10 Macam Skincare untuk Menutrisi Kulit Anda

Artikel Serupa

Wiwit Widiastuti
Wiwit Widiastuti
Ibu dari satu anak (Insya Allah sebentar lagi 2). Lulusan FK Unpad yang punya hobi membaca dan menulis, sehingga suka menuangkan pengetahuan yang dipunya menjadi sebuah tulisan.

Skincare merupakan serangkaian perawatan kulit menggunakan produk untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit yang sehat dan terawat tidak bisa didapatkan hanya dengan mencuci wajah menggunakan air saja. Anda perlu memakai macam macam skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kini, semakin banyak jenis produk skincare yang beredar di pasaran. Saking banyaknya, mungkin Anda bingung harus membeli produk yang mana, apalagi jika masih pemula dalam dunia skincare. Anda harus mempelajari dulu berbagai jenis skincare dan kandungannya. Jangan asal membeli skincare hanya karena sedang hits. Kenali dulu jenis kulit Anda dan kandungan skincare apa yang dibutuhkan.

Dulu, produk skincare hanya seputar sabun pembersih wajah, toner, pelembab, dan tabir surya. Sekarang, sudah ada berbagai jenis toner, serum, ampoule, essence, dan lainnya. 

Mungkin beberapa dari anda ada yang mengira jenis skincare tersebut sama saja, padahal ternyata berbeda, lho. 

Nah, agar tidak bingung, yuk kenalan dulu dengan berbagai macam skincare untuk menutrisi kulit.

Macam-macam Skincare

macam macam skincare

Langsung saja, berikut adalah 10 macam skincare yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda:

1. Facial Wash

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan facial wash alias sabun pencuci wajah. Mencuci wajah harus menggunakan sabun yang khusus diformulasikan untuk wajah. Jangan menggunakan sabun badan untuk mencuci wajah ya.

Kulit wajah lebih sensitif dibandingkan dengan kulit badan. Oleh karena itu, kandungan sabun badan terlalu keras untuk kulit wajah sehingga bisa mengakibatkan iritasi pada kulit wajah.

Mencuci wajah berfungsi untuk mengangkat kotoran, debu, minyak berlebih, serta sisa kosmetik yang menempel di wajah. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melewatkan untuk mencuci wajah menggunakan facial wash pada pagi dan malam hari.

Facial wash mempunyai banyak jenis, umumnya terbagi menjadi water based atau berbahan dasar air dan oil based atau berbahan dasar minyak.

Facial wash yang berbasis air cocok untuk orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Sedangkan facial wash yang berbasis minyak cocok untuk jenis kulit kering. Pilihlah facial wash yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Toner

Toner adalah produk skincare yang bahan utamanya adalah air. Fungsi toner adalah mengangkat sisa kotoran, minyak dan make up yang tidak terangkat ketika mencuci wajah. Toner juga penting untuk menghidrasi kulit serta menyeimbangkan pH kulit.

Ada dua jenis toner, yaitu hydrating toner dan exfoliating toner. Fungsi utama hydrating toner adalah untuk melembabkan kulit. Sedangkan exfoliating toner berfungsi untuk exfoliator  atau mengangkat sel-sel kulit mati.

Toner mengandung berbagai bahan aktif dengan fungsi yang berbeda-beda. Umumnya, kandungan yang terdapat dalam toner adalah niacinamide, hyaluronic acid, vitamin E, ekstrak lidah buaya, AHA, dan BHA. Pilihlah jenis toner yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda ya.

3. Ampoule

Ampoule adalah produk skincare yang sekarang sangat populer. Mungkin banyak yang mengira bahwa ampoule dan serum wajah adalah produk yang sama. Pasalnya, kemasan dua produk ini mirip, seringnya terbuat dari kaca dan teksturnya juga mirip. Namun, ampoule berbeda dari serum, lho.

Ampoule memiliki kandungan bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan dengan serum. Karena itu, ampoule dapat mengatasi masalah kulit dengan lebih cepat. Penggunaan ampoule disarankan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu karena kandungan bahan aktifnya yang tinggi.

Beberapa kandungan yang umumnya terdapat dalam ampoule yaitu retinol, ceramide, vitamin C, peptide, asam hialuronat, serta ekstrak tumbuhan Centella asiatica.

4. Essence

Essence adalah jenis skincare yang berbahan dasar air, biasanya teksturnya lebih cair dibanding serum. Sekilas tampilannya mirip dengan serum dan ampoule. Yang membedakan adalah kandungan bahan aktifnya. Konsentrasi bahan aktif pada essence tidak sepekat serum dan ampoule.

Essence mempunyai berbagai manfaat untuk kulit yaitu melembabkan, mencerahkan, dan menutrisi kulit. Umumnya, essence mengandung gliserin, vitamin, antioksidan dan mineral yang membantu menjaga kesehatan kulit.

5. Serum

Anda pasti sudah tak asing dengan serum yang mempunyai segudang manfaat untuk kulit. Serum merupakan cairan yang diperkaya dengan bahan aktif untuk menutrisi kulit. Serum mempunyai kandungan zat aktif yang lebih kuat dibanding pelembab dan essence. Serum mempunyai tekstur yang ringan sehingga mudah diserap oleh kulit.

Ada banyak serum yang beredar dengan kandungan yang berbeda-beda. Beberapa kandungan serum antara lain retinol, niacinamide, berbagai vitamin, dan antioksidan. Memakai serum secara rutin mempunyai berbagai manfaat untuk kulit Anda. Beberapa fungsi serum yaitu:

·         Membantu peremajaan kulit

·         Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini

·         Mengatasi noda hitam dan bekas jerawat

·         Mencerahkan dan melembabkan kulit.

6. Krim Mata

Kulit disekitar mata mempunyai lapisan yang lebih tipis dan lebih halus dibandingkan dengan bagian kulit wajah lainnya. Hal ini mengakibatkan kulit di sekitar mata lebih mudah mengalami tanda penuaan seperti munculnya garis halus dan kering. Kulit di area mata aktif bergerak mengikuti ekspresi wajah sehingga rentan menimbulkan bekas kerutan. Apalagi jika Anda sering begadang, maka lingkaran hitam akan mengelilingi mata seperti mata panda.

Oleh karena itu, kulit di sekitar mata membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kesehatan dan melawan tanda penuaan dini. Krim mata adalah skincare yang diformulasikan khusus untuk kulit sekitar mata. Beberapa kandungan yang biasanya terdapat dalam krim mata adalah air, emolien, retinol, niacinamide, hyaluronic acid, dan berbagai vitamin.

Krim mata dapat digunakan pada pagi dan malam hari. Untuk malam hari, pilih krim mata yang tidak mengandung SPF.

7. Face Oil

Face oil adalah produk skincare yang berfungsi untuk menjaga minyak alami pada kulit. Kulit menghasilkan minyak yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Face oil bisa memaksimalkan kerja minyak alami yang dihasilkan oleh kulit. Face oil mengandung emolien yang berfungsi untuk mengunci kelembaban kulit sehingga kadar air dalam kulit tidak berkurang. Dengan begitu kulit akan terasa lebih lembut dan tidak terasa kering.

Walaupun namanya face oil, ternyata produk ini bisa dipakai untuk semua jenis kulit, lho. Asalkan pilih face oil dengan kandungan yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda.

8. Pelembab Wajah

Pelembab adalah produk skincare yang sangat penting. Pelembab wajah berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit sehingga tidak dehidrasi. Walaupun berfungsi untuk melembabkan kulit, pelembab tidak hanya dibutuhkan untuk kulit kering. Tipe kulit berminyak pun tetap membutuhkan pelembab. Namun, tentu saja jenis pelembabnya berbeda.

Jika anda memiliki kulit kering, maka sebaiknya pilih pelembab berbahan dasar minyak dan bertekstur krim. Sedangkan jika jenis kulit anda berminyak, maka pilih pelembab yang berbahan dasar air dengan tekstur gel atau cair.

9. Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya adalah skincare yang tidak boleh dilewatkan. Serajin apapun anda memakai skincare, tetapi jika tidak memakai sunscreen maka hasilnya tidak akan maksimal. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak buruk radiasi ultraviolet dari sinar matahari. Oleh karena itu, produk skincare anda tidak akan bekerja secara maksimal jika kulit terpapar sinar matahari.

Paparan sinar matahari dapat menimbulkan bintik kehitaman hingga menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu, jangan lupa memakai sunscreen setiap pagi, sekitar 20 menit sebelum terkena paparan sinar matahari dan ulangi pemakaian setiap 2-3 jam atau ketika terkena air. Pilih sunscreen minimal SPF 30 dan mengandung PA agar kulit terlindungi dari UV A dan UV B ya.

10. Masker Wajah

Agar perawatan kulit wajah semakin maksimal, Anda perlu memakai masker wajah secara rutin. Masker wajah mempunyai banyak manfaat untuk kulit, yaitu membersihkan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo, mencerahkan dan mengencangkan kulit, serta melembabkan dan menghidrasi kulit.  Ada beberapa jenis masker wajah yang bisa Anda pilih, yaitu:

  1. Sheet mask

Sheet mask berupa selembar kertas atau tisu dengan lubang di bagian mata dan hidung. Cara memakainya sangat mudah, Anda cukup menempelkan sheet mask ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit agar nutrisi dalam masker meresap ke kulit.

  1. Mud Mask

Mud mask terbuat dari lumpur yang mengandung berbagai mineral yang baik untuk kulit.

  1. Clay Mask

Clay mask terbuat dari tanah liat yang juga mengandung mineral yang dapat menyehatkan kulit. Umumnya, clay mask berbahan dasar kaolin dan bentonite.

  1. Peel off Mask

Peel off mask berbentuk gel atau krim. Setelah dioleskan merata ke wajah, masker ini akan mongering sehingga bisa dilepas dengan cara dikelupas. Biasanya peel off mask berfungsi untuk mengangkat komedo di wajah. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari menggunakan peel off mask karena berisiko membuat kulit iritasi.

  1. Wash off Mask

Masker ini umumnya berupa krim, gel, atau bubuk yang dilarutkan dengan air. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan masker ke seluruh wajah, lalu diamkan selama beberapa menit. Kemudian bersihkan masker dengan membilasnya menggunakan air hangat.

  1. Sleeping Mask

Sesuai dengan namanya, masker jenis ini dipakai menjelang tidur dan dibersihkan keesokan paginya. Sleeping mask berfungsi melembabkan kulit dan menutrisi kulit selama Anda tidur.

Sebelum membeli masker wajah, pelajari dulu jenis masker apa yang Anda butuhkan sesuai dengan jenis kulit Anda ya.

Nah, itulah 10 macam skincare untuk menutrisi kulit wajah Anda. Wah, banyak sekali dan mungkin terkesan repot ya. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat memang membutuhkan usaha dan harus disiplin. Jadi, jangan malas memakai skincare dan pilih skincare sesuai kebutuhan kulit ya.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img