Anda Mungkin Tidak Tahu, 11 Bahan Ini Adalah Skincare Alami Terbaik Di Rumah Anda

Artikel Serupa

Marzha Rezqyta
Marzha Rezqyta Putri Anindhita adalah seorang Istri Rumah Tangga lulusan Sastra Inggris, Universitas Padjadjaran tahun 2020, dan kini sedang meniti karir di bidang penulisan. Profesi Copywriter sudah ia geluti sejak setahun yang lalu.

Skincare, atau perawatan kulit tampaknya kini semakin digandrungi banyak orang. Perempuan, laki-laki, dewasa hingga remaja, semua mulai memiliki minat untuk menggunakan skincare. Bukan tanpa alasan, manfaat yang didapatkan dari skincare memang menguntungkan untuk jangka panjang. 

Untuk memberikan khasiat manfaat bagi kulit, para ahli menyusun formula yang dibuat dari berbagai campuran bahan, termasuk didalamnya bahan kimia. Namun, tahukah Anda jika tidak semua skincare mengandung campuran bahan kimia?

Bahkan sebenarnya, ada banyak bahan alami di sekitar kita yang dapat dijadikan bahan dasar pembuatan skincare. 

Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Bahan Alami Skincare Dari Tanaman Asli Indonesia

Indonesia terkenal sebagai surga dunia dengan flora yang berlimpah ruah. Tidak perlu pergi jauh ke pegunungan, dengan tanah yang relatif subur kita dapat menanam berbagai macam tanaman berkhasiat. Beberapa tanaman yang kami ulas dibawah bahkan dapat anda tanam dengan mudah di rumah.

Pilihan Redaksi

Selain untuk dikonsumsi atau dijadikan hiasan, tanaman di rumah juga dapat menjadi sumber kecantikan alami kulit Anda. Beberapa tanaman dipercaya dapat melembabkan kulit, menutrisi, bahkan membuat awet muda! Jadi, apa saja tanaman dan bahan-bahan rumahan lain yang bisa Anda gunakan sebagai Skincare alami?

Tanaman Rumahan Alami dan Manfaatnya 

  1. Lidah Buaya (Aloe Vera) untuk Wajah Halus

Tanaman yang satu ini pasti sudah tidak asing untuk Anda, bukan? Tanaman yang biasa ditanam di pot maupun di taman rumah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit, lho! Dengan kandungan vitamin A, C dan E, Aloe Vera dapat menjadi sumber nutrisi bagi kulit Anda.

Selain itu, kandungan zat Polisakarida dan Sterol pada Lidah Buaya juga bisa menjadi pelembab alami kulit. Cocok sekali digunakan oleh jenis kulit apapun, terutama jika Anda memiliki jenis kulit kering.

  1. Tea Tree Oil Kaya Antioksidan

Tanaman berikutnya adalah Tea Tree Oil atau Minyak Daun Teh. Indonesia punya banyak sekali perkebunan teh yang mungkin salah satunya ada di kota Anda. Minyak dari daun teh ini mengandung Antioksidan tinggi yang sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan. Polutan dapat merusak kulit jika tidak diatasi, dan Anda bisa melawannya dengan Tea Tree Oil.

Kandungan Antioksidan ini juga berperan penting dalam penyembuhan jerawat. Jadi, kalau Anda adalah seorang #AcneFighter, tidak ada salahnya untuk memasukan Tea Tree Oil dalam list Skincare Anda.

  1. Yoghurt Tangkal Penuaan Dini

Selain rasanya yang lezat dan menyehatkan pencernaan, Yoghurt juga punya kegunaan lain, salah satunya sebagai bahan perawatan kulit. Yoghurt ternyata dapat menghilangkan kerutan dan garis halus di wajah Anda hanya dengan mengaplikasikannya sebagai scrub sekali dalam seminggu.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Yoghurt sebagai masker alami untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat atau menghilangkan gelapnya lingkaran mata panda. Cukup oleskan bahan ini pada daerah tersebut, tunggu beberapa menit, dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin, ya.

  1. Minyak Zaitun yang Melembabkan

Kalau minyak yang ini, khasiatnya sudah dikenal sejak zaman dahulu. Olive Oil atau Minyak Zaitun adalah minyak yang diekstrak dari buah Zaitun. Tekstur dan nutrisi yang dikandungnya mudah menyerap ke dalam lapisan kulit sehingga dipercaya dapat melembabkan kulit Anda.

tanda skincare bekerja

Minyak ini baik digunakan saat udara sedang kering, atau jika Anda memang memiliki jenis kulit kering, gunakanlah minyak ini setiap hari.

  1. Khasiat Madu Usir Jerawat

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang biasa ada di rumah. Siapa sangka, selain memiliki banyak khasiat untuk tubuh, Madu juga berkhasiat untuk menyembuhkan peradangan atau luka pada kulit. Hal ini bahkan telah dibuktikan melalui publikasi jurnal di Central Asean Journal of Global Health.

Zat-zat yang terkandung dalam Madu dapat menyembuhkan peradangan kulit seperti jerawat secara efektif. Hal ini karena zat tersebut dapat melawan bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium acnes/P. acnes). Cara menghilangkan jerawat dengan madu

  1. Minyak Kelapa bukan hanya untuk Memasak

Nah, kalau bahan yang satu ini, sudah pasti ada deh di setiap rumah orang Indonesia, termasuk di rumah Anda. Sayangnya, selama ini yang kebanyakan orang tahu, Minyak Kelapa hanya digunakan untuk memasak saja. Padahal, minyak ini juga dapat digunakan sebagai Skincare. Kandungan Minyak Kelapa sebagai anti inflamasi dapat meredakan peradangan akibat jerawat.

Selain itu, Minyak Kelapa juga dapat menjadi pelembab tambahan, terutama bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering. Oleskan Minyak Kelapa secukupnya pada kulit yang kering atau pada area berjerawat, diamkan beberapa saat, dan bilas dengan air bersih.


Lamus Tirta Botanica Multi Targeted Serum

Serum multi fungsi untuk perawatan kulit wajah intensif yang membantu melawan tanda penuaan. Diformulasikan dengan gabungan berbagai zat aktif natural vegetarian yang saling melengkapi. Diolah dengan teknologi modern sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga. Kulit terasa lembab, kenyal, halus, tampak cerah dan awet muda.


  1. Kesegaran Air Mawar untuk Toner Alami

Air Mawar sejak dahulu telah digunakan oleh para wanita untuk menjaga kecantikan kulit mereka. Selain menyegarkan, Air Mawar juga dapat menjadi pembersih alami kulit dari kotoran yang menempel di wajah sehingga menghindarkan wajah dari pori-pori yang tersumbat.

Jika Anda kehabisan Toner di rumah, Anda bisa menjadikan Air Mawar sebagai alternatif. Cukup tuangkan secukupnya ke atas kapas, dan aplikasikan dengan cara menepuk-nepuknya ke wajah. Gunakan sebelum menggunakan makeup atau sebelum memulai rangkaian Skincare lainnya.

  1. Minyak Jarak Batasi Kulit dari Bakteri

Selain minyak kelapa, minyak yang satu ini juga memiliki zat anti inflamasi yang dapat menangkal peradangan serta menghambat pertumbuhan bakteri. Manfaat yang didapatkan dari Minyak jarak ini diantaranya sebagai obat jerawat, menenangkan kulit yang meradang, dan mencegah bakteri penyebab jerawat (Staphylococcus aureus) muncul kembali.

  1. Segar Luar Dalam dengan Teh Hijau

Teh Hijau atau Green Tea merupakan salah satu jenis teh yang banyak digunakan untuk produk makanan dan minuman. Tapi jangan salah, Teh Hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan Skincare alami, lho.

Jika diaplikasikan ke kulit, maka efek yang dihasilkan Teh Hijau dapat membuat kulit terasa lebih segar dan sejuk. Selain itu, bagi Anda yang memiliki mata panda, bisa juga mencoba bahan yang satu ini untuk memudarkan lingkaran hitam di sekitar mata.

  1. Chamomile Singkirkan Bintik Hitam

Mirip-mirip dengan Teh Hijau, bunga Chamomile, yang biasa ditemukan dalam bentuk teh ini juga dapat memudarkan lingkaran hitam. Bukan hanya lingkaran hitam, tapi Chamomile juga bisa memudarkan bintik hitam dan bekas jerawat. Hal ini karena Chamomile memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada kulit.

  1. Meremajakan Kulit dengan Klorofil

Bahan yang satu ini sangat mudah didapat karena ada pada hampir seluruh tumbuhan hijau. Jika pada tumbuhan Klorofil berfungsi untuk membantu tanaman mendapatkan energi, maka pada kulit fungsinya berbeda. Kandungan vitamin K pada Klorofil dapat membantu mempertahankan kesehatan jaringan kulit sehingga membuat kulit Anda lebih awet muda.

Itulah beberapa bahan alami rumahan yang dapat dijadikan Skincare. Cukup mudah ditemukan, bukan? Jadi, bahan apa saja yang ada di rumah Anda?

Pilihan Redaksi

    - Advertisement -spot_img

    92 COMMENTS

    1. Unleash the allure of Dubai in our stretch limousines. For special moments, corporate travel, or leisure, our chauffeur-driven limousines provide a lavish and memorable experience, turning heads across the city.

    2. Airport Shuttle Peterborough offers efficient and dependable transportation services to and from airports, serving the Peterborough region. Enjoy stress-free travel with their professional shuttle service for a seamless airport experience.

    3. Blue Mountain Airport Taxi ensures smooth travel with services like Pearson Airport taxi to Blue Mountain and Toronto to Blue Mountain bus options. Rely on our expertise for convenient Blue Mountain cabs and enjoy stress-free transportation to your destination.

    4. Indulge in sophistication with our black car service for seamless airport transfers to and from Dallas/Fort Worth International Airport. Travel in luxury and comfort aboard our lavish black cars and SUVs, ensuring a stylish arrival. Reserve now to elevate your journey with a refined travel encounter. Count on us for punctuality, reliability, and personalized convenience.

    5. Discover reliable charter bus services in Washington DC for group outings and events. With reputable tour bus companies at your service, exploring the nation’s capital is hassle-free. Experience unmatched comfort and elegance with KV Limo’s premium transportation solutions.

    6. Today, while I was at work, my cousin stole my iPad and tested to
      see if it can survive a thirty foot drop, just so she can be a youtube
      sensation. My iPad is now broken and she has 83 views. I know this
      is completely off topic but I had to share it with someone!

      Also visit my page … vpn special code

    7. Wow, amazing blog structure! How lengthy have you ever been running a blog for?
      you make running a blog glance easy. The total look of your website is wonderful, let alone
      the content material! You can see similar here e-commerce

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Yang Sedang Trending

    Rekomendasi Produkspot_img

    Artikel Terkait Lainya

    - Advertisement -spot_img