6 Tips Mengatur Denah Rumah yang Nyaman Menurut Feng Shui

Artikel Serupa

Pengaturan denah rumah menggunakan feng shui dapat menciptakan aliran energi hunian yang harmonis

Rumah adalah salah satu aset paling berharga dalam hidup. Setiap orang pasti mendambakan rumah yang aman dan nyaman sehingga siapa pun yang tinggal di sana dapat merasa tentram. Untuk mendapatkan rumah yang estetik, penting untuk merancang denah rumah dengan cermat.

Rumah tak perlu megah dan mewah, namun yang terpenting dapat memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga dengan baik. Dalam merancang denah rumah, Anda bisa mengaturnya menurut feng shui untuk memberi energi positif pada rumah yang ditinggali. 

Denah rumah yang nyaman menurut feng shui

Feng shui secara harfiah berarti angin dan air. Dalam penerapannya, feng shui merupakan ilmu topografi kuno asal Tiongkok yang mengatur bagaimana manusia, surga dan alam dapat hidup berdampingan. Dalam penerapannya, feng shui sering digunakan sebagai pedoman ketika akan membangun dan merancang rumah.

Tujuannya tak lain adalah untuk memastikan bahwa rumah tersebut dibangun dengan sumber energi yang baik. Beberapa faktor dalam feng shui yang penting untuk diperhatikan diantaranya lokasi peletakan, kontur tanah serta sumbu waktu.

denah rumah menurut feng shui

Dalam feng shui juga dikenal lima elemen yang terdiri dari elemen kayu, api, air, tanah dan logam. Masing-masing elemen mewakili energi tersendiri sehingga perlu dipadupadankan dengan elemen lainnya untuk mendapatkan keseimbangan.

Misalnya, warna elemen kayu cocok untuk dipadukan dengan warna-warna elemen air dan tanah. Begitu juga warna elemen air seperti warna biru, hitam dan turunannya cocok untuk memberikan efek kedamaian dan spiritualitas tinggi sehingga baik untuk digunakan dalam kamar tidur atau lorong rumah. 

Pilihan Redaksi

Nah, bagi Anda yang ingin merancang denah rumah menurut feng shui, bisa mencoba beberapa tips berikut ini: 

Perhatikan jalan masuk 

Menurut feng shui, rumah akan lebih nyaman jika memiliki jalan setapak yang mudah diikuti dari depan rumah ke arah pintu masuk. Selain itu pintu depan juga dianjurkan lebar, terbuka dan luas sebagai pintu masuk energi positif ke dalam rumah. Dalam hal peletakan pintu masuk dan pintu belakang, aturan feng shui tidak menyarankan keduanya berada dalam satu garis.

denah rumah menurut feng shui

Dilansir dari rumah.com, jika pintu utama dan pintu belakang diletakkan segaris maka energi positif yang masuk dari pintu depan akan keluar secara langsung tanpa terserap oleh ruangan lain di rumah Anda. Untuk itu, hindari peletakan pintu belakang yang segaris dengan pintu depan. 

Perhatikan penempatan kamar

Di mana Anda ingin meletakkan kamar tidur Anda dan anak-anak? Dalam denah rumah menurut feng shui, Anda tidak bisa sembarangan meletakkan kamar termasuk dapur, ruang tamu dan kantor. Ruangan-ruangan ini merupakan tempat Anda menghabiskan banyak waktu bersama keluarga dan tamu, maka sebaiknya letakkan kamar di dekat pintu depan.

Khusus untuk area pribadi seperti kamar tidur, Anda bisa meletakkannya di bagian belakang rumah. Apabila Anda tinggal dengan orang tua atau orang yang dituakan di keluarga, maka sebaiknya letakkan kamarnya di bagian belakang.

Menurut feng shui, semakin kamar orang tua berada di belakang maka semakin memberi rasa aman bagi keluarga. Karenanya, beri batasan yang tegas antara ruang publik seperti ruang tamu atau ruang keluarga dengan ruang kamar tidur nenek dan kakek.  

Perhatikan peletakan perabotan

Ketika mengatur denah rumah menurut feng shui, pemilik rumah juga perlu memperhatikan peletakan perabotan dengan benar, terutama pada barang yang memiliki unsur panas dan dingin. Saat menata dapur misalnya, Anda tidak disarankan untuk menata kamar mandi, tangga, dan dapur di bagian tengah rumah. 

Dikutip dari Dengarden, kamar mandi yang melambangkan elemen air memiliki energi yin. Sedangkan dapur mewakili energi panas di dalam rumah. Agar harmonis, kamar mandi sebaiknya tidak diletakkan berhadapan dengan dapur. Jika berhadapan, energi positif akan bergerak cepat keluar dan tidak terserap di ruangan.

Pasang tirai pemisah atau tanaman hias yang menciptakan batasan antara kedua ruang atau gunakan warna cat yang berbeda pada dinding dapur kamar mandi untuk membedakan kedua ruang. 

Begitu pun dengan perabotan yang digunakan di dapur. Akan lebih baik untuk meletakkan barang dengan unsur dingin seperti kulkas dengan menghadap ke timur sementara kompor, oven dan microwave yang memiliki elemen panas menghadap ke utara. Tak lupa, beri jarak antara kompor dan wastafel agar pertemuan energi keduanya menjadi harmonis. 

Letakkan tanaman

Untuk menghadirkan suasana tentram di rumah, Anda bisa meletakkan tanaman baik di luar maupun di dalam rumah. Menurut Rodika Tchi, pakar feng shui dan konsultan serta penulis Move Your Stuff, Change Your Life, tanaman membawa elemen kayu dalam ruangan yang mampu memberi energi Anda untuk tumbuh dan berkembang.

Dalam mengatur denah rumah menurut feng shui, jika Anda ingin memiliki pohon besar di rumah, pastikan pohon tersebut berada di area timur. 

Dilansir dari Bloomscape, tanaman tajam berduri seperti kaktus sebaiknya diletakkan di pintu depan atau di dekat jendela besar. Sedangkan tanaman yang baik untuk diletakkan di rumah di antaranya adalah money tree, sansevieria, lidah buaya, philodendron dan pothos. Selain menghadirkan energi positif, tanaman-tanaman tersebut juga baik untuk sirkulasi udara di rumah. 

Terapkan konsep rumah lega dan terbuka

Ketika merancang denah rumah menurut feng shui, Anda juga bisa menerapkan konsep rumah terbuka yang mengundang banyak energi positif. Dilansir dari The Spruce, ruangan yang lega dan terbuka dan tidak banyak tumpukan barang bukan hanya membuat rumah menjadi terkesan lega dan luas namun juga membuat hidup Anda lebih teratur dan berenergi positif. 

Masukkan lima elemen 

Keseimbangan lima elemen dalam feng shui juga penting untuk diperhatikan dalam mengatur denah rumah. Lima elemen ini bisa hadir melalui warna cat, barang-barang atau bahan perabotan yang Anda gunakan. Misalnya, untuk menghadirkan elemen api Anda bisa menggunakan warna hangat seperti merah dan oranye dalam ruangan.

Sebaliknya, untuk menghadirkan elemen air, Anda bisa menghadirkannya dalam pajangan warna hitam atau menggunakan cermin sebagai dekorasi ruangan.

Keseimbangan lima elemen juga berpengaruh pada kondisi psikis penghuni rumah. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk menciptakan keseimbangan elemen tersebut sebagai penyeimbang emosi. 

Nah, itulah tips mengatur denah rumah yang nyaman menurut feng shui. Penerapan feng shui untuk rumah bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki hunian yang aman dan nyaman.

Jika saat ini Anda sedang merancang rumah atau ingin memperbaiki energi yang ada di rumah sekarang maka tak ada salahnya berkonsultasi dengan pakar feng shui dan arsitek langganan Anda. Selamat mencoba!

Pilihan Redaksi

    - Advertisement -spot_img

    2 COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Yang Sedang Trending

    Rekomendasi Produkspot_img

    Artikel Terkait Lainya

    - Advertisement -spot_img