10 Manfaat Sunscreen Yang Dapat Menyelamatkan Kulit Anda

Faktanya, 8 dari 10 orang Indonesia tidak pernah menggunakan sunscreen. Padahal manfaat sunscreen bukan sekedar melindungi kulit dari sinar matahari lho, namun juga ternyata mampu mengatasi berbagai masalah kulit.

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

Bagi kita yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, sunscreen adalah amunisi perawatan wajib bagi kulit. Namun sayangnya masih banyak yang menyepelekan krim pelindung kulit yang satu ini. Padahal manfaat sunscreen lebih dari sekadar mencegah efek buruk sinar matahari pada kulit.

Selain melindungi dari sinar matahari, sunscreen juga membantu mengatasi berbagai masalah kulit, menyejukkan kulit, menjaga kelembaban hingga melindungi kesehatan kulit. 

Intinya, semua krim mahal dan perawatan yang anda lakukan akan sia-sia jika mengabaikan penggunaan sunscreen.

Kenapa Harus Menggunakan Sunscreen?

manfaat sunscreen
Ingat! krim mahal anda akan sia-sia tanpa penggunaan sunscreen

Saat beraktifitas di luar rumah, kulit kita akan terpapar sinar UVA dan UVB.

Sinar UVA memiliki kemampuan untuk merusak struktur jaringan dermis kulit, merusak kolagen serta jaringan kulit di bagian dalam. Akibatnya? anda beresiko mengalami penuaan lebih dini di kulit seperti munculnya garis halus, noda hitam hingga keriput.

Sementara sinar UVB lebih merusak pada bagian permukaan kulit. 

Pilihan Redaksi

Sinar UV ini sering juga disebut dengan burning rays yang jika terlalu banyak, dapat menimbulkan kemerahan, kulit yang belang dan terbakar.

Manfaat sunscreen - Melindungi dari sinar matahari terik
Pancaran sinar UV yang terlalu banyak dapat berakibat buruk pada kulit, khususnya bagi yang lebih sensitif.

Selain itu semua efek diatas, sinar UVA dan UVB juga memiliki efek yang cukup kuat untuk merusak serum maupun krim perawatan anda, bahkan yang paling mahal sekalipun. 

Jadi seperti yang kami sampaikan diatas, sia-sia saja penggunaan serum dan krim wajah tanpa penggunaan sunscreen. Dampak krim anda jadi tidak akan terasa sama sekali.

Sunscreen juga akan melindungi kandungan protein yang penting untuk kulit seperti kolagen, keratin dan elastin. Dr. Harold Lancer menyarankan untuk memakai sunscreen dengan SPF minimal 30 dan mengulang pemakaian setiap 2-3 jam. Terutama untuk daerah tropis seperti Indonesia, penggunaan sunscreen tidak boleh dilupakan.

Jenis Dan Kandungan Sunscreen

Adapun jenis dan kandungan sunscreen dibagi menjadi 3 yaitu chemical sunscreen, physical sunscreen dan hybrid sunscreen. Mari kita bahas satu-persatu.

Tekstur dari sunscreen ini lembut dan ringan. Cocok untuk jenis kulit yang cenderung berminyak. Kandungan aktifnya adalah avobenzone, octinoxate dan oxybenzone. Manfaat sunscreen jenis ini tidak langsung bekerja setelah dioleskan.

Melainkan setelah 15-20 menit setelah diaplikasikan ke kulit. Sunscreen ini akan menyerap ke dalam kulit, menyerap sinar UV matahari. Lalu mengubahnya menjadi panas dan kemudian diuraikan keluar dari tubuh.

Sunscreen memiliki banyak kandungan bahan. Pastikan anda memahami jenis kulit anda sebelum membeli sunscreen

Chemical Sunscreen

Tekstur dari sunscreen ini lembut dan ringan. Cocok untuk jenis kulit yang cenderung berminyak. Kandungan aktifnya adalah avobenzone, octinoxate dan oxybenzone. Manfaat sunscreen jenis ini tidak langsung bekerja setelah dioleskan.

Melainkan setelah15-20 menit setelah diaplikasikan ke kulit. Sunscreen ini akan menyerap ke dalam kulit, menyerap sinar UV matahari. Lalu mengubahnya menjadi panas dan kemudian diuraikan keluar dari tubuh.


Lamus Tirta Botanica Multi Targeted Serum

Serum multi fungsi untuk perawatan kulit wajah intensif yang membantu melawan tanda penuaan. Diformulasikan dengan gabungan berbagai zat aktif natural vegetarian yang saling melengkapi. Diolah dengan teknologi modern sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga. Kulit terasa lembab, kenyal, halus, tampak cerah dan awet muda.


Teksturnya ringan dan tidak mengakibatkan kulit Anda belang saat menggunakannya. Namun Anda harus hati-hati jika memiliki alergi PABA ( para-aminobenzoic acid), karena zat avobenzone ataupun oxybenzone dapat memicu alergi tersebut.

Physicals Sunscreen

Physical sunscreen atau yang disebut juga mineral sunscreen, cocok digunakan untuk jenis kulit kering ataupun sensitif. Sunscreen ini akan memantulkan sinar UV yang mengenai kulit.

Teksturnyatebal dan akan menimbulkan efek putih sehingga akan menimbulkan warna kulit yang tidak merata. Biasanya terdapat titanium dioxide dan zinc oxide di dalam mineral sunscreen ini untuk filtrasi sinar UV.

Hybrid Sunscreen

Hybrid sunscreen merupakan gabungan dari chemical dan physical sunscreen. Sunscreen ini memiliki tekstur yang sama dengan chemical sunscreen dan memiliki cara kerja yang sama dengan physical sunscreen. Sunscreen ini biasanya dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

Lalu, Apa Perbedaan Sunscreen dan Sunblock?

Sunscreen berfungsi sebagai lapisan penghalang sinar UV, sedangkan sunblock dianggap mampu menghalangi (block) sinar UV yang mengenai kulit. Tekstur dari keduanya juga berbeda. 

Sunscreen memiliki tekstur yang ringan sehingga tidak terlihat pada saat diaplikasikan. Karena akan langsung menyerap ke dalam kulit, dimana zat aktif akan menghalau sinar UV mengenai dermis kulit dan menyebabkannya terbakar.

Sunblock memiliki tekstur yang lebih tebal. Sehingga kebanyakan orang merasa lebih sulit mengaplikasikannya ke kulit. Padahal sunblock hanya cukup diusapkan saja dan zat aktifnya akan langsung bekerja menghalangi secara keseluruhan sinar UVA dan UVB walau tanpa langsung hilang menyerap ke dalam kulit secara keseluruhan.

Perbedaan dapat juga dilihat dari kandungan keduanya. Sunscreen biasanya mengandung zat aktif avobenzone ataupun oxybenzone untuk menyerap sinar matahari. Sedangkan sunblock memiliki kandungan titanium dioksida atau seng oksida. Kedua senyawa aktif itulah yang membuat tekstur warna krim menjadi lebih gelap.

perawatan wajah alami di rumah

Tips Memilih Sunscreen Yang Cocok Sesuai Jenis Kulit

Untuk memilih sunscreen yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membaca dengan teliti label kemasan sunscreen yang akan dipilih.

Kulit Berminyak dan Berjerawat

Manfaat sunscreen - untuk kulit yang mudah berjerawat

Kandungan sunscreen yang disarankan untuk jenis kulit ini adalah sunscreen mineral. Bahannya yang berbasis air membuat wajah tidak terlihat semakin berminyak pada saat digunakan.

Anda tidak perlu khawatir karena kandungan sunscreen mineral cepat menyerap ke dalam kulit dan tidak menutup pori-pori pada kulit wajah. Sunscreen jenis ini juga paling minim menimbulkan reaksi alergi.

Tipe kulit berminyak juga direkomendasikan untuk memilih perlindungan lebih luas yang menggunakan ensulizole untuk menghalang UVB. Anda juga harus memperhatikan kandungan SPF pada label sunscreen. SPF 15 sudah bisa melindungi kulit berminyak, namun SPF 30 ke atas lebih direkomendasikan untuk perlindungan yang optimal.

Kulit Kering dan Sensitif

Manfaat sunscreen - Untuk kulit kering dan sensitif

Untuk jenis kulit ini disarankan untuk memilih sunscreen mineral. Titanium oksida mampu memantulkan sinar UV dan tidak terurai di bawah sinar matahari. Sedangkan zinc oksida yang merupakan mineral sintetis bekerja untuk memecah panas dan energi yang dilepaskan oleh sinar UV. Juga menghalau radiasi mengenai kulit. Kedua mineral ini juga yang paling minim dalam menimbulkan reaksi alergi.

Pilihlah sunscreen dengan tekstur lotion atau krim karena sunscreen dengan tekstur yang kental akan melindungi sekaligus melembabkan kulit.  Anda juga bisa memilih sunscreen yang mengandung hyaluronic acid yang merupakan bahan aktif untuk melembabkan.

Kulit Normal

Anda yang memiliki jenis kulit ini akan lebih diuntungkan karena dapat memilih sunscreen mineral maupun kimiawi. Anda juga dapat memilih tekstur gel atau lotion. Untuk menambah kelembaban Anda dapat memilih sunscreen yang mengandung hyaluronic. Jangan lupa untuk membaca SPF yang terkandung di dalamnya.

Kulit Kombinasi

Pemilik kulit kombinasi ini biasanya memiliki masalah kulit yang berminyak dan berkomedo di area T-zone (dahi, hidung, dan dagu). Area kering akan ditemukan pada daerah pipi dan sekitar mata.

Untuk Anda yang berjenis kulit kombinasi, Anda dapat memilih sunscreen dengan memperhatikan kandungan, status komedogenik, tekstur dan keampuhan sunscreen dalam melindungi kulit.

Anda juga dapat mengaplikasikan sunscreen dengan tekstur ringan ke area berminyak dan sunscreen tekstur lotion di area kulit yang kering.

Kulit Menua

Semua ahli telah setuju kalau penggunaan sunscreen aman digunakan di segala usia termasuk pada kulit yang menua. Pada kulit menua, akan muncul bercak hitam, garis-garis halus, hiperpigmentasi, dan kelembaban yang menurun.

Untuk kulit jenis ini, bisa memilih physical sunscreen yang berspektrum luas dan mengandung seng serta titanium oksida. Manfaat sunscreen ini untuk melindungi kulit dari bercak secara optimal.

cara menggunakan moisturizer

Penuaan kulit ataupun kanker kulit yang timbul tidak hanya dikarenakan sinar UVA dan UVB, tapi juga dapat timbul karena sinar infra merah. Jadi penting untuk memilih sunscreen yang juga bisa melindungi kulit dari sinar infra merah untuk mencegah penuaan cepat meluas dan mengurangi resiko kanker kulit.

Kulit Gelap

Pemilihan sunscreen untuk jenis kulit ini lebih menantang. Sunscreen berbahan mineral akan menimbulkan bercak putih (white cast), sehingga Anda disarankan menggunakan sunscreen chemical yang akan terlihat lebih alami di kulit yang gelap. Pemilihan sunscreen dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan kulit, dapat berbentuk gel ataupun lotion.

Cara Mengaplikasikan Sunscreen Yang Benar

Dengan semua informasi yang sudah kami jelaskan diatas, sekarang saat nya mengetahui bagaimana cara menggunakan atau mengaplikasikan sunscreen dengan benar.

  • Gunakan Sunscreen 30 menit sebelum beraktifitas di luar rumah, karena sunscreen memerlukan waktu untuk menyerap ke dalam kulit.
  • Selalu kocok terlebih dahulu sebelum mengeluarkan dari botolnya, agar seluruh bahan dan partikel di dalamnya tercampur rata.
  • Gunakan sunscreen sesuai dengan dengan kebutuhan kulit Anda. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  • Jika anda berada cukup lama diluar, aplikasikan sunscreen beberapa kali (2-3 jam) aktifitas anda masih berlangsung.
  • Selalu menggunakan sunscreen setiap Anda akan beraktifitas meskipun cuaca di luar rumah sedang hujan. Memang sinar UVB akan melemah, namun sinar UVA yang dapat menyebabkan penuaan dan kanker kulit malah akan semakin kuat. Jadi penting untuk Anda agar selalu menggunakan sunscreen.

10 Manfaat Sunscreen Untuk Kulit Anda

Dari uraian di atas, sedikit banyak Anda sekarang bisa memahami manfaat sunscreen bagi kulit. 

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah penjelasan mengenai 10 manfaat sunscreen yang bisa Anda dapatkan.

Mencegah Kulit Agar Tidak Terbakar

Sunburn atau kondisi kulit yang terbakar sinar matahari dapat menyebabkan ruam merah dan rasa perih di kulit. Kondisi ini akan menyebabkan rusaknya DNA pada kulit. Sunscreen mencegah hal tersebut dengan kemampuannya menghalangi sinar matahari yang menyentuh kulit.

Menghalau Sinar UV

Sunscreen dengan tingkat SPF yang tepat dapat menghalau sinar UVA dan UVB secara sempurna. Jangan lupa untuk memilih sunscreen yang berspektrum luas untuk menyempurnakan manfaatnya.

Menjaga Kelembaban Kulit

Selain menjaga kulit dari sinar matahari, sunscreen juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit dengan kandungan hyaluronic acid yang dimilikinya. Sunscreen mampu menjaga kulit agar tidak kering dan getas akibat panas dan udara.

Mencegah Munculnya Tanda-Tanda Penuaan Kulit

Karena mampu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit Anda, otomatis sunscreen juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Mencegah jerawat dan komedo

Ternyata, jerawat dan komedo juga merupakan salah satu efek samping dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Sunscreen dapat mencegah terjadinya masalah yang cukup mengganggu ini dengan fungsinya sebagai pelindung kulit.

Mencegah Terjadinya Warna Kulit Yang Tidak Merata

Manfaat sunscreen berikutnya adalah mencegah bertambahnya pigmen gelap di dalam kulit. Sunscreen membantu mengoptimalkan kerja serum dan krim wajah dalam menjaga tingkat kecerahan kulit. Itu sebabnya Anda harus menggunakan sunscreen di atas serum, atau sebelum menggunakan krim siang Anda.

Mencegah Kulit Melepuh

Kulit yang melepuh diakibatkan oleh kondisinya yang terbakar sinar matahari. Sunscreen menjaga kulit tetap sejuk. Kandungan alkohol pada sunscreen berbentuk gel akan memberi efek dingin di kulit. 

Namun untuk Anda yang berkulit sensitif, hindari sunscreen dengan kandungan alkohol. Sebagai gantinya pilih sunscreen yang memiliki bahan tambahan alami. Seperti minyak biji anggur, rosella dan moringa (daun kelor).

Menghalau Radiasi

Ini adalah fungsi sunscreen yang sangat penting. Radiasi sinar UV akan menyebabkan flek hitam, kerut dan sunburn. Semua hal ini merusak jaringan ikat di bawah kulit dan efek jangka panjangnya adalah kanker kulit yang berbahaya.

Sinar UV yang menyebabkan radiasi dan kanker kulit adalah UVA. Karenanya sangat penting mencermati sunscreen yang Anda pilih. Pastikan tabir surya tersebut memiliki kemampuan untuk menghalau sinar UVA.

Mencegah Minyak Berlebih

Kulit yang kepanasan dan mendapat terlalu banyak paparan dari luar cenderung akan mengeluarkan minyak berlebih. Sunscreen akan menjaga suhu kulit tetap stabil dan secara tidak langsung mencegah kulit memproduksi banyak sebum.

Kulit yang mendapat manfaat sunscreen akan lebih terlindungi dan lebih optimal menerima manfaat dari komponen produk perawatan kulit lainnya. Kerja serum dan krim yang Anda pakai juga akan lebih ringan.

Pilihan Redaksi

    - Advertisement -spot_img

    174 COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Yang Sedang Trending

    Rekomendasi Produkspot_img

    Artikel Terkait Lainya

    - Advertisement -spot_img