13 Tips Perawatan Wajah Alami Di Rumah Dari Para Ahli

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

Cantik tidak perlu mahal. Ada banyak perawatan wajah alami di rumah yang bisa Anda lakukan dengan budget hemat. Hasilnya tidak kalah kok dengan perawatan klinik kecantikan.

Merawat kulit wajah sebenarnya tidak serumit yang Anda pikirkan. Perawatan wajah alami di rumah juga bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Anda tinggal pintar-pintar memilih bahan perawatan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit wajah.

Perawatan wajah alami di rumah juga didukung oleh para ahli kecantikan. Alasannya selain karena praktis, penggunaan bahan-bahan alami yang berasal dari alam juga lebih ramah di kulit. Jenis perawatan yang bisa Anda lakukan juga beragam, dari tahap pembersihan wajah hingga perawatan rutin mingguan.

Pada artikel ini akan dibahas tips-tips perawatan wajah secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Lengkap dengan saran dan rekomendasi dari para ahli kecantikan.

Jangan Sepelekan Tahapan-Tahapan Ini

Merawat wajah tidak bisa sembarangan. Ada tahapan-tahapan yang harus dijalankan dengan tertib agar wajah sehat dan glowing sempurna. Berikut ini adalah tahapan-tahapan perawatan wajah alami di rumah yang tidak boleh Anda sepelekan.

Membersihkan Wajah Secara Tuntas

Proses membersihkan wajah tidak bisa dianggap enteng, karena pada proses inilah kotoran dan sel kulit mati diangkat. Wajah yang bersih akan bebas dari masalah seperti jerawat, penuaan dini dan flek hitam. Penting sekali untuk membersihkan wajah secara tuntas, bukan hanya sekadar menyabuni wajah untuk menghilangkan kotoran di permukaan kulit.

Daniel B. Yarosh, Ph.D, seorang penulis buku kecantikan menegaskan bahwa Anda tidak memerlukan kosmetika yang mahal dengan kandungan rumit untuk membersihkan wajah secara tuntas. Dalam bukunya The New Science of Perfect Skin, Yarosh menulis bahwa susu pembersih dan toner sebenarnya sudah bisa membersihkan wajah dari kotoran dan sisa kosmetik. Setelah memakai susu pembersih, basuh wajah menggunakan facial wash. Lalu lembabkan kembali menggunakan toner.

Pilihan Redaksi

Menggunakan Pelembab Dan Tabir Surya

Tabir surya adalah komponen perawatan wajah yang tidak boleh ditinggalkan. Begitu juga dengan pelembab. Pelembab akan melindungi dan melapisi kulit dari sentuhan langsung kosmetika. Pelembab juga akan mengontrol kadar air di kulit, sehingga mencegah produksi minyak berlebih.

Sementara tabir surya akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih yang membahayakan. Tabir surya juga membantu mengoptimalkan kinerja pelembab dalam merawat kulit. Meninggalkan penggunaan tabir surya sama saja dengan membiarkan kulit berjuang sendiri melawan sinar UV yang merusak.

Tahapan Skincare Anti-Aging

Skincare anti-aging ternyata bukan hanya diperlukan oleh wanita berusia 30 tahun ke atas saja. Bahkan Anda yang masih di usia 20-an juga sudah membutuhkan perawatan ini. jika selama ini Anda masih fokus terhadap masalah kulit seperti flek hitam, jerawat dan komedo, kini saatnya mulai mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Untuk melakukan tahapan skincare anti-aging ini tidak diperlukan kosmetika khusus. Namun Anda bisa memilih produk skincare yang mengandung vitamin A dan C. Menurut Fransesca Fusco, M.D. dari Mount Sinai School of Medicine, New York, kosmetika dengan vitamin A dan C sangat baik dalam membantu melawan tanda penuaan dini. Kedua vitamin ini mampu mencegah kerusakan kulit, memperbaharui kulit mati dan mendorong produksi kolagen untuk mencegah kerutan di wajah.

Anda juga dapat menggunakan produk-produk berbahan alami seperti spirulina, daun kelor, rosella, dll. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya untuk mencegah efek buruk sinar ultraviolet.

Tahapan Perawatan Mingguan

Perawatan mingguan yang tidak boleh diabaikan adalah eksfoliasi sel kulit mati, regenerasi kulit dan penggunaan produk alami untuk menutrisi kulit wajah. Lakukan eksfoliasi atau peeling menggunakan scrub wajah. Tahap ini sangat berguna untuk membersihkan sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori. Agar wajah bersih dan tuntas dan mencegah jerawat, komedo, serta wajah kusam.

David Loertscher, M.D., seorang ahli dermatologi merekomendasikan penggunaan spons konjac untuk pengelupasan sel kulit mati. Spons dari tanaman konyaku ini dapat mengelupas kulit dengan lembut dan mencegah iritasi.

Selanjutnya, gunakan masker dengan bahan alami. Pendiri Napa Valley Bath Company, Peggy O’Kelley merekomendasikan minyak esensial sebagai bahan masker dan scrub wajah. Anda bisa membelinya di toko kosmetik dan mencampurkan dengan lemon, yoghurt, madu, atau garam Himalaya.

Diet Dan Perawatan Alternatif Tradisional

Selain melakukan tahapan-tahapan perawatan wajah di atas, gaya hidup dan pola makan Anda juga sebaiknya diatur. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Alkohol, makanan pedas atau berminyak dapat memicu terjadinya rosacea, jerawat dan komedo.

Makanlah makanan dengan gizi seimbang, tinggi vitamin dan serat. Masukkan sayur-sayuran dan aneka buah-buahan sebagai makanan wajib Anda sehari-hari. Ben Johnson M.D. menegaskan untuk mengurangi asupan gula, minyak dan bahan tambahan sintetis dalam makanan sehari-hari. Menurut pendiri Holistic Osmosis Skincare itu, makanan yang tidak sehat akan merangsang produksi minyak pada kulit dan mengakibatkan jerawat.

Jerawat pada wajah bukan hanya disebabkan oleh pembersihan wajah yang tidak tuntas namun merupakan reaksi detoks akibat buruknya makanan yang kita makan. Termasuk hormon pertumbuhan tambahan yang terdapat pada daging dan susu yang kita konsumsi.

Selain makanan, Anda juga bisa merawat wajah secara alami dengan perawatan alternatif tradisional. Salah satunya adalah pijat wajah. Pijat wajah dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan memakai face oil atau minyak esensial. Dr. Elizabeth Trattner juga menyarankan akupuntur sebagai cara merawat wajah secara alami, mencegah keriput dan melancarkan peredaran darah ke wajah dan leher.

Untuk langkah ini tentu Anda membutuhkan tenaga ahli yang bersertifikat. Berita baiknya, Anda bisa memanggil ahli akupuntur dan melakukan ritual ini di rumah.

Bahan Alami Untuk Perawatan Wajah

perawatan wajah alami di rumah

Alam menyediakan banyak bahan yang berguna dalam merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Mengapa tidak mengolahnya sendiri dan melakukan perawatan di rumah? Caranya tidak sulit sama sekali. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Manfaat Minyak Esensial

Minyak esensial adalah minyak alami yang berguna untuk menutrisi, melembabkan dan menyehatkan kulit serta mencegah penuaan dini. Anda dapat menggunakannya sebagai pelicin saat melakukan pijat wajah. Kandungan mineral dan vitamin di dalam minyak esensial akan terserap sempurna ke dalam kulit saat Anda melakukan pijatan lembut pada wajah dan leher.

Minyak esensial juga dapat digunakan sebagai campuran masker dan scrubbing wajah. Beberapa jenis minyak esensial yang sangat direkomendasikan para ahli kecantikan adalah minyak zaitun, minyak kelapa murni dan minyak almond.

Masker Wajah Buatan Sendiri

Anda dapat membuat masker wajah sendiri di rumah. Bahkan bahan-bahannya bisa Anda ambil dari dapur. Misalnya:

Masker dari putih telur. Caranya mudah, usapkan putih telur ke seluruh wajah dan leher, lalu diamkan hingga putih telur mongering. Lantas bersihkan dengan waslap yang telah dibasahi dengan air hangat. Jangan lupa gulirkan es batu setelahnya agar  pori-pori menutup kembali. Masker ini berguna untuk mengencangkan wajah dan menutrisi kulit.

Masker spirulina. Campurkan seujung sendok bubuk spirulina dengan beberapa tetes minyak zaitun lalu usapkan ke wajah dan leher. Diamkan sekitar 15 menit atau hingga masker mengering dan bilas dengan air. Anda dapat memakai masker ini satu hingga dua kali seminggu. Masker spirulina bermanfaat untuk mencegah kerutan dan flek tanda penuaan dini dan menyembuhkan jerawat.

Baca juga

cara menggunakan moisturizer

Masker peterseli. Masker ini adalah rekomendasi dari Iidi Pekar, seorang facialist selebrity. Campurkan dua sendok peterseli cincang, 2 sendok yoghurt dan 2 sendok cuka apel yang tidak disaring. Aplikasikan selama 15 menit pada wajah yang sudah dibersihkan, lalu bilas dengan air. Masker ini berguna untuk melembabkan kulit, menutrisi dan mencerahkan kulit wajah.

Bahan Exfoliating Alami

O’Kelley membuat bahan exfoliating alami dari satu sendok minyak kelapa, satu sendok gula dan setengah sendok air lemon. Lakukan scrubbing dari leher dan bawah wajah ke arah atas lalu bilas dengan air.

Gula pasir juga bisa dicampurkan dengan yoghurt untuk peeling di daerah bibir. Gula dan yoghurt mampu mengangkat sel kulit mati dan menutrisi bibir agar lebih lembab. Uniknya, bahan scrub ini juga bisa diaplikasikan pada lipatan-lipatan kulit seperti ketiak untuk mengurangi noda hitam.

Facial Mist Dari Sari Mawar

Ternyata Anda tidak perlu membeli facial mist berharga mahal agar wajah lebih lembab, segar dan sehat. Facial mist alami bisa Anda buat sendiri dari air mawar. Caranya campurkan air mawar dan air mineral murni dengan perbandingan 2:1 di dalam botol spray. Kocok sebentar dan facial mist Anda pun bisa digunakan.

Air mawar dikenal mampu melembabkan, menghaluskan dan mencerahkan kulit serta memberi keharuman alami yang segar.

Larangan Keras Dalam Perawatan Wajah

Selain merawat wajah dengan cara-cara di atas, ada pula larangan-larangan yang harus Anda patuhi agar wajah sehat dan bebas masalah.

Jangan Tinggalkan Tabir Surya

Tabir surya adalah perisai penting dalam mencegah efek buruk sinar ultraviolet. Meninggalkan penggunaan tabir surya akan menjadikan kulit belang, kering, mengalami sunburn, serta mendapatkan tanda penuaan lebih awal.

Bahkan saat Anda tidak keluar rumah atau cuaca mendung, penggunaan tabir surya adalah keharusan. Anda boleh saja malas bermake up, tetapi jangan malas menggunakan tabir surya.

Jangan Biasakan Tidur Tanpa Membersihkan Make Up

Tidur tanpa membersihkan make up sama saja seperti membekap kulit dan membuatnya tidak bisa bernapas. Sisa make up yang menempel pada pori-pori wajah juga akan menyebabkan jerawat dan komedo. Dalam jangka panjang, kebiasaan tidur tanpa membersihkan wajah akan membuat wajah keriput, kusam dan dipenuhi flek hitam.

Jangan Sering-Sering Menyentuh Wajah

Hampir semua ahli kecantikan melarang hal ini. Terlalu sering menyentuh wajah akan mentransfer bakteri dan kuman dari tangan ke kulit wajah. Tentu saja hal ini akan membuat wajah cepat kotor dan menyebabkan masalah kulit.

Selain itu, jangan pula memencet atau menggaruk-garuk jerawat dengan ujung kuku. Memencet jerawat dapat menyebabkan bekas jerawat menghitam dan luka. Kuku dan jari juga bisa menyebarkan kuman yang memicu infeksi pada jerawat.

Jangan Lupa Menjaga Kebersihan

Tentu saja, menjaga kebersihan adalah wajib. Bukan hanya agar Anda tidak mudah terpapar kuman penyakit, namun juga untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Biasakan untuk menjaga kebersihan kuas, spons dan alat-alat make up Anda. Alat make up yang tidak bersih tentu akan mentransfer kuman dan bakteri penyebab masalah kulit.

Pilihan Redaksi

Selain itu Anda juga harus menjaga kebersihan sarung bantal, sprei dan benda-benda yang berpotensi menyentuh  wajah secara langsung. Dengan menjaga kebersihan, wajah akan lebih sehat. Tentu saja efek perawatan wajah yang Anda lakukan akan lebih terlihat.

Ternyata tidak sulit bukan melakukan langkah-langkah perawatan wajah alami di rumah? Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar atau menggunakan bahan-bahan yang mahal. Kuncinya adalah konsistensi. Semoga bermanfaat.

- Advertisement -spot_img

114 COMMENTS

  1. Wow that was unusual. I just wrote an incredibly long comment
    but after Iclicked submit my comment didn’t appear.
    Grrrr… well I’m not writing all thhat over again. Anyhow, just wanted to say wonderful blog!

    Feel free to visit myy web site … Cheryle

  2. We would like to thank you again for the gorgeous ideas you gave Jeremy when preparing
    her post-graduate research in addition to, most importantly, regarding providing many of
    the ideas in one blog post. In case we had been aware of
    your website a year ago, i’d have been kept from the pointless measures
    we were implementing. Thank you very much. adults toys

  3. We wish to thank you just as before for the wonderful ideas you offered Janet when preparing
    her post-graduate research and also, most importantly, regarding
    providing all the ideas in one blog post. In case we had known of your site a year ago, we will have been rescued from the pointless measures we
    were participating in. Thanks to you. sklep internetowy

  4. Hi there! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Kudos! You can read similar text here: E-commerce

  5. Hey! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my
    blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Thank you! You can read similar blog here: Najlepszy sklep

  6. Hi there! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but
    I’m not seeing very good gains. If you know of any please share.

    Kudos! You can read similar blog here: Najlepszy sklep

  7. I am often to blogging and i really appreciate your content. The article has really peaks my interest. I am going to bookmark your site and keep checking for new information.

  8. Hello there! Do you know if they make any plugins to assist with Search
    Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing
    very good results. If you know of any please share.
    Appreciate it! You can read similar art here: E-commerce

  9. Hey there! Do you know if they make any plugins to help with SEO?

    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not
    seeing very good results. If you know of any please share.

    Kudos! You can read similar article here: Backlink Building

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img