Menurut Dermatologist, Ini 7 Cara Menggunakan Moisturizer Yang Benar

Artikel Serupa

Simak cara penggunaan moisturizer yang tepat agar memberi hasil optimal bagi kulit Anda.

Salah satu cara merawat kulit adalah menggunakan pelembab atau moisturizer. Sesuai namanya, penggunaan moisturizer bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, membantu mencegah penuaan, menutrisi kulit dan menjaga barrier kulit. 

Sayangnya, masih banyak yang belum memahami cara menggunakan moisturizer tepat sehingga tidak memberikan manfaat optimal bagi kulit. Kesalahan penggunaan moisturizer dapat membuat kulit wajah keriput dan terlihat cepat tua. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui cara menggunakan moisturizer dengan benar. 

Sebelum membahas bagaimana cara menggunakan moisturizer yang benar, Anda perlu memilih moisturizer yang tepat bagi jenis kulit Anda. Ketika Anda akan mencoba jenis pelembab baru, lakukan patch test untuk mengetahui apakah moisturizer yang Anda gunakan bisa memicu breakout atau tidak.

Cara melakukan patch test sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan pelembab ke daerah leher atau belakang telinga untuk mengetahui apakah pelembab tersebut menimbulkan reaksi alergi. Jika dari patch test menunjukkan reaksi alergi seperti kulit kemerahan dan gatal, sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut dan beralih ke moisturizer yang aman bagi kulit.

Tips menggunakan moisturizer yang benar

Di antara rangkaian produk perawatan wajah yang Anda gunakan, pelembab adalah salah satu tahapan yang sayang jika dilewatkan. Produk ini berfungsi melindungi kulit tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Penggunaan moisturizer biasanya diletakkan di akhir untuk mengunci kelembaban dari produk yang diaplikasikan sebelumnya. 

cara menggunakan moisturizer

Meskipun cara menggunakan moisturizer sangat sederhana, hanya dengan mengoleskannya di wajah, namun jika tidak dilakukan dengan benar dapat membuat kulit kering dan kusam. Agar moisturizer dapat memberikan perlindungan terbaik bagi kulit, cara menggunakan moisturizer harus tepat. 

Berikut ini beberapa tips penggunaan moisturizer yang bisa Anda terapkan sehari-hari.  

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Cara pertama mengaplikasikan moisturizer adalah dengan memastikan bahwa kulit wajah Anda bersih. Anda bisa membersihkan wajah menggunakan cleansing balm atau milk cleanser untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan wajah. Umumnya, produk perawatan wajah akan bekerja optimal pada kulit yang bersih, termasuk pelembab. Untuk itu, pastikan membersihkan wajah sebelum Anda mengoleskan pelembab.

Saat membersihkan wajah, Anda juga bisa melakukan eksfoliasi ringan untuk mengangkat sel kulit mati. Gunakan  waslap atau kain  lembut yang bersih saat mencuci muka. 

Bersihkan wajah hingga area leher, dan hindari menggosok wajah terlalu keras untuk menghindari peradangan. Selain membuat kulit lebih bersih, eksfoliasi ringan secara rutin juga dapat membuat regenerasi kulit lebih baik sehingga kulit tampak lebih sehat.

2. Gunakan toner 

Setelah wajah Anda bersih, tahapan selanjutnya  saat menggunakan moisturizer adalah mengaplikasikan toner pada wajah. 

Dilansir dari laman Women’s Health Mag, toner wajah berfungsi untuk menyiapkan kulit agar siap untuk menerima produk perawatan selanjutnya seperti serum dan pelembab. Penggunaan toner dapat membantu menghilangkan semua sisa kotoran dari kulit wajah setelah cuci muka, sekaligus membantu menghaluskan, melembutkan dan menenangkan kulit. 

Selain toner, Anda juga bisa menambahkan serum dan essence untuk membantu menutrisi kulit. Masing-masing serum dan toner memiliki cara pengaplikasian yang berbeda untuk wajah. Ada yang perlu menggunakan kapas, namun ada juga yang bisa dioleskan langsung ke wajah lalu ditepuk perlahan. 

3. Oleskan pelembab secara merata

Setelah toner dan serum meresap di kulit dengan sempurna, kini saatnya mengoleskan moisturizer ke wajah Anda. 

Salah satu kesalahan dalam cara menggunakan moisturizer adalah tidak mengoleskannya secara merata. Selain membuat kulit wajah kering, penumpukan moisturizer di beberapa tempat juga dapat memicu penyumbatan pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. 

Agar pengaplikasian pelembap merata, mulai dari tengah dahi Anda dan gunakan dua jari Anda membentuk gerakan memutar dari luar dan ke atas.

Lakukan dengan cara yang sama untuk pipi, dagu dan hidung. Cara menggunakan moisturizer seperti ini dapat membuat pelembab wajah lebih mudah meresap ke kulit Anda. 

4. Jangan lupakan area leher

Satu lagi kesalahan cara menggunakan moisturizer yang banyak dilakukan adalah melewatkan bagian leher. Padahal, bagian ini juga perlu mendapat perawatan agar sama sehatnya dengan kulit wajah Anda. Kulit leher yang tidak dirawat juga dapat menunukkan tanda-tanda penuaan yang dapat membuat Anda tidak percaya diri. 

Untuk mengoleskan pelembab di area leher, Anda bisa menggunakan cara yang sama pada wajah. Hindari mengoleskan sisa pelembab dari wajah lalu dioleskan ke leher. Sebaiknya ambil beberapa oles pelembab dari wadah lalu oleskan ke leher.

Mengoleskan pelembab dengan pelembab sisa dari wajah membuat pelembab yang diserap leher menjadi tidak merata dan tidak maksimal untuk menghidrasi kulit leher. 

5. Gunakan pelembab sesuai jenis kulit

Seperti halnya produk perawatan wajah lainnya, Anda perlu menggunakan moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit. Menggunakan pelembab sesuai jenis kulit dapat mencegah munculnya jerawat akibat kulit terlalu lembab.

Tanda-tanda lain dari kulit terlalu banyak terpapar pelembab adalah kulit terasa berminyak, kulit terasa kasar dan rata, serta produk riasan tidak menempel dengan baik di wajah. 

Bagi Anda yang memiliki kulit ekstra kering, Anda bisa menggunakan moisturizer yang mengandung senyawa seperti ceramides, gliserin, asam hialuronat dan dimethicone yang mampu melembabkan kulit.

Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga bisa memilih pelembab yang mengandung minyak seperti minyak zaitun dan minyak mineral. Pemilik kulit kering biasanya membutuhkan lotion yang lebih berat untuk mengunci kadar air di kulit lebih banyak sehingga membuat kulit lembab lebih lama. 

    6. Diamkan pelembab

    Setelah mengoleskan pelembab, diamkan pelembab selama beberapa saat sebelum Anda mengaplikasikan krim atau produk riasan lainnya. Biarkan pelembab meresap dengan baik agar bekerja maksimal bagi kulit.

    Masing-masing pelembab membutuhkan waktu menyerap yang berbeda-beda. Namun umumnya, moisturizer jenis gel lebih mudah menyerap dibanding pelembab jenis krim dan lotion. 

    7. Oleskan sunscreen atau tabir surya

    Untuk melengkapi tahapan perawatan kulit yang benar, Anda perlu mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya ke area wajah dan leher. Sunscreen atau tabir surya bukan hanya berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari  paparan sinar matahari, namun juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

    Untuk pemakaian sehari-hari, Anda disarankan menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan mengulangi penggunaan sunscreen setiap dua jam sekali untuk perlindungan maksimal. 

    Nah, kini Anda sudah mengetahui cara menggunakan moisturizer yang benar. Meskipun terlihat mudah, namun terkadang masih banyak kesalahan kecil yang kerap dilakukan sehingga kulit tetap kering meskipun sudah menggunakan pelembab. Dengan uraian di atas, yuk perbaiki cara menggunakan moisturizer mulai dari sekarang!.

    - Advertisement -spot_img

    106 COMMENTS

    1. Ищете профессиональных грузчиков, которые справятся с любыми задачами быстро и качественно? Наши специалисты обеспечат аккуратную погрузку, транспортировку и разгрузку вашего имущества. Мы гарантируем https://gruzchikinesti.ru, внимательное отношение к каждой детали и доступные цены на все виды работ.

    2. Do you have a spam issue on this site; I also
      am a blogger, and I was curious about your situation; many of us have
      created some nice methods and we are looking to swap strategies with other folks, why not shoot me an e-mail if interested.

      Also visit my web page vpn special code

    3. Playing online games is a fun way to spend your free time, with a wide selection of interesting and fun games you can have fun, here we have very interesting online games to play. If you want to play this very fun game, please visit our website https://codezinc888.me/

    4. With a wide selection of interesting and exciting games, you can enjoy an exciting and amazing playing experience, here we have a very interesting online game site and of course it has lots of features that you can play, if you want to play please visit our website https://bonaulo.com/

    5. Услуга по сносу старых домов и вывозу мусора в Москве и Московской области. Мы предоставляем услуги по сносу старых зданий и удалению мусора на территории Москвы и Подмосковья. Услуга http://demontazh-doma-msk5.ru выполняется опытными специалистами в течение 24 часов после оформления заказа. Перед началом работ наш эксперт бесплатно приезжает на объект для оценки объёма работ и консультации. Чтобы получить дополнительную информацию и рассчитать стоимость услуг, свяжитесь с нами по телефону или оставьте заявку на сайте компании.

    6. Услуга по сносу старых зданий и утилизации отходов в Москве и Московской области. Мы предоставляем услуги по сносу старых сооружений и удалению мусора на территории Москвы и Московской области. Услуга http://demontazh-doma-msk8.ru выполняется квалифицированными специалистами в течение 24 часов после оформления заказа. Перед началом работ наш эксперт бесплатно посещает объект для определения объёма работ и предоставления консультаций. Чтобы получить дополнительную информацию и рассчитать стоимость услуг, свяжитесь с нами по телефону или оставьте заявку на сайте компании.

    7. Welcome to our website, your chancellor online nave for African sports, music, and luminary updates. We provide for the whole kit from overwhelming sports events like the Africa Cup of Nations to the latest trends in Afrobeats and usual music. Probe aristocratic interviews and features on prominent personalities making waves across the continent and beyond.

      At our website, we lend timely and likeable soothe that celebrates the heterogeneity and vibrancy of African culture. Whether you’re a sports supporter, music lover, or curious far Africa’s predominant figures, go our community and stop connected an eye to daily highlights and in-depth stories showcasing the with greatest satisfaction of African talent and creativity https://nouvellesafrique.africa/cristiano-ronaldo-fait-face-a-l-adversite-avant-le/.

      Take in our website today and dig up the high-powered the human race of African sports, music, and famous personalities. Engross yourself in the richness of Africa’s cultural scene with us!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Yang Sedang Trending

    Rekomendasi Produkspot_img

    Artikel Terkait Lainya

    - Advertisement -spot_img