Lakukan 11 Cara Perawatan Wajah Ini Agar Tampak Glowing

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan Glowing tidak bisa sembarangan, anda harus melakukannya dengan urutan dan cara yang tepat,  

Setiap wanita cantik namun diperlukan perawatan wajah yang tepat agar kulit bisa memancarkan kecantikan yang alami dan glowing mempesona.

Cara merawat wajah sendiri terdiri dari beberapa jenis, mulai dari perawatan harian, perawatan mingguan dan perawatan tambahan lain jika kulit anda mengalami masalah.

cara perawatan wajah

Wajah glowing yang didambakan nyaris setiap wanita adalah wajah dengan kulit yang sehat, lembut, lembab dan cerah alami. Namun jangan salah, glowing bukan berarti harus berkulit putih, lho.

Kulit dengan warna gelap atau sawo matang juga bisa glowing dan memancarkan kecantikan asli pemiliknya jika dirawat dengan baik. Itu kenapa sangat penting memahami cara perawatan wajah yang tepat.

Pada artikel kali ini Anda akan mendapat penjelasan mengenai tahapan dan jenis-jenis perawatan wajah yang benar. Mulai dari tahapan perawatan harian,  hingga perawatan Mingguan . Yuk, disimak penjelasannya di bawah ini.

Cara Perawatan Wajah Harian

Sesuai namanya, cara perawatan wajah harian yang baik harus dilakukan secara rutin setiap hari. Dimulai dari tahap pembersihan wajah secara menyeluruh dan mendalam. Lalu dilanjutkan dengan perawatan menggunakan krim dan serum.

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Membersihkan wajah secara rutin adalah tentang komitmen dan konsistensi. Karena ini merupakan tahapan yang paling penting. Pada tahapan ini semua kotoran dan sisa make up akan dibuang dari  kulit dan pori-pori. Berikut adalah angkah-langkahnya:

Bersihkan wajah dari sisa make up, krim dan debu dengan menggunakan susu pembersih yang lembut.

Anda juga bisa menggunakan micellar water atau facial oil. Tergantung produk mana yang paling cocok dengan kulit Anda. Hal ini terutama dilakukan di malam hari, tujuannya agar kulit bisa bernapas dengan lega  saat anda sedang beristirahat.

Berikutnya lanjutkan dengan menggunakan cleanser atau facial wash yang bebas detergen dan sebisa mungkin menggunakan bahan-bahan alami. Tujuannya agar kulit tidak menjadi kering dan getas.

Karena terlalu banyak deterjen dapat membuat wajah iritasi. Ingat, kulit wajah kita bukan baju kotor. Jadi tidak perlu banyak deterjen dan busa.

2. Segarkan Wajah Dengan Toner

Toner berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit setelah dibersihkan. Toner juga berfungsi untuk menyegarkan kulit dan menyiapkannya agar serum atau krim yang akan dioleskan setelahnya dapat bekerja dan diserap dengan lebih cepat oleh kulit.

Cara menggunakan sangat mudah, tuangkan toner ke telapak tangan anda , lalu ditepuk-tepuk ringan ke kulit wajah.. Ingat, jangan menggosokkannya ke kulit karena kondisi kulit wajah sesudah dibersihkan lebih sensitif dan peka.

Pilihan Redaksi

3. Serum Wajah Untuk Kulit Lebih Sehat

Saat ini penggunaan serum sangat disukai. Karena dirasa lebih cepat dan mudah diserap kulit. Khasiatnya pun jadi lebih cepat terasa. Setelah menggunakan toner, aplikasikan serum ke wajah dengan sedikit ditekan. agar serum segera meresap ke dalam kulit.

Penggunaan serum dapat dilakukan pada siang dan malam hari. Namun lebih disarankan di malam hari, karena saat anda tidur kulit mengalami regenerasi.

Penggunaan serum di siang hari harus dilanjutkan dengan krim siang yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi lagi. Agar kulit tidak memerah atau mengalami sunburn.

Jika memungkinkan, untuk bagian mata sebaiknya gunakan eye serum. Eye serum memiliki kandungan vitamin khusus yang berguna untuk melindungi kulit bagian mata dari kerutan dan flek hitam tanda penuaan dini.

4. Jangan Lupakan Pelembab

Pelembab wajib dipakai setiap hari. Apapun jenis kulit Anda. bahkan kulit berminyak pun sebenarnya sangat membutuhkan pelembab.

Pelembab berfungsi menjaga kelembaban dan kondisi kulit agar tetap moist. Kulit yang tidak dipakaikan pelembab akan kering dan getas. Akibatnya kulit akan memproduksi minyak lebih banyak untuk menjaga kelembabannya.

Pilihlah pelembab berbentuk gel bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Serta pelembab berbentuk krim atau lotion untuk Anda yang berkulit kering dan normal. 

Gunakan pelembab setelah mandi atau mencuci muka, setelah menggunakan toner dan serum. Oleskan secara tipis dan merata pada wajah dan leher Pastikan pelembab diserap sempurna oleh kulit terlebih dahulu sebelum Anda melapisi wajah dengan make up.

5. Selalu Menggunakan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya adalah komponen penting dalam perawatan sehari-hari. Tabir surya wajib digunakan setelah menggunakan pelembab. Anda dapat memulai dari bagian tengah wajah, lalu dahi, setelah itu garis rahang dan terakhir pipi.

Usapkan secara merata. Tujuannya agar kulit terlindungi dari sinar ultraviolet yang dapat merusak jaringan ikat dan menyebabkan kerusakan kulit.

Tabir surya juga menyempurnakan dan membantu kinerja serum dan krim perawatan wajah Anda. Tanpa tabir surya, serum dan krim nyaris tidak berefek apa-apa. 

Penting diingat bahwa penggunaan tabir surya tidak boleh ditinggalkan. Walaupun Anda hanya akan beraktivitas di dalam ruangan. Atau cuaca sedang mendung. Karena sinar UVA yang berbahaya dan menyebabkan radiasi justru akan meningkat saat cuaca mendung.

Cara Perawatan Wajah Mingguan

Untuk cara perawatan wajah mingguan, Anda hanya perlu menyisihkan waktu beberapa menit saja. perawatan ini cukup dilakukan satu atau dua kali seminggu. Tidak perlu ke salon jika Anda tidak sempat, karena bisa dilakukan di rumah.

6. Masker Wajah

Masker wajah dapat digunakan satu hingga dua kali seminggu. Rata-rata setiap penggunaannya selama 30 menit. Ada beberapa jenis masker wajah. Baik yang berbentuk serbuk, lembaran maupun pasta.

Wash off mask, atau masker bilas. Sesuai namanya, masker ini harus dibilas setelah penggunaannya. Anda dapat menggunakan air hangat terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan air dingin. Agar wajah tidak kehilangan kelembaban dan pori-pori mengecil.

Peel off mask, atau masker kupas. Biasanya berbentuk lotion, masker ini cukup dikelupas dari kulit setelah digunakan. Usapkan merata ke wajah menggunakan kuas. Hindari bagian mata dan mulut.

Sheet mask, atau masker lembaran. Seringkali masker ini mengandung serum tertentu. Sehingga perawatan wajah lebih maksimal.

Hal yang harus diingat sebelum menggunakan masker adalah, jangan lupa membersihkan wajah terlebih dahulu. Jika tidak, sia-sia saja karena nutrisi dari masker tidak akan terserap sempurna.

Anda bisa menggunakan masker di siang hari atau malam hari. Penggunaan masker sebelum tidur (sleeping mask) seperti yang dilakukan bintang-bintang Korea juga populer. Terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan wajah glowing maksimal ala selebriti Korea.

7. Eksfoliasi Dan Facial Scrub

Eksfoliasi atau scrubbing adalah proses pengangkatan sel kulit mati pada wajah. Proses ini jangan dilakukan setiap hari, cukup satu hingga dua kali saja seminggu.

Melakukan scrubbing secara rutin akan membantu wajah terlihat lebih cerah, bebas kusam dan tentu saja glowing. Karena proses ini mengangkat sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori. Anda dapat melakukan exfoliating di rumah. caranya:

  • Basuh wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka
  • Usapkan dan pijat lembut wajah dengan produk scrubbing. fokuskan pada daerah dahi, hidung dan dagu karena di area tersebut sering muncul komedo dan jerawat.
  • Bilas wajah dengan air dingin hingga bersih. Jangan lupa keringkan segera dengan handuk lembut.
  • Jangan lupa lembabkan kembali wajah menggunakan serum atau produk pelembab.

Saat ini ada banyak produk facial scrub yang mudah penggunaannya dan aman digunakan secara mandiri di rumah. Produk-produk ini menggunakan asam AHA dan BHA. Contoh asam AHA yang sering kita jumpai adalah  asam glikolat, asam sitrat, asam laktat, asam tartarat dan asam malat.

Sedangkan contoh asam BHA adalah asam salisilat. Untuk penggunaan mingguan, pilih produk yang mengandung asam BHA sekitar 0,5-5% saja. Sedangkan asam AHA tidak melebihi konsentrasi 10%. Produk dengan AHA dan BHA yang terlalu tinggi justru akan membahayakan kulit.

8. Pijat Wajah Dengan Face Oil Yang Lembut

Pijat wajah menggunakan face oil adalah perawatan mingguan yang bisa dilakukan jika Anda tidak ingin menggunakan masker. Kombinasi antara pijat wajah dan face oil akan membuat wajah kencang, cerah, lembut dan sehat.

Face oil mengandung vitamin dan bahan-bahan penenang untuk melembutkan dan melembabkan wajah. Selain itu, face oil juga membantu melancarkan aliran darah agar kulit wajah lebih cerah dan glowing. langkah-langkah melakukan pijat wajah adalah:

  • Untuk leher dan rahang, lakukan pijatan lembut dari arah depan ke belakang dari dari arah leher ke rahang.
  • Untuk daerah pipi, lakukan gerakan memutar ke atas (arah dahi) lalu ke arah rahang.
  • Untuk daerah mata, Anda perlu melakukannya dengan jari manis dan jangan terlalu ditekan. Karena area ini sangat sensitif. Lakukan gerakan memijat dari alis ke arah telinga. lalu bagian bawah  dan kelopak mata ke arah dahi dan arahkan sedikit ke atas.
  • jangan lupakan T-zone dan smile line. Untuk hidung, lakukan gerakan ke arah atas lalu menyebar ke dahi. Kemudian dengan jari tengah, tekan dagu dan lakukan gerakan ke atas ke arah smile line.

Lamus Tirta Botanica Multi Targeted Serum

Serum multi fungsi untuk perawatan kulit wajah intensif yang membantu melawan tanda penuaan. Diformulasikan dengan gabungan berbagai zat aktif natural vegetarian yang saling melengkapi. Diolah dengan teknologi modern sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga. Kulit terasa lembab, kenyal, halus, tampak cerah dan awet muda.


Perawatan Tambahan Untuk Hasil Glowing Maksimal

Selain perawatan harian dan mingguan di atas, terkadang Anda juga memerlukan perawatan tambahan lainnya. perawatan tambahan ini bisa dilakukan oleh tenaga profesional di salon maupun klinik kecantikan. Berikut adalah tiga jenis perawatan tambahan yang bisa Anda dapatkan.

9. Peeling

Seperti juga exfoliating, proses peeling juga bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Sebenarnya Anda juga bisa melakukan peeling di rumah dengan produk face acids berkonsentrasi rendah.

Namun sangat disarankan untuk melakukan peeling dengan dibantu oleh dokter ahli kecantikan atau tenaga profesional lainnya. dokter dapat melakukan peeling dengan lebih menyeluruh dengan tetap memperhatikan risiko dan efek samping terhadap wajah Anda.

10. Facial

Facial merupakan rangkaian perawatan wajah secara menyeluruh. Dari tahapan awal hingga akhir. Proses ini biasa dilakukan di salon atau klinik kecantikan.

Sebelum melakukan facial, dokter atau ahli kecantikan akan memperhatikan dahulu kondisi dan jenis kulit Anda. Karena berbeda kondisi kulit, berbeda pula jenis facial yang dilakukan. Facial dapat Anda lakukan setiap satu atau dua minggu.

Jika Anda rutin melakukan perawatan harian dan mingguan, perawatan tambahan tidak harus dilakukan terlalu sering.

11. Perawatan Khusus Untuk Kulit Yang Bermasalah

Perawatan khusus untuk kulit yang bermasalah sebaiknya dilakukan oleh dokter kulit dan kecantikan. Beberapa kondisi yang memerlukan perawatan khusus ini misalnya jerawat yang parah, meradang atau infeksi.

Atau kulit yang mengalami efek samping  penggunaan kosmetika, pustula, atau breakout parah dan tidak bereaksi pada produk perawatan biasa.

Dokter akan memberikan produk perawatan dan obat-obatan yang bisa bekerja lebih efektif untuk mengatasi masalah kulit. Termasuk penggunaan obat dan antibiotik oral atau topikal, pengendali hormon, isotretinoin, dll.

Nah, ternyata tidak sulit bukan, cara merawat wajah agar sehat dan glowing? Intinya adalah rutin atau konsisten. Wajah, seperti juga tubuh memerlukan nutrisi dan perawatan yang rutin. Bukan sekali-sekali saja.

Jika Anda bisa melakukan cara perawatan wajah di atas secara rutin dan telaten, niscaya wajah glowing sempurna akan menjadi milik Anda.

Pilihan Redaksi

    - Advertisement -spot_img

    179 COMMENTS

    1. Big profits are also one of the main attractions of Togel Online. What would it be like to win a big prize by only placing a relatively small bet? This is what Togel Online offers. You have the chance to win a prize that changes your life, and it can happen with just a few clicks of your finger, for further information visit this website https://gameonline29.wordpress.com/

    2. Hi, I think your blog might be having browser compatibility issues.
      When I look at your blog in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it
      has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up!

      Other then that, wonderful blog!

      Stop by my web page: vpn coupon code 2024

    3. Welcome to the ABUTOGEL site, a world of slot games full of adventure and excitement! Here, you will enter a realm full of sparkling symbols, exhilarating bonus rounds, and the chance to win tempting prizes, for further information visit this website https://maxwinslot2023.com/

    4. Welcome to the world of slot games full of adventure and excitement! Here, you will enter a realm full of sparkling symbols, exhilarating bonus rounds, and the chance to win tempting prizes, for further information visit this website https://bonusoli.com

    5. Hello this is somewhat of off topic but I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or
      if you have to manually vpn coupon code 2024 with HTML.

      I’m starting a blog soon but have no coding skills so I wanted to get advice from
      someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

    6. With a wide selection of interesting and exciting games, you can enjoy an exciting and amazing playing experience, here we have a very interesting online game site and of course it has lots of features that you can play, if you want to play please visit our website https://chutogelmaju.com/

    7. Don’t hesitate to try playing online games, because online games are very exciting games to play, when you play them you will feel a very extraordinary sensation in the game, we here have a very exciting online game site for you. play, if you want to play it, please visit our website https://sites.google.com/kipass.xyz/tempototo/

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Yang Sedang Trending

    Rekomendasi Produkspot_img

    Artikel Terkait Lainya

    - Advertisement -spot_img