, B3, dan juga B9. Pada umumnya bunga rosella dikonsumsi dalam bentuk teh, tetapi dapat juga dijadikan selai, dan juga salad. Sebagai bahan skincare, rosella sering dipakai dalam produk pelembab, sunscreen dan serum.

Bunga rosella dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Kandungan vitamin C yang tinggi juga dapat menjadikan kulit lebih cerah dan juga sehat. Efeknya adalah kulit sehat yang kencang dan elastis sehingga pori-pori pun mengecil.

Tea Tree Oil

Minyak pohon teh ini berasal dari Australia. Selama 100 tahun terakhir tea tree oil dijadikan salah satu bahan untuk perawatan kulit dan juga anti inflamasi yang bagus untuk tubuh manusia. Tea tree oil dipercaya menjadi salah satu bahan yang dapat mencegah jerawat, mengobati jerawat, dan menghilangkan bekas jerawat dengan cara cepat karena kandungan anti radang dan anti mikroba yang dimilikinya.

Selain itu minyak pohon teh ini dapat mengurangi produksi minyak pada kulit muka. Minyak yang terkontrol tentu akan mencegah pori-pori kulit wajah membesar.

Moringa

Moringa atau daun kelor juga dapat membantu mengecilkan pori-pori di wajah karena kandungan vitamin A yang tinggi. Selain itu daun kelor juga dapat menutrisi kulit, membantu membersihkan kulit dari debu dan kotoran, mengangkat sel kulit mati dan mempercepat produksi kolagen.

Ternyata cara mengecilkan pori-pori di wajah dapat dilakukan secara alami. Juga dengan mengoptimalkan perawatan kulit secara teratur dan benar.  Kulit wajah yang sehat, kenyal dan terkontrol minyaknya akan mendorong mengecilnya pori-pori.

Memilih kosmetika yang sesuai, merawat wajah dengan seksama dan menjalani pola hidup sehat akan sangat membantu cara mengecilkan pori-pori di wajah. Bagi Anda yang secara genetika memiliki pori-pori besar, mungkin masalah ini tidak bisa seratus persen hilang, namun paling tidak akan membuat wajah lebih sehat dan cantik.

Pilihan Redaksi

    - Advertisement -spot_img

    88 COMMENTS

    1. Playing online slot games is a fun way to spend your free time so you don’t get bored, there are many types of games available and the graphics are charming so you don’t get bored playing them, for further information, visit this website https://x500mudah. com

    2. There are a variety of exciting features available, including free spins, wild symbols and win multipliers, that will keep you glued to the screen with an irresistible feeling of anticipation. Every spin is an opportunity for you to achieve big wins and collect priceless treasures, for more information visit this website https://diatas18.com

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Yang Sedang Trending

    Rekomendasi Produkspot_img

    Artikel Terkait Lainya

    - Advertisement -spot_img