Jangan Salah Ya, Ini Cara Memakai Serum Wajah yang Benar

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

Memakai serum ternyata tidak sekadar mengoleskannya ke wajah. Ada cara memakai serum wajah yang benar agar hasilnya optimal.

Serum adalah produk skincare yang mengandung active ingredients paling tinggi dan paling bagus. Kandungan aktifnya akan langsung menuju titik kerusakan kulit dan memperbaikinya. Fungsinya ini akan semakin optimal bila Anda mengerti cara memakai serum wajah yang benar.

Serum juga lebih mudah diserap oleh kulit daripada pelembab, karena teksturnya yang lebih cair.  Komposisi yang lebih cair ini juga membuat serum lebih ringan dibandingkan pelembab atau face lotion, sehingga  tidak akan menumpuk di pori-pori. 

Tentu komposisi ini berbeda-beda sesuai jenis dan manfaat serum. Jadi, apa saja serum yang ada diluar sana?

Jenis-Jenis Serum

Sebelum kita membahas tentang cara memakai serum wajah yang benar, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis serum terlebih dahulu. Karena beda masalah kulit, beda pula serum yang dipakai untuk mengatasinya.

Jenis-Jenis Serum

Paling tidak ada sepuluh jenis serum wajah yang biasa dipakai untuk mengatasi masalah kulit. Mulai untuk mencerahkan, menghilangkan jerawat, mengangkat sel-sel kulit mati, menyamarkan keriput, dll. 

Pilihan Redaksi

Berikut ini adalah jenis-jenis serum wajah yang paling umum digunakan beserta penjelasan singkatnya.

Serum Hyaluronic Acid

Serum hyaluronic acid sangat baik dalam melembabkan dan mempertahankan kadar air di dalam kulit. Kandungan aktifnya dapat menarik dan menyimpan air sehingga tepat sekali digunakan setelah mencuci wajah.

Serum hyaluronic acid juga dapat memperbaiki tekstur kulit. Idealnya serum ini dipakai di malam hari setelah wajah dibersihkan sebelum tidur.

Peeling (Exfoliating) Serum

Serum ini agak berbeda, karena fungsinya bukan melembabkan dan menenangkan kulit, tetapi mengangkat sel kulit mati. Exfoliating atau peeling serum dapat membersihkan kulit wajah lebih dalam hingga ke pori-pori.

Serum ini juga mengurangi kerutan dan memperbaiki pigmentasi kulit, menghaluskan dan mengembalikan kelembaban kulit. Bagi Anda yang jarang melakukan scrubbing atau memiliki kulit wajah yang sangat kering, serum ini akan sangat bermanfaat.

Peeling serum hanya dipakai selama 15 menit saja, setelah itu Anda dapat membersihkannya dari wajah. Pemakaian yang terlalu lama akan merusak kulit.

perawatan wajah alami di rumah

Serum Vitamin E

Vitamin E dikenal mampu memberi nutrisi pada kulit wajah agar lembut, bebas jerawat, bebas kerut dan flek hitam. Serum vitamin E memberikan manfaat-manfaat tersebut secara optimal. 

Serum ini juga mengandung anti-oksidan tinggi. Sehingga dapat mendorong produksi lipofuscin atau lemak yang mampu menahan penuaan dini dan membuat kulit lebih kenyal.

Kandungan vitamin E tinggi di dalam serum akan menahan kelembaban kulit lebih lama serta menjaga kulit dari radikal bebas. Termasuk polusi, asap, efek ultraviolet, dll. Sehingga bukan hanya menjadikan kulit wajah cantik dan awet muda, serum vitamin E juga membantu mencegah terjadinya kanker kulit.

Serum Vitamin C

Fungsi vitamin C dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit memang tidak diragukan lagi. Itu sebabnya serum vitamin C juga sangat populer. Serum jenis ini bekerja sebagai anti-oksidan dan mendorong produksi kolagen. Sehingga sangat baik dalam mencerahkan dan menghambat tanda-tanda penuaan dini.

Serum vitamin C juga membantu mengatasi radang dan masalah kulit akibat terpapar sinar matahari. Jika Anda memiliki masalah kulit kusam, jerawat, hiperpigmentasi dan kerut di wajah, sangat baik menggunakan serum ini. 

Untuk mencerahkan kulit, cukup gunakan serum dengan kandungan vitamin C 15%. Namun jika Anda harus mengobati masalah kulit, gunakan serum yang mengandung vitamin C 20%.

Lamus Tirta Botanica Multi Targeted Serum ↗

Serum multi fungsi untuk perawatan kulit wajah intensif yang membantu melawan tanda penuaan.

Lamus Multi Targeted Cream Moisturizer ↗

Menjaga keseimbangan kadar minyak pada kulit, melembabkan, mengencangkan, menghaluskan, membantu kulit semakin cerah dan glowing.

Serum Anti-Aging

Penggunaan serum anti-aging disarankan bagi mereka yang berusia 30 tahun ke atas. Dikenal juga dengan nama serum kolagen, produk ini berfungsi untuk mendorong meningkatkan produksi kolagen agar kulit wajah lebih kenyal, halus dan tetap kencang.

Whitening Serum

Sesuai dengan namanya, whitening serum bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Serum ini termasuk yang paling dicari karena dapat mencerahkan kulit sekaligus mengatasi kulit kusam. Meratakan warna kulit, menjadikan kulit wajah lebih glowing dan bersinar.

Moisturizing Serum

Moisturizing serum lazim dipakai setiap hari sebelum mengenakan make up. Serum ini berfungsi untuk melembabkan dan menjaga kadar air kulit sekaligus melapisi kulit wajah, agar make up tidak langsung mengenai dan menutupi pori-pori. 

Serum ini biasanya mengandung bahan-bahan yang melembabkan dan menghidrasi kulit. Seperti vitamin E, essential oil dan aloe vera.

Acne Serum

Acne serum sangat efektif dalam mengobati, mengempiskan serta menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat. Serum jenis ini relatif aman dipakai oleh semua jenis kulit. Bahkan serum anti acne juga sangat baik dipakai untuk mencegah jerawat datang lagi.

Anti-Inflammatory Serum

Serum ini bermanfaat untuk menenangkan kulit. Mengandung zat-zat yang dapat mendinginkan dan membantu mengatasi kerusakan kulit akibat terbakar matahari, iritasi maupun kerusakan kulit akibat salah memakai skincare. Anti-inflammatory serum mengandung aloe vera, green tea dan hyaluronic acid.

Cara Memakai Serum Wajah yang Benar

Cara Memakai Serum Wajah yang Benar

Mengaplikasikan cara memakai serum wajah yang benar akan memaksimalkan kinerja serum di kulit wajah Anda. Langkah-langkahnya tidak sulit, kok. Di bawah ini adalah penjelasannya.

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Hal ini adalah poin yang harus dilakukan. Membersihkan wajah akan membuat serum bisa langsung menuju ke pori-pori dan meresap tanpa dihalangi kotoran.  

Anda dapat melakukan double cleansing dengan cara membersihkan make up terlebih dahulu dengan micellar water atau susu pembersih. Setelah itu barulah bersihkan wajah dengan facial wash. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal di wajah.

Untuk membuka pori-pori agar mudah menerima rangkaian skincare selanjutnya, Anda dapat membilas wajah dengan air hangat. Namun perlu diingat untuk segera melembabkan wajah setelah itu, karena pori-pori yang terbuka juga membuat wajah mudah sekali kering.

Sonya Dakar, seorang ahli kecantikan dari Beverly Hills juga menegaskan pentingnya membersihkan wajah secara tuntas. Selain mencegah jerawat dan masalah kulit lainnya, wajah yang bersih akan memungkinkan skincare bekerja dengan baik.

Bahkan jika Anda terlalu malas membersihkan wajah di tengah kesibukan, founder merk skincare terkenal Omega Booster itu menyarankan untuk menggunakan tisu pembersih wajah atau pembersih wajah tanpa bilas.

perawatan wajah alami di rumah

Jangan Gunakan Pada Wajah Yang Kering

Walaupun serum dapat melembabkan kulit secara maksimal, bukan berarti baik digunakan saat wajah kering. Ternyata menurut dr. Andrea Suarez, beautician dari kanal YouTube dr. Dray, serum justru akan berfungsi lebih baik di permukaan wajah yang lembab.

Setelah Anda membersihkan wajah, saat air masih tersisa, aplikasikan serum secukupnya. Oleskan dengan lembut dan tepuk-tepuk atau tekan pelan agar meresap di kulit. Cara lainnya adalah setelah membersihkan wajah, gunakan toner. Setelah wajah terasa lembab barulah aplikasikan serum ke kulit wajah.

Lanjutkan Dengan Rangkaian Produk Perawatan Lainnya

Setelah serum meresap ke dalam kulit, wajah akan terasa lembab namun tidak berminyak. Setelah itu aplikasikan moisturizer ke wajah Anda. Moisturizer akan membantu mengunci kelembaban kulit wajah dan memperkuat fungsi serum. Pilihlah moisturizer yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Jessica Wu, MD, dermatologist asal Amerika Serikat menegaskan pentingnya pemilihan jenis serum dan moisturizer menurut jenis dan kondisi kulit. Bentuk serum yang cair atau moisturizer dengan bentuk gel misalnya, tidak sesuai untuk kulit sangat kering dan bermasalah. 

Penulis buku “Feed Your Face: Younger, Smoother Skin and Beautiful Body in 28 Delicious Days” tersebut mengingatkan untuk memilih serum yang lebih kental dan pelembab berbentuk krim.

Lindungi Dengan Tabir Surya

Kinerja serum tidak akan maksimal jika tidak dilapisi oleh tabir surya. Menurut Dr. dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb, Sp.KK (K), matahari memancarkan radikal bebas dan sinar infra merah yang berakibat buruk pada kulit. Dokter spesialis kulit dari SamMarie Wijaya Hospital tersebut juga menegaskan pentingnya peran tabir surya dalam menangkal efek buruk sinar matahari.

Tabir surya akan melindungi kulit sekaligus membantu kinerja serum dalam memperbaiki skin barrier dan menutrisi kulit. Tanpa tabir surya di siang hari, sia-sia saja Anda memakai serum yang paling mahal sekaligus.

Bantu Penyerapan Serum Dengan Trik Ini

jika cara memakai serum wajah yang tepat sudah dilakukan, maka serum seharusnya akan bekerja dengan baik memperbaiki kerusakan kulit. Juga menjadikan wajah lebih glowing dan sehat.

Namun, ternyata ada trik lain yang bisa dilakukan agar penyerapan serum ke dalam kulit lebih cepat dan optimal. dr. Richard Lee, seorang ahli kecantikan kulit, membagikan trik sederhana agar serum bisa meresap lebih cepat.

  • Pertama, teteskan serum pada tiga titik utama wajah, yaitu pipi kiri dan kanan serta dahi. Anda juga bisa meneteskan serum ke telapak tangan dan mengoleskannya dengan lembut ke dahi, hidung, dagu dan kedua pipi.
  • Kedua, oleskan serum sambil memijat lembut kulit wajah. Jika masih ada sisa, oleskan ke daerah leher dengan gerakan ke arah atas atau dagu.
  • Ketiga, gosokkan kedua telapak tangan hingga kering dan terasa panas. Lalu tekan-tekankan ke wajah dengan lembut agar serum lebih cepat meresap ke dalam pori-pori kulit wajah.

Dengan tiga trik mudah ini serum akan lebih cepat bekerja pada kulit wajah. Cirinya adalah wajah terasa lembut, lembab, namun tidak berminyak. Sedangkan jika wajah Anda terasa cenderung berminyak atau terlalu basah itu tandanya serum tidak bisa terserap dengan baik.

Hal ini bisa jadi karena cara penggunaan yang salah, atau jumlah serum yang digunakan terlalu banyak. Perlu diketahui bahwa terlalu banyak menggunakan serum tidak akan menambah manfaatnya sama sekali.

Langkah-langkah memakai serum wajah di atas tentu tidak sulit dilakukan, bukan? Dengan cara memakai serum wajah yang tepat, Anda akan mendapatkan kulit wajah yang sehat, glowing dan cantik sempurna.

Pilihan Redaksi

    - Advertisement -spot_img

    66 COMMENTS

    1. I like the valuable info you provide in your articles. I’ll bookmark your blog and check again here regularly.
      I am quite sure I’ll lewrn many new stuff right here! Best of luck for
      the next!

      Here is my website Vida

    2. Online games are very exciting and interesting games to play, especially slot games because there are lots of interesting games in them, here we have games that will keep you entertained. If you are interested, please visit this website https://tangkap28.com/

    3. Bermain game online merupakan cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktuluang anda ,dengan berbagai pilihan permainan yang menarik dan menyenangkan anda bisa mendapatkan kesenangan ,disini kami memiliki game online yang sangat menarik untuk dimainkan.jika kalian ingin bermain game yang sangat menyenangkan ini silahkan kunjungi website kami ini https://bonusoli.com/

    4. Online games are games that are very popular nowadays, there are many fans of online games ranging from children to adults, so here we have very interesting games to play. If you want to play them, please visit our website https://mawarlaut.com/

    5. Online games are games that are very popular nowadays, there are many fans of online games ranging from children to adults, so here we have very interesting games to play. If you want to play them, please visit our website https://gacor23.com/

    6. Wow, incredible blog structure! How lengthy have you ever been blogging for?
      you made running a blog look easy. The total look
      of your web site is fantastic, as well as the content material!
      You can see similar here sklep

    7. How to Build Magnetic Power Generator for Yourself and pay less to your electric bill.

      Requirements:
      Everybody knows how magnet works? Most of
      the people do have magnets in their homes.
      So it is very unlikely not to find one for yourself easily.
      Or else, to set up a magnetic generator for yourself, you can buy basic tools for approximately $100 from any hardware store.
      Moreover, you need gear and turbine wheel which fits in it.

      You have to make sure that you fix magnets of equal
      size aside to each other. You can get more information and
      guidance from Internet Videos and websites. These videos will
      show you how to make a Magnetic Power Generator yourself.
      If it does not work for you, you can consult the energy expert for it.

      Once you get it, it definitely saves your initial investments.
      Another advantage of zero point magnetic power generators is that it is
      not very difficult for a person to create or operate.

      People think that creating energy themselves is not an easy
      task at all. But in reality, it is not a problem at all.
      All you need is to put up little efforts.

      How it creates energy?
      The magnets are the main requirement that is needed for
      creating energy in this method; their power to repel would be the main source.
      If you want to dig deep, the most important part of
      generating energy from this method is to spin a turbine.
      For this matter, you will use the energy of magnets which completely helps
      in spinning a turbine continuously. Placing magnets in the box
      with opposite sides towards each other will create lot of repelling energy, which will be used in spinning the small wheel that makes a turbine move and
      will create the magnetic energy. The motion that was created with the help of
      magnets is called Perpetual motion. The energy it generates would be enough to
      run the home appliances.
      Maintenance:
      The maintenance cost is almost zero. You will hardly spend much on the magnetic power generator.
      It is a free source of energy generation because it does not need fuel to get started.
      Also you do not have to move it from one place to another.

      You can find more info here : https://bit.ly/MagnetsForEnergy

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Yang Sedang Trending

    Rekomendasi Produkspot_img

    Artikel Terkait Lainya

    - Advertisement -spot_img