10 Macam Skincare untuk Menutrisi Kulit Anda

Artikel Serupa

Wiwit Widiastuti
Ibu dari satu anak (Insya Allah sebentar lagi 2). Lulusan FK Unpad yang punya hobi membaca dan menulis, sehingga suka menuangkan pengetahuan yang dipunya menjadi sebuah tulisan.

Skincare merupakan serangkaian perawatan kulit menggunakan produk untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit yang sehat dan terawat tidak bisa didapatkan hanya dengan mencuci wajah menggunakan air saja. Anda perlu memakai macam macam skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kini, semakin banyak jenis produk skincare yang beredar di pasaran. Saking banyaknya, mungkin Anda bingung harus membeli produk yang mana, apalagi jika masih pemula dalam dunia skincare. Anda harus mempelajari dulu berbagai jenis skincare dan kandungannya. Jangan asal membeli skincare hanya karena sedang hits. Kenali dulu jenis kulit Anda dan kandungan skincare apa yang dibutuhkan.

Dulu, produk skincare hanya seputar sabun pembersih wajah, toner, pelembab, dan tabir surya. Sekarang, sudah ada berbagai jenis toner, serum, ampoule, essence, dan lainnya. 

Mungkin beberapa dari anda ada yang mengira jenis skincare tersebut sama saja, padahal ternyata berbeda, lho. 

Nah, agar tidak bingung, yuk kenalan dulu dengan berbagai macam skincare untuk menutrisi kulit.

Macam-macam Skincare

macam macam skincare

Langsung saja, berikut adalah 10 macam skincare yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda:

1. Facial Wash

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan facial wash alias sabun pencuci wajah. Mencuci wajah harus menggunakan sabun yang khusus diformulasikan untuk wajah. Jangan menggunakan sabun badan untuk mencuci wajah ya.

Kulit wajah lebih sensitif dibandingkan dengan kulit badan. Oleh karena itu, kandungan sabun badan terlalu keras untuk kulit wajah sehingga bisa mengakibatkan iritasi pada kulit wajah.

Mencuci wajah berfungsi untuk mengangkat kotoran, debu, minyak berlebih, serta sisa kosmetik yang menempel di wajah. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melewatkan untuk mencuci wajah menggunakan facial wash pada pagi dan malam hari.

Facial wash mempunyai banyak jenis, umumnya terbagi menjadi water based atau berbahan dasar air dan oil based atau berbahan dasar minyak.

Facial wash yang berbasis air cocok untuk orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Sedangkan facial wash yang berbasis minyak cocok untuk jenis kulit kering. Pilihlah facial wash yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Toner

Toner adalah produk skincare yang bahan utamanya adalah air. Fungsi toner adalah mengangkat sisa kotoran, minyak dan make up yang tidak terangkat ketika mencuci wajah. Toner juga penting untuk menghidrasi kulit serta menyeimbangkan pH kulit.

Ada dua jenis toner, yaitu hydrating toner dan exfoliating toner. Fungsi utama hydrating toner adalah untuk melembabkan kulit. Sedangkan exfoliating toner berfungsi untuk exfoliator  atau mengangkat sel-sel kulit mati.

Toner mengandung berbagai bahan aktif dengan fungsi yang berbeda-beda. Umumnya, kandungan yang terdapat dalam toner adalah niacinamide, hyaluronic acid, vitamin E, ekstrak lidah buaya, AHA, dan BHA. Pilihlah jenis toner yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda ya.

3. Ampoule

Ampoule adalah produk skincare yang sekarang sangat populer. Mungkin banyak yang mengira bahwa ampoule dan serum wajah adalah produk yang sama. Pasalnya, kemasan dua produk ini mirip, seringnya terbuat dari kaca dan teksturnya juga mirip. Namun, ampoule berbeda dari serum, lho.

Ampoule memiliki kandungan bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan dengan serum. Karena itu, ampoule dapat mengatasi masalah kulit dengan lebih cepat. Penggunaan ampoule disarankan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu karena kandungan bahan aktifnya yang tinggi.

Beberapa kandungan yang umumnya terdapat dalam ampoule yaitu retinol, ceramide, vitamin C, peptide, asam hialuronat, serta ekstrak tumbuhan Centella asiatica.

4. Essence

Essence adalah jenis skincare yang berbahan dasar air, biasanya teksturnya lebih cair dibanding serum. Sekilas tampilannya mirip dengan serum dan ampoule. Yang membedakan adalah kandungan bahan aktifnya. Konsentrasi bahan aktif pada essence tidak sepekat serum dan ampoule.

Essence mempunyai berbagai manfaat untuk kulit yaitu melembabkan, mencerahkan, dan menutrisi kulit. Umumnya, essence mengandung gliserin, vitamin, antioksidan dan mineral yang membantu menjaga kesehatan kulit.

5. Serum

Anda pasti sudah tak asing dengan serum yang mempunyai segudang manfaat untuk kulit. Serum merupakan cairan yang diperkaya dengan bahan aktif untuk menutrisi kulit. Serum mempunyai kandungan zat aktif yang lebih kuat dibanding pelembab dan essence. Serum mempunyai tekstur yang ringan sehingga mudah diserap oleh kulit.

Ada banyak serum yang beredar dengan kandungan yang berbeda-beda. Beberapa kandungan serum antara lain retinol, niacinamide, berbagai vitamin, dan antioksidan. Memakai serum secara rutin mempunyai berbagai manfaat untuk kulit Anda. Beberapa fungsi serum yaitu:

·         Membantu peremajaan kulit

·         Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini

·         Mengatasi noda hitam dan bekas jerawat

·         Mencerahkan dan melembabkan kulit.

6. Krim Mata

Kulit disekitar mata mempunyai lapisan yang lebih tipis dan lebih halus dibandingkan dengan bagian kulit wajah lainnya. Hal ini mengakibatkan kulit di sekitar mata lebih mudah mengalami tanda penuaan seperti munculnya garis halus dan kering. Kulit di area mata aktif bergerak mengikuti ekspresi wajah sehingga rentan menimbulkan bekas kerutan. Apalagi jika Anda sering begadang, maka lingkaran hitam akan mengelilingi mata seperti mata panda.

Oleh karena itu, kulit di sekitar mata membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kesehatan dan melawan tanda penuaan dini. Krim mata adalah skincare yang diformulasikan khusus untuk kulit sekitar mata. Beberapa kandungan yang biasanya terdapat dalam krim mata adalah air, emolien, retinol, niacinamide, hyaluronic acid, dan berbagai vitamin.

Krim mata dapat digunakan pada pagi dan malam hari. Untuk malam hari, pilih krim mata yang tidak mengandung SPF.

7. Face Oil

Face oil adalah produk skincare yang berfungsi untuk menjaga minyak alami pada kulit. Kulit menghasilkan minyak yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Face oil bisa memaksimalkan kerja minyak alami yang dihasilkan oleh kulit. Face oil mengandung emolien yang berfungsi untuk mengunci kelembaban kulit sehingga kadar air dalam kulit tidak berkurang. Dengan begitu kulit akan terasa lebih lembut dan tidak terasa kering.

Walaupun namanya face oil, ternyata produk ini bisa dipakai untuk semua jenis kulit, lho. Asalkan pilih face oil dengan kandungan yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda.

8. Pelembab Wajah

Pelembab adalah produk skincare yang sangat penting. Pelembab wajah berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit sehingga tidak dehidrasi. Walaupun berfungsi untuk melembabkan kulit, pelembab tidak hanya dibutuhkan untuk kulit kering. Tipe kulit berminyak pun tetap membutuhkan pelembab. Namun, tentu saja jenis pelembabnya berbeda.

Jika anda memiliki kulit kering, maka sebaiknya pilih pelembab berbahan dasar minyak dan bertekstur krim. Sedangkan jika jenis kulit anda berminyak, maka pilih pelembab yang berbahan dasar air dengan tekstur gel atau cair.

9. Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya adalah skincare yang tidak boleh dilewatkan. Serajin apapun anda memakai skincare, tetapi jika tidak memakai sunscreen maka hasilnya tidak akan maksimal. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak buruk radiasi ultraviolet dari sinar matahari. Oleh karena itu, produk skincare anda tidak akan bekerja secara maksimal jika kulit terpapar sinar matahari.

Paparan sinar matahari dapat menimbulkan bintik kehitaman hingga menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu, jangan lupa memakai sunscreen setiap pagi, sekitar 20 menit sebelum terkena paparan sinar matahari dan ulangi pemakaian setiap 2-3 jam atau ketika terkena air. Pilih sunscreen minimal SPF 30 dan mengandung PA agar kulit terlindungi dari UV A dan UV B ya.

10. Masker Wajah

Agar perawatan kulit wajah semakin maksimal, Anda perlu memakai masker wajah secara rutin. Masker wajah mempunyai banyak manfaat untuk kulit, yaitu membersihkan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo, mencerahkan dan mengencangkan kulit, serta melembabkan dan menghidrasi kulit.  Ada beberapa jenis masker wajah yang bisa Anda pilih, yaitu:

  1. Sheet mask

Sheet mask berupa selembar kertas atau tisu dengan lubang di bagian mata dan hidung. Cara memakainya sangat mudah, Anda cukup menempelkan sheet mask ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit agar nutrisi dalam masker meresap ke kulit.

  1. Mud Mask

Mud mask terbuat dari lumpur yang mengandung berbagai mineral yang baik untuk kulit.

  1. Clay Mask

Clay mask terbuat dari tanah liat yang juga mengandung mineral yang dapat menyehatkan kulit. Umumnya, clay mask berbahan dasar kaolin dan bentonite.

  1. Peel off Mask

Peel off mask berbentuk gel atau krim. Setelah dioleskan merata ke wajah, masker ini akan mongering sehingga bisa dilepas dengan cara dikelupas. Biasanya peel off mask berfungsi untuk mengangkat komedo di wajah. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari menggunakan peel off mask karena berisiko membuat kulit iritasi.

  1. Wash off Mask

Masker ini umumnya berupa krim, gel, atau bubuk yang dilarutkan dengan air. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan masker ke seluruh wajah, lalu diamkan selama beberapa menit. Kemudian bersihkan masker dengan membilasnya menggunakan air hangat.

  1. Sleeping Mask

Sesuai dengan namanya, masker jenis ini dipakai menjelang tidur dan dibersihkan keesokan paginya. Sleeping mask berfungsi melembabkan kulit dan menutrisi kulit selama Anda tidur.

Sebelum membeli masker wajah, pelajari dulu jenis masker apa yang Anda butuhkan sesuai dengan jenis kulit Anda ya.

Nah, itulah 10 macam skincare untuk menutrisi kulit wajah Anda. Wah, banyak sekali dan mungkin terkesan repot ya. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat memang membutuhkan usaha dan harus disiplin. Jadi, jangan malas memakai skincare dan pilih skincare sesuai kebutuhan kulit ya.

- Advertisement -spot_img

93 COMMENTS

  1. Reek | Ik ben altijd onder de indruk van de professionaliteit en toewijding van MAFA als het gaat om webdesign en softwareontwikkeling. Ze leveren altijd eersteklas resultaten.

  2. Wow such an amazing content. If you’re a windows user heavily reliant on a mouse for work, consider raw accel software, offering customizable mouse acceleration settings to match your preferences. Delve deeper into raw accel’s features through a dedicated post.

  3. Wonderful article! Are you looking for a trusted screen mirroring tool? Well, Screen mirroring programs such as Scrcpy are popular choices since they provide smooth mirroring between your smartphone or tablet and your PC. For more information, check out the provided link.

  4. An outstanding share! I have just forwarded this onto a co-worker who had
    been doing a little homework on this. And he actually bought me lunch simply because I found
    it for him… lol. So let me reword this…. Thank YOU for the meal!!

    But yeah, thanks for spending time to discuss this matter here on your web site.

    Check out my web site; vpn special coupon code 2024

  5. hey there and thank you for your information – I’ve certainly picked up anything new from right
    here. I did however expertise a few technical points
    using this site, since I experienced to reload the website lots of times
    previous to I could get it to load properly. I had been wondering if your web hosting is OK?
    Not that I’m complaining, but slow loading instances times will sometimes affect your placement in google
    and can damage your high quality score if advertising and marketing with Adwords.
    Well I’m adding this RSS to my e-mail and can look out for much more of
    your respective intriguing content. Ensure that you update this again soon.

    Feel free to visit my web page – vpn special coupon

  6. Wow, incredible blog layout! How long have you been blogging for?
    you made running a blog glance easy. The whole glance of your
    web site is fantastic, let alone the content! You can see similar here sklep internetowy

  7. PBN sites
    We generate a network of private blog network sites!

    Benefits of our private blog network:

    We carry out everything SO THAT Google doesn’t understand THAT this is A self-owned blog network!!!

    1- We obtain domain names from various registrars

    2- The leading site is hosted on a virtual private server (Virtual Private Server is fast hosting)

    3- The remaining sites are on various hostings

    4- We allocate a individual Google ID to each site with confirmation in Search Console.

    5- We develop websites on WP, we don’t utilize plugins with assistance from which malware penetrate and through which pages on your websites are produced.

    6- We refrain from reiterate templates and utilize only individual text and pictures

    We don’t work with website design; the client, if desired, can then edit the websites to suit his wishes

  8. Закажите SEO продвижение сайта https://seo116.ru/ в Яндекс и Google под ключ в Москве и по всей России от экспертов. Увеличение трафика, рост клиентов, онлайн поддержка. Комплексное продвижение сайтов с гарантией!

  9. Rolex watches
    Understanding COSC Validation and Its Importance in Watchmaking
    COSC Accreditation and its Strict Standards
    Controle Officiel Suisse des Chronometres, or the Official Swiss Chronometer Testing Agency, is the authorized Swiss testing agency that attests to the accuracy and accuracy of wristwatches. COSC validation is a symbol of excellent craftsmanship and dependability in timekeeping. Not all timepiece brands seek COSC certification, such as Hublot, which instead adheres to its own strict standards with mechanisms like the UNICO calibre, attaining comparable precision.

    The Art of Exact Chronometry
    The core mechanism of a mechanized watch involves the mainspring, which delivers energy as it unwinds. This system, however, can be prone to environmental factors that may affect its precision. COSC-accredited mechanisms undergo demanding testing—over fifteen days in various conditions (five positions, 3 temperatures)—to ensure their durability and dependability. The tests evaluate:

    Mean daily rate precision between -4 and +6 seconds.
    Mean variation, highest variation levels, and impacts of thermal changes.
    Why COSC Certification Is Important
    For timepiece fans and connoisseurs, a COSC-certified timepiece isn’t just a item of technology but a demonstration to lasting excellence and precision. It signifies a watch that:

    Offers outstanding dependability and accuracy.
    Ensures confidence of superiority across the entire construction of the timepiece.
    Is probable to retain its worth more effectively, making it a wise choice.
    Famous Timepiece Brands
    Several renowned brands prioritize COSC validation for their watches, including Rolex, Omega, Breitling, and Longines, among others. Longines, for instance, presents collections like the Archive and Soul, which showcase COSC-certified mechanisms equipped with innovative materials like silicone equilibrium suspensions to improve resilience and performance.

    Historic Background and the Development of Timepieces
    The notion of the chronometer originates back to the requirement for accurate chronometry for navigational at sea, highlighted by John Harrison’s work in the eighteenth cent. Since the official foundation of COSC in 1973, the validation has become a benchmark for evaluating the precision of high-end timepieces, continuing a legacy of excellence in watchmaking.

    Conclusion
    Owning a COSC-accredited timepiece is more than an aesthetic selection; it’s a commitment to quality and accuracy. For those valuing precision above all, the COSC accreditation provides peacefulness of mind, guaranteeing that each certified watch will operate dependably under various conditions. Whether for individual contentment or as an investment decision, COSC-accredited timepieces stand out in the world of horology, bearing on a tradition of careful timekeeping.

  10. Son Zamanın En Büyük Beğenilen Bahis Sitesi: Casibom

    Casino oyunlarını sevenlerin artık duymuş olduğu Casibom, en son dönemde adından çoğunlukla söz ettiren bir iddia ve oyun sitesi haline geldi. Türkiye’nin en iyi kumarhane platformlardan biri olarak tanınan Casibom’un haftalık olarak göre değişen giriş adresi, piyasada oldukça yeni olmasına rağmen emin ve kazandıran bir platform olarak tanınıyor.

    Casibom, rakiplerini geride kalarak eski bahis platformların önüne geçmeyi başarılı oluyor. Bu alanda uzun soluklu olmak önemlidir olsa da, katılımcılarla etkileşimde olmak ve onlara ulaşmak da eş derecede önemli. Bu durumda, Casibom’un gece gündüz hizmet veren canlı destek ekibi ile kolayca iletişime geçilebilir olması büyük önem taşıyan bir fayda sunuyor.

    Süratle artan oyuncuların kitlesi ile dikkat çeken Casibom’un arka planında başarım faktörleri arasında, yalnızca casino ve canlı olarak casino oyunlarıyla sınırlı olmayan geniş bir hizmet yelpazesi bulunuyor. Sporcular bahislerinde sunduğu geniş alternatifler ve yüksek oranlar, oyuncuları ilgisini çekmeyi başarmayı sürdürüyor.

    Ayrıca, hem spor bahisleri hem de kumarhane oyunlar katılımcılara yönlendirilen sunulan yüksek yüzdeli avantajlı ödüller da dikkat çekiyor. Bu nedenle, Casibom çabucak piyasada iyi bir pazarlama başarısı elde ediyor ve önemli bir katılımcı kitlesi kazanıyor.

    Casibom’un kazanç sağlayan bonusları ve ünlülüğü ile birlikte, siteye üyelik ne şekilde sağlanır sorusuna da değinmek gerekir. Casibom’a hareketli cihazlarınızdan, bilgisayarlarınızdan veya tabletlerinizden web tarayıcı üzerinden rahatça erişilebilir. Ayrıca, platformun mobil uyumlu olması da büyük önem taşıyan bir fayda sunuyor, çünkü şimdi neredeyse herkesin bir akıllı telefonu var ve bu telefonlar üzerinden hızlıca giriş sağlanabiliyor.

    Hareketli cep telefonlarınızla bile yolda canlı olarak bahisler alabilir ve müsabakaları canlı olarak izleyebilirsiniz. Ayrıca, Casibom’un mobil uyumlu olması, ülkemizde kumarhane ve casino gibi yerlerin kanuni olarak kapatılmasıyla birlikte bu tür platformlara erişimin önemli bir yolunu oluşturuyor.

    Casibom’un itimat edilir bir casino platformu olması da gereklidir bir artı getiriyor. Lisanslı bir platform olan Casibom, sürekli bir şekilde eğlence ve kar sağlama imkanı getirir.

    Casibom’a abone olmak da oldukça kolaydır. Herhangi bir belge gereksinimi olmadan ve ücret ödemeden platforma kolaylıkla üye olabilirsiniz. Ayrıca, platform üzerinde para yatırma ve çekme işlemleri için de birçok farklı yöntem mevcuttur ve herhangi bir kesim ücreti isteseniz de alınmaz.

    Ancak, Casibom’un güncel giriş adresini takip etmek de elzemdir. Çünkü gerçek zamanlı bahis ve oyun siteleri popüler olduğu için hileli web siteleri ve dolandırıcılar da görünmektedir. Bu nedenle, Casibom’un sosyal medya hesaplarını ve güncel giriş adresini düzenli aralıklarla kontrol etmek elzemdir.

    Sonuç, Casibom hem güvenilir hem de kar getiren bir kumarhane web sitesi olarak dikkat çekiyor. Yüksek ödülleri, geniş oyun alternatifleri ve kullanıcı dostu taşınabilir uygulaması ile Casibom, kumarhane hayranları için ideal bir platform sağlar.

  11. 로드스탁과의 레버리지 방식의 스탁: 투자법의 새로운 지평

    로드스탁에서 제공하는 레버리지 스탁은 증권 투자의 한 방식으로, 큰 이익율을 목적으로 하는 투자자들을 위해 매혹적인 옵션입니다. 레버리지를 사용하는 이 방법은 투자자들이 자신의 투자금을 초과하는 금액을 투자할 수 있도록 함으로써, 주식 시장에서 더 큰 힘을 행사할 수 있는 기회를 제공합니다.

    레버리지 스탁의 원리
    레버리지 방식의 스탁은 원칙적으로 자본을 대여하여 운용하는 방법입니다. 예시를 들어, 100만 원의 자본으로 1,000만 원 상당의 주식을 취득할 수 있는데, 이는 투자자들이 기본 자본보다 훨씬 더 많은 주식을 취득하여, 주식 가격이 상승할 경우 해당하는 더 큰 수익을 획득할 수 있게 합니다. 하지만, 주식 값이 떨어질 경우에는 그 손해 또한 증가할 수 있으므로, 레버리지를 이용할 때는 신중하게 생각해야 합니다.

    투자 전략과 레버리지 사용
    레버리지 사용은 특히 성장 잠재력이 큰 기업에 투자할 때 도움이 됩니다. 이러한 회사에 높은 비중으로 투입하면, 잘 될 경우 큰 이익을 획득할 수 있지만, 반대의 경우 큰 위험성도 감수하게 됩니다. 그렇기 때문에, 투자자들은 자신의 리스크 관리 능력을 가진 상장 분석을 통해, 어떤 사업체에 얼마만큼의 자금을 투입할지 결정해야 합니다.

    레버리지 사용의 이점과 위험 요소
    레버리지 방식의 스탁은 큰 이익을 제공하지만, 그만큼 상당한 위험성 동반합니다. 증권 시장의 변동은 예상이 곤란하기 때문에, 레버리지 사용을 사용할 때는 언제나 장터 경향을 정밀하게 살펴보고, 피해를 최소로 줄일 수 있는 계획을 구성해야 합니다.

    맺음말: 신중한 결정이 요구됩니다
    로드스탁을 통해 공급하는 레버리지 방식의 스탁은 강력한 투자 도구이며, 적당히 사용하면 많은 수입을 벌어들일 수 있습니다. 하지만 큰 위험도 고려해야 하며, 투자 선택은 필요한 데이터와 세심한 생각 후에 이루어져야 합니다. 투자자 자신의 재정적 상태, 리스크 감수 능력, 그리고 시장의 상황을 생각한 균형 잡힌 투자 전략이 핵심입니다.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img