Ingin Bahagia? Pelajari 11 Cara Berpikir Positif Menurut Para Ahli Ini

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

When you think positive, good things happens. Itulah kalimat yang disampaikan oleh Matt Kemp.

Berpikir positif memang mendatangkan banyak manfaat untuk diri, apalagi di situasi sulit seperti saat ini.

Pikiran yang positif akan memberikan afirmasi positif terhadap diri Anda, membentuk energi yang bisa membuat Anda lebih fokus untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Banyak cara berpikir positif yang dapat Anda lakukan.

Cara Berfikir Positif Menurut Para Ahli Ini

Memang tidak mudah untuk berpikir positif, terutama jika Anda sedang tertimpa masalah. Namun training makes perfect, semakin sering Anda melatih diri dan memilih untuk pulih, maka membentuk pola pikir positif akan lebih mudah dilakukan.

Karena seperti yang disebutkan oleh Seligman (Authentic Happiness, 2005), kebahagiaan juga berasal dari kondisi psikologis dan tingkat emosi positif. 

Untuk itu Anda bisa melakukan beberapa cara berpikir positif seperti yang disarankan para ahli berikut ini.

1. Selalu Bersyukur

Bersyukur dapat dimulai dengan berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain. Karena membandingkan diri dapat menimbulkan rasa iri, dengki, rendah diri dan pikiran akan menjadi kalut.

Anda bisa memulainya dengan membuat jurnal syukur. Tuliskan minimal 3 hal yang patut Anda syukuri setiap harinya. Hal apa saja, bahkan hal-hal kecil yang terkadang Anda lewatkan.

Contoh : mendapatkan tempat parkir di mal saat akhir pekan, bisa bangun tepat waktu dan melihat matahari terbit, dll.

2. Memandang Sesuatu Dari Sisi Baik

Melatih diri untuk melihat sesuatu dari sisi yang baik, juga akan membantu Anda untuk membentuk pikiran yang positif. Usahakan melihat sisi baik dari segala masalah atau kejadian walaupun itu merupakan sisi baik terkecil yang dapat Anda temukan. Hindari rasa sedih, kecewa dan marah ketika suatu hal tidak sesuai dengan keinginan atau rencana Anda.

3. Mengafirmasi Diri Dengan Kata-Kata Positif

Cara berpikir positif ini dapat Anda lakukan dengan melakukan self talk (berdialog dengan diri sendiri). Saat emosi atau pikiran negatif datang, Anda dapat melakukan  dialog dengan diri dan mengatakan kata-kata positif. Kegiatan ini dapat Anda lakukan di depan cermin.

Contoh : saat Anda melakukan suatu kesalahan, pertama-tama maafkan diri atas kesalahan itu. Katakan pada diri bahwa hal tersebut tidak apa-apa dan Anda mampu mengatasi kesalahan yang Anda lakukan dengan baik.

Pilihan Redaksi

    4. Lebih Banyak Tersenyum

    Terdengar sepele, tapi tersenyum dapat memiliki dampak terhadap diri dan pikiran kita. Disaat diri menghadapi suatu tekanan, apakah itu pekerjaan yang banyak, atau masalah berat sekalipun, hal pertama yang Anda dapat lakukan adalah mulai tersenyum, lalu tegarkan diri.

    Hal ini akan membantu Anda untuk lebih bersyukur dan kata-kata positif akan lebih mudah untuk terserap. Sehingga energi yang dihasilkan oleh tubuh juga menjadi positif. Jangan lupa untuk tersenyum juga kepada orang lain, walau hanya sekadar menyapa.

    5. Membaca Buku-Buku Motivasi

    Untuk membantu pikiran positif terbentuk, Anda juga dapat membaca buku motivasi. Hal ini dapat memperluas pola pikir dan juga dapat membantu untuk lebih ‘tersadar’ dalam menghadapi persoalan. Sehingga Anda dapat melihat ke arah yang lebih positif. Efeknya adalah akan timbul rasa bahagia yang dirasakan diri.

    Buku-buku motivasi juga bisa dilengkapi dengan buku biografi orang-orang inspiratif. Misalnya Oprah Winfrey. Buku-buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan insight baru untuk memulai pola pikir positif.

    6. Berbuat Baik dan Berbagi Dengan Sesama

    Melakukan hal hal-hal baik juga dapat menjadi salah satu cara berpikir lebih positif. Saling membantu dengan sesama akan menambah rasa menghargai dan menghormati. Dengan menebarkan energi yang positif, yakinlah  Anda juga akan mendapatkan efek yang sama terhadap diri sendiri.

    Berbuat baik dan berbagi juga terbukti meningkatkan kadar kebahagiaan.  Masih menurut Seligman, ada enam keutamaan yang menentukan kebahagiaan seseorang.

    Salah satunya keutamaan yang berkaitan dengan kemanusiaan dan cinta. Kita menyebutnya kekuatan interpersonal dan berbagi adalah salah satu unsurnya.

    cara meningkatkan imun tubuh

    Berbagi dan berbuat baik akan meningkatkan kepuasan terhadap diri sendiri. Secara tidak langsung hal tersebut akan meningkatkan kemampuan untuk berpikir dan emosi positif. Jadi jangan ragu ya, untuk menyebarkan energi positif ke orang lain.

    7. Berada Di Tengah-Tengah Orang Yang Positif.

    Berada di tengah-tengah orang yang positif akan menjadikan Anda  menerima pancaran energi yang positif pula. Tidak hanya itu, pola pikir, cara pandang terhadap suatu masalah dan kegiatan Anda akan lebih terarah ke arah yang positif.

    Orang-orang yang positif dapat membantu Anda untuk lebih tegar dan lebih merasakan rasa syukur. Sehingga rasa bahagia juga dapat Anda rasakan.

    8. Menyadari Bahwa Setiap Orang Memiliki Kelebihan Dan Kekurangan

    Cara berpikir positif yang satu ini mungkin akan terasa sulit untuk sebagian orang. Rasa sadar bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan diri Anda, dapat mudah dilakukan apabila Anda bisa menerima dan memaafkan kelebihan juga kekurangan yang Anda miliki.

    Akan tetapi jangan khawatir. Hal ini dapat Anda latih, kok. Berusahalah untuk mencintai diri sendiri. Lakukan dialog terhadap diri dengan mengatakan hal positif, seperti “Anda hebat dengan segala kelebihan dan kekurangan.” Tenangkan diri dengan mengingatkan diri bahwa orang lain juga pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Mungkin akan lebih membantu jika melakukannya di depan cermin.

    9. Turut Bahagia Atas Keberhasilan Orang Lain

    Memulai dengan ikut bahagia dengan kebahagian orang lain, membuat Anda dapat berpikir lebih positif. Sikap ini menghindarkan Anda dari stres yang timbul karena perasaan iri dan dengki. Sehingga pikiran akan jauh lebih tenang dan dapat menjalani kegiatan dengan lebih fokus.

    Ikut bahagia terhadap keberhasilan orang lain dapat menjadi motivasi untuk diri kita sendiri.

    10. Menentukan Tujuan Hidup

    Cara ini akan sangat membantu kita agar tetap fokus pada pencapaian yang ingin kita raih. Merencanakan tujuan hidup juga akan membantu mendorong, memotivasi juga mengingatkan diri agar tetap pada tujuan yang telah direncanakan. Sehingga Anda mampu ‘menyingkirkan’ pikiran negatif yang terlintas dan dapat membuat Anda tidak fokus atau stres.

    11. Belajar Memikul Tanggung Jawab

    Saat Anda memilih untuk mampu memikul suatu tanggung jawab, Anda akan diminta untuk melakukannya dengan sungguh-sungguh untuk hasil yang maksimal. Untuk itu memerlukan fokus, disiplin, konsisten dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu Anda untuk mengalihkan pikiran negatif yang Anda rasakan.

    Memikul tanggung jawab sendiri bukanlah hal yang mudah. Namun hal ini justru akan melatih Anda untuk tetap berfikir positif, memotivasi diri dan bersikap fleksibel terhadap sekitar.

    Sebelas cara berpikir positif di atas dapat dilakukan dengan banyak berlatih. Jangan lupa untuk mencintai diri sendiri. Terimalah diri Anda apa adanya. Maafkan diri dan teruslah bersyukur dengan apapun yang terjadi di kehidupan  dan yakinlah Anda dapat menjalaninya dengan baik.

    Berhentilah menanyakan hal-hal yang tidak bisa Anda jawab dan fokuslah untuk selalu bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi di hidup Anda. Semoga bermanfaat.

    Pilihan Redaksi

    - Advertisement -spot_img

    170 COMMENTS

    1. Have you ever considered about adding a little bit more than just your articles?

      I mean, what you say is important and everything.
      However think of if you added some great graphics or video clips to give your posts
      more, “pop”! Your content is excellent but with pics and videos, this site
      could certainly be one of the very best in its field.
      Good blog!

      My web site; vpn special coupon code 2024

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Yang Sedang Trending

    Rekomendasi Produkspot_img

    Artikel Terkait Lainya

    - Advertisement -spot_img