5 Rekomendasi Jenis Kain Untuk Dress Elegan Anda

Artikel Serupa

Nur Lailatul Faridahttp://www.coretanpoo.blogspot.com
Nur Lailatul Farida, perempuan kelahiran 10 Mei 1997. Alumni S1 Ekonomi Syariah di Institut Agama Islam Negeri Kediri. Hobi menulis sejak dibangku sekolah, menulis bagi dia merupakan menggoreskan aksara dengan berbagi cerita pengalaman untuk dapat memberikan kebermanfaatan bagi pembacanya.

Dalam hidup, saya yakin di satu titik anda pernah membayangkan datang ke sebuah acara dimana semua mata memandang terpesona karena dress elegan yang anda gunakan. Jangan khawatir, kita semua pernah melakukannya. Karena bagi seorang wanita, dress identik dengan tampilan yang elegan.

Karena siapapun anda, suatu saat anda pasti akan membutuhkan yang namanya Dress. Mulai acara pernikahan, ulang tahun maupun perayaan lainnya. Dress adalah fashion item yang wajib dimiliki oleh semua wanita di dalam koleksi pakaiannya.

Walaupun lebih identik dengan baju pesta, sebenarnya dress juga bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Karena saat ini, dress sudah dirancang dengan berbagai model desain yang akan menyesuaikan kegiatan Anda. 

Tampilan dress dengan aura elegan tidak lepas dari jenis kain yang digunakan. Selain mempengaruhi kenyamanan saat dipakai, kualitas jenis kain seperti kelembutan dan tekstur akan menentukan tampilan akhir dress Anda. 

Selain dari jenis kain, model desain dress juga akan menentukan kenyamanan dari dress. Karena model desain dress yang tidak cocok dipakai, atau tidak sesuai dengan konsep acara Anda akan membuat semua pasang mata melihat ke arah Anda.  

Sehingga, sangat jelas bahwa kenyamanan akan menimbulkan rasa percaya diri. Sebelum Anda memilih jenis kain yang elegan untuk dress, alangkah lebih baik Anda pahami kain yang berkualitas terlebih dahulu  untuk memperlengkap keeleganan dress yang akan Anda pakai.

Tips Memilih Kain Berkualitas Untuk Tampilan Dress Elegan

1. Perhatikan Serat Kain

Semua jenis pakaian awal mulanya berasal dari serat, kemudian serat itu akan diubah menjadi benang untuk diolah menjadi kain dan disempurnakan dengan wujud pakaian. Sehingga, setiap serat memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri untuk membentuk jenis pakaian yang Anda inginkan.

Memperhatikan serat pada kain sangat dianjurkan, dengan memperhatikan serat kain, Anda juga bisa menghemat budget karena Anda sudah mengetahui kegunaan serat yang cocok untuk jenis pakaian yang Anda buat. 

2. Menerawang VS Tertutup

Sama halnya seperti memperhatikan serat kain, menerawang pada kain saat Anda membeli merupakan langkah selanjutnya untuk memilih kain yang berkualitas. Jika sudah Anda terawang, dan memperlihatkan hasil dari benang itu sudah tersusun rapi membentuk kain maka Anda boleh mengambilnya.

Kain dengan kualitas bagus akan cenderung lebih tertutup, tertutup dalam arti kerapatan benang sangat terjaga. Sehingga, kain yang sudah tertutup akan membawa kualitas yang bagus untuk Anda jadikan pilihan pembuatan dress.

3. Sesuaikan Warna Dengan Konsep

Menyesuaikan warna dengan konsep dress yang akan Anda kenakan sangat diperlukan. Selain warna kain yang harus cocok dengan karakter, dan kegiatan Anda. Warna yang bagus pada kain itu terlihat rapat dan tidak terlihat pudar. Hal ini bisa dibuktikan ketika setelah selesai dress dicuci.

Bagaimana jadinya kalau Anda masih di tempat pembelian kain? Anda bisa mencoba dengan cara menggesek-gesekkan kain pada kain lainnya untuk mengetahui kualitas pada warna kain tersebut.

4. Kaku VS Lentur

Kain berkualitas bagus cenderung mengarah ke lentur, karena kain yang lentur biasanya mudah jatuh, terlihat lemas dan yang paling penting pada tenunan benang itu tersusun rapat.  Selain itu, untuk mengetahui reaksi dari kain pilihan Anda. Anda juga dapat merasakan dengan cara meraba dan meremas kain tersebut. 

Jika kain itu kaku, kemungkinan yang paling besar kain yang Anda pilih tersebut berasal dari serat campuran. Sehingga, akan memperlihatkan kain yang mudah kusut, dan mudah untuk ditekuk. Maka dari itu, Anda perlu memilih kain yang lentur untuk diaplikasikan pada tampilan dress yang elegan.

Tips terakhir mewujudkan dress yang elegan untuk Anda dengan cara menyempurnakan langkah terakhir, yakni pemilihan jenis kain untuk dress yang sesuai dengan tujuan dress tersebut dibuat.

Rekomendasi Jenis Kain untuk Dress yang Elegan

jenis kain untuk dress
Photo by NUDEVOTION on Pinterest

1. Kain Maxmara

Kain maxmara yang tergolong kain pendatang baru dipasaran ini telah menyita laju pertumbuhan pasar akibat penjualan dress dengan kain maxmara laku terjual habis. Selain itu, kain maxmara sangat cocok untuk digunakan segala aktivitas. 

Kain yang bertekstur super lembut, dan terasa adem jika dipakai ini akan membuat Anda tidak merasa kegerahan, atau kepanasan. Sehingga sangat nyaman untuk diterapkan pada pembuatan dress elegan yang dapat dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Dress nyaman dipakai, aktivitas pun akan berjalan dengan baik. 

jenis kain untuk dress
Photo by SHVETS production from Pexels

2. Kain Katun

Kain katun yang memiliki tekstur halus, mudah menyerap keringat dan terasa dingin atau adem jika dipakai dalam waktu yang lama. Sehingga membuat kain katun ini sangat cocok untuk dijadikan dress yang elegan. 

Keeleganan pada dress ini akan terlihat lebih jika Anda memadukan kain katun dengan ukiran batik diatas kainnya. Selain dapat dijadikan dress yang elegan untuk acara formal, desain batik dengan dress kain katun ini juga bisa Anda gunakan untuk kehidupan sehari-hari.

jenis kain untuk dress
Photo by JJ’sHouse on Pinterest 

3. Kain Chiffon

Kain chiffon yang memiliki tekstur sangat tipis dan agak transparan karena terlihat serat benang pada kainnya. Sehingga, kain chiffon ini harus dipadukan dengan berbagai kain lainnya untuk menambah sisi keeleganan. 

Kain chiffon biasanya dibuat untuk dress malam pada acara pesta, kain ini juga akan memancarkan kilauan dan kelembutan tersendiri bagi para pemakainya sehingga menimbulkan keeleganan pada dress tersebut. 

jenis kain untuk dress
Photo by REVELRY on Pinterest

4. Kain Satin

Kain satin merupakan hasil tenunan dari serat filamen, sehingga kain ini akan memberikan efek mengkilap pada bagian permukaan dan klinyir-klinyir. Kain yang sedang naik daun ini, seringkali dijadikan bahan pembuatan dress bridesmaid untuk acara pernikahan loh

Selain itu, kain satin ini juga sangat lembut jika disentuh. Dress dengan kain satin akan memancarkan aura glamour, feminim, dan lebih seksual sehingga terlihat sangat elegan.  

jenis kain untuk dress
Photo by Etsy on Pinterest

5. Kain Scuba

Kain yang terasa lembut dan halus jika disentuh, siapa yang tidak ingin mendekatinya? Kain scuba memiliki tingkat ketebalan kain yang cukup tebal, antara 1 – 3 mm dan tergantung pada tempat produksinya juga. Selain itu, kain scuba ini juga memiliki daya tahan terhadap air. 

Kain scuba yang bisa dikategorikan jenis kain unik ini, akan membawa dress yang sudah jadi tampak eksklusif. Kain scuba juga tergolong kain yang sangat adem jika digunakan untuk pembuatan dress, dengan memakai bahan kain scuba ini Anda akan terlihat modis serta cantik yang akan menimbulkan rasa elegan pada diri Anda. 

Untuk mendapatkan dress yang elegan Anda dapat memilih jenis kain yang berkualitas, seperti jenis kain yang lembut, halus, dapat menyerap keringat dan cocok untuk desain dress Anda.

Sudah siapakah Anda tampil elegan dengan dress pilihan Anda? Pilihlah sesuai dengan fungsi dan kesukaan Anda, dan segeralah membuatnya!

- Advertisement -spot_img

80 COMMENTS

  1. Nikmati akses mudah tanpa ribet untuk mengunduh lagu-lagu terbaru dalam format MP3 dan MP4 dari https://lagulaguan.com. Temukan beragam genre, mulai dari Dangdut, Koplo, Campursari, Pop, Hiphop, Rap, Indie, Remix, Rock, hingga Kpop, Bollywood, dan lagu-lagu yang menyentuh seperti Galau dan Romantis. Segera jelajahi koleksi kami untuk menemukan musik-musik yang sedang viral dan memenuhi selera Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img