9 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Agar Hidup Lebih Bahagia

Artikel Serupa

Wiwit Widiastuti
Wiwit Widiastuti
Ibu dari satu anak (Insya Allah sebentar lagi 2). Lulusan FK Unpad yang punya hobi membaca dan menulis, sehingga suka menuangkan pengetahuan yang dipunya menjadi sebuah tulisan.

Menjaga pikiran agar selalu jernih dan positif adalah aktivitas terpenting tahun ini. Khususnya dengan segala macam yang terjadi didunia saat ini.

Karena apa yang anda pikirkan akan mempengaruhi suasana hati anda.  Saat pikiran dipenuhi hal-hal yang positif, anda dipastikan akan lebih bersemangat menjalani aktivitas. 

Sebaliknya, ketika berbagai hal negatif memenuhi pikiran anda, mood anda dipastikan akan berantakan,  berujung dengan aktivitas yang juga kacau. Oleh karena itu, menjaga pikiran agar tetap jernih dan positif adalah hal yang amat penting.

Nah yang jadi masalah, pikiran negatif ini bisa muncul secara tiba-tiba. Entah itu tentang kekhawatiran tentang masa depan, ingatan masa lalu atau ada masalah yang sedang dihadapi. 

Jika dibiarkan, tanpa anda sadari, semua pikiran negatif ini  akan menyedot semua semangat dan energi anda. Akibatnya, konsentrasi terganggu, tugas-tugas terbengkalai, dan sulit untuk menikmati hidup. 

Nah, jika anda termasuk yang sering berpikiran negatif, mungkin saatnya anda belajar untuk mengendalikan dan menghilangkan pikiran semua negatif agar hidup lebih bahagia.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Pahami ini dulu, pikiran negatif adalah persepsi, harapan, dan anggapan negatif terhadap diri sendiri, orang lain, masa depan, masa lalu, dan berbagai hal lainnya. 

cara menghilangkan pikiran negatif

Pikiran negatif yang dibiarkan muncul tanpa terkendali dipastikan dapat mengganggu kesehatan mental Anda dan bisa berujung pada depresi. 

Itu sebabnya anda harus menaruh perhatian serius terhadap hal ini. jika pikiran negatif mulai muncul, cobalah beberapa cara menghilangkan pikiran negatif berikut:

1. Identifikasi pikiran negatif yang muncul

Sebelum mencari solusi, langkah pertama tentu adalah mengenali penyebab muncul nya pikiran negatif. Coba anda identifikasi dan runut dengan baik, hal apa yang memulainya?  teguran dari keluarga? pekerjaan yang over? atau hal lainnya. 

Sekarang coba anda tentukan apakah hal-hal tersebut hanya kekhawatiran tanpa sebab atau memang masalah yang perlu anda selesaikan segera. Jika perlu, buat catatan untuk memetakan semua perasaan yang menyebabkan perasaan negatif ini.

Dengan begitu, anda bisa menentukan langkah selanjutnya. Jika anda mengkhawatirkan tentang masa depan, seperti karir anda, maka anda perlu menjaga performa kerja. 

Jika pikiran negatif muncul karena ada masalah yang sedang dihadapi, maka anda perlu fokus mencari solusinya alih-alih tenggelam dalam perasaan kalut.

Jika pikiran negatif muncul karena anda menyesali masa lalu, maka ingat, bahwa masa lalu tidak bisa diubah. Jadikan hal tersebut sebagai pelajaran dan berusahalah untuk memperbaiki hidup sekarang dan esok.

2. Fokus untuk mencari solusi

Hidup memang tidak selalu berjalan dengan mulus sesuai dengan yang anda inginkan. Ada kalanya ekspektasi tidak sesuai dengan realita. Wajar jika anda merasa kecewa, marah, atau sedih ketika sedang dihantam sebuah masalah. 

Namun,  hidup selalu bergerak, begitu juga dengan Anda, jangan biarkan pikiran anda larut dalam emosi negatif ya. Karena, yakinlah jika masalah tidak akan selesai jika anda diam saja. 

Jadi, ketika ada masalah, fokuslah untuk mencari solusi. Anda bisa meminta bantuan orang lain agar beban anda lebih ringan.

3. Terima kekurangan diri

Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang di luar tampak berlebih belum tentu bahagia. Jadi, tidak perlu membandingkan diri anda dengan orang lain. 

Pikiran negatif kerap muncul ketika anda mulai merasa diri anda tidak sehebat atau sebahagia orang lain. Terlebih di zaman sekarang, perasaan insecure datang dengan mudah ketika membuka feed media sosial yang berisi kehidupan orang lain yang terlihat sempurna. Padahal, apa yang ditampakkan di media sosial tidak mencerminkan seluruh hidupnya.

Untuk mengatasi perasaan rendah diri, anda perlu belajar menerima kekurangan diri. Mulai dengan membuat daftar yang berisi kelebihan dan kekurangan anda. 

Dari list tersebut, ada hal yang memang secara lahiriah tidak bisa anda ubah, misalnya warna kulit, bentuk hidung atau tipe rambut anda. Namun ada juga kekurangan diri yang bisa diubah misalnya skill atau kemampuan anda.

Untuk kekurangan yang tidak bisa diubah, anda perlu menerimanya dengan ikhlas. Sedangkan, kekurangan diri yang dapat diubah, tentukan hal yang ingin anda ubah. Lalu anda harus giat berlatih agar kemampuan anda meningkat.

4. Tuangkan ke dalam tulisan

Menulis bisa dimanfaatkan sebagai salah satu terapi dalam mengatasi kecemasan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menuliskan pikiran-pikiran negatif yang muncul.

Anda bisa membuat jurnal atau buku harian untuk mencurahkan isi hati dan pikiran anda. Dengan begitu, anda juga bisa sekaligus mengidentifikasi pikiran negatif yang muncul.

5. Bicarakan kepada orang terdekat

Menyimpan beban pikiran sendiri berisiko membuat anda stres dan depresi. Tidak ada salahnya untuk membicarakan kegelisahan anda kepada orang terdekat, misalnya pasangan, sahabat, atau orang tua.

Walaupun mungkin orang lain tidak bisa memberikan solusi, setidaknya dengan mencurahkan isi hati, anda sudah mengeluarkan beban yang anda pikul dan mencurahkan perasaan anda. Biasanya, anda akan merasa lega setelah mengeluarkan semua unek-unek.

6. Pilih lingkungan pergaulan yang positif

Lingkungan bisa mempengaruhi kondisi anda. Jika anda dikelilingi oleh orang dengan pikiran negatif, kemungkinan besar anda juga akan ikut berpikiran negatif. Oleh karena itu, pilihlah lingkungan pergaulan yang baik.

Jika anda dikelilingi oleh orang-orang yang berpikiran positif dan semangat, maka hal tersebut akan menular kepada anda.

7. Afirmasi positif kepada diri sendiri

Afirmasi positif adalah pernyataan yang diucapkan untuk menyingkirkan pikiran negatif dan mengubahnya menjadi pikiran positif. Ketika pikiran negatif muncul, ucapkan afirmasi positif kepada diri anda sendiri. Misalnya ketika anda merasa tidak percaya diri dengan penampilan anda karena tidak mempunyai kulit yang putih.

Ucapkan kepada diri anda bahwa warna kulit setiap orang bisa berbeda dan anda tetap cantik dengan warna kulit sawo matang, dan yang terpenting anda mempunyai tubuh yang sehat. Ucapkan hal tersebut di depan cermin. Anda bisa melakukannya sambil menepuk-nepuk bahu anda sendiri. Lakukan afirmasi positif secara berulang-ulang agar pikiran negatif berganti dengan pikiran positif.

8. Belajar Meditasi

Meditasi adalah kegiatan untuk melatih fokus pikiran agar tetap tenang dan berpikiran jernih. Oleh karena itu, meditasi dapat membantu menghilangkan pikiran negatif.

Meditasi membantu anda mengatur pernapasan dan detak jantung agar kembali normal. Dengan begitu pikiran negatif, rasa cemas dan tertekan akan menghilang.

9. Jalankan pola hidup sehat

Pola hidup sehat tidak hanya berdampak pada fisik, tetapi juga emosional. Mengkonsumsi makanan yang bergizi membuat imunitas anda meningkat sehingga tidak mudah sakit. Dengan begitu, anda bisa melakukan kegiatan dengan baik. Olahraga juga tidak hanya membuat fisik anda bugar.

Selama olahraga, tubuh menghasilkan hormon endorfin yang merupakan hormon kebahagiaan. Selain itu, istirahat yang cukup juga membantu menjaga suasana hati anda. Sebaliknya, jika anda kurang tidur maka tubuh akan menghasilkan hormon kortisol, yaitu hormon stres. Anda pun akan merasa kelelahan dan suasana hati ikut memburuk.

Pikiran negatif dapat muncul kapan pun dan di mana pun. Cobalah beberapa cara di atas ketika pikiran negatif datang. Jangan lupa bersyukur atas hal baik yang anda lalui.

Namun, jika anda sudah menerapkan beberapa cara di atas tetapi pikiran negatif tidak kunjung hilang atau makin parah sehingga membuat anda stres, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater ya.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img