Glowing Maksimal! Mengenal Berbagai Jenis Toner dan Cara Tepat Menggunakannya

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

Salah satu produk perawatan wajah yang sering dilewatkan adalah toner. Padahal toner memiliki fungsi yang tak kalah penting, lho. Toner membantu mempersiapkan wajah sebelum dirawat dengan produk skincare lainnya. 

Toner juga memaksimalkan kinerja serum dan pelembab dalam merawat kulit. Karenanya sayang sekali jika Anda tidak tahu cara menggunakan toner dengan tepat atau bahkan tidak memakai toner setelah membersihkan wajah.

Nah, di artikel kali ini Anda akan diperkenalkan pada beberapa jenis toner dan manfaat nya dalam merawat wajah Anda agar bisa glowing secara maksimal. 

Anda juga akan memahami cara menggunakan toner agar wajah lebih moist dan sehat. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Jenis Dan Manfaat Toner

Ada dua jenis toner yang lazim digunakan, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Masing-masing memiliki fungsi, manfaat dan cara pakai yang berbeda. 

Secara umum toner berfungsi untuk menuntaskan proses pembersihan kulit. Dengan mengangkat sisa make up, kotoran, sel kulit mati penyebab wajah kusam.

cara menggunakan toner

Namun, diluar dari itu toner juga bisa membantu menenangkan kulit, mengecilkan pori-pori, membantu meredakan peradangan akibat jerawat, dll. 

Lengkapnya, berikut ini adalah penjelsan lengkap manfaat toner untuk Anda, sesuai dengan jenisnya.

Exfoliating Toner

Exfoliating toner adalah toner yang mengandung AHA, BHA, dan senyawa turunan lainnya. 

Toner ini paling cocok digunakan oleh Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, berjerawat dan memiliki masalah garis halus di wajah, atau hiperpigmentasi.

Sesuai namanya, exfoliating toner berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati secara maksimal, mengurangi minyak berlebih di wajah serta menuntaskan kegiatan membersihkan wajah hingga ke pori-pori.

Jika Anda ingin toner yang tidak hanya menyegarkan namun juga membersihkan dengan lebih baik, produk ini untuk Anda.

Hydrating Toner

Hydrating toner adalah jenis yang cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kulit normal, kering dan sensitif. Sifatnya ringan dan melembabkan, dengan kandungan hyaluronic acid atau gliserin yang mampu menarik air hingga ke permukaan kulit.

Toner ini bermanfaat untuk melembabkan kulit, mencegah rasa panas, kering dan tegang pada kulit wajah setelah dibersihkan, serta mempersiapkan wajah sebelum dipakaikan rangkaian produk perawatan kulit selanjutnya.


Lamus Tirta Botanica Essence Toner

Perpaduan toner dan essence yang berfungsi untuk membersihkan, menyegarkan, meringkas pori, menyeimbangkan kadar minyak sekaligus menenangkan kulit.


Pertimbangkan Untuk Double Toning

Selain memilih salah satu jenis toner berdasarkan tipe kulit Anda, saat ini juga sedang populer menggunakan kedua jenis toner tersebut secara bersamaan. Istilahnya adalah double toning. Double toning menggabungkan manfaat dari kedua jenis toner. 

Hasilnya? kulit akan lebih bersih karena sel-sel kulit mati akan terangkat sempurna. Kadar minyak pada kulit akan dikendalikan dan wajah akan lebih lembab serta siap menerima serum serta pelembab.

Double toning juga akan menjadikan wajah lebih glowing, terutama jika Anda akan memoles wajah dengan make up. 

Ikuti dua langkah sederhana ini; pertama, gunakan exfoliating toner dahulu. Lalu lanjutkan dengan hydrating toner. Anda dapat melakukannya maksimal dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.

Namun metode double toning ini bukan untuk semua orang. . Namun jika Anda ingin mencobanya, lakukan secara berselang-seling agar tidak menimbulkan iritasi. Gunakan kedua jenis toner tersebut sesuai dengan panduan pada kemasannya.

Atau, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kecantikan bersertifikat untuk melihat kesiapan kulit Anda sebelum melakukan double toning. 

Cara Menggunakan Toner Berdasarkan Jenisnya

Setelah mengenal jenis-jenis toner beserta manfaatnya, kini saatnya mengetahui bagaimana cara menggunakan toner dengan benar. Agar hasilnya benar-benar bisa menjadikan wajah lebih sehat, lembab dan glowing maksimal. Mari kita simak! 

Exfoliating Toner

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakan exfoliating toner Anda harus membersihkan wajah terlebih dahulu dengan facial wash. Atau jika Anda melakukan double cleansing, bersihkan make up dengan micellar water atau susu pembersih lalu lanjutkan dengan facial wash.

Segera setelah wajah dibersihkan dan dikeringkan dengan cara ditepuk-tepuk, Anda bisa menggunakan toner.

2. Gunakan Kapas

Exfoliating toner dipakai dengan cara menuangkannya ke atas kapas lalu diusapkan secara merata ke seluruh wajah. Tidak perlu mengusapkannya terlalu keras atau menekan terlalu kuat. Hal ini justru akan membuat kulit Anda iritas.

3. Lanjutkan Dengan Skincare yang Menghidrasi

Setelah seluruh wajah terasa nyaman, Anda bisa mulai memakai rangkaian produk perawatan kulit untuk menghidrasinya.  Anda bisa menggunakan essence atau serum lalu pelembab.

4. Tidak Boleh Digunakan Setiap Hari

Salah satu hal penting yang harus diketahui adalah exfoliating toner tidak boleh digunakan setiap hari. Cukup gunakan tiga hingga empat kali seminggu saja. terlalu sering menggunakan exfoliating toner malah akan membuat kulit iritasi bahkan rusak.

perawatan wajah alami di rumah

Hydrating Toner

1. Ditepuk-Tepuk

Setelah wajah dibersihkan dan dikeringkan dengan lembut, tuangkan sedikit toner di telapak tangan Anda. Lalu tepuk-tepukkan dengan lembut ke seluruh wajah hingga wajah terasa lembab dan nyaman.

Selain dengan telapak tangan, Anda juga bisa menuang sedikit toner ke kapas wajah lalu ditekankan ke wajah secara lembut. Gunakan ke seluruh area wajah. Mudah sekali bukan, menggunakan hydrating toner?

2. Dijadikan Facial Mist

Selain digunakan sebagai penyegar, hydrating toner juga bisa dijadikan facial mist. Facial mist berguna untuk menyegarkan wajah sebelum mengenakan make up. Dapat pula disemprotkan ke wajah setelah make up terpakai sempurna. Tujuannya agar make up menempel dengan baik dan tahan lama. Serta wajah menjadi lembab dan lebih glowing.

Cara menggunakan hydrating toner sebagai facial mist sangat mudah. Yaitu dengan mencampurkan sedikit air mineral (atau air murni) dan toner ke dalam botol penyemprot.  Ukurannya adalah 2:1. Lalu, voila! Anda tinggal menggunakannya bilamana perlu.

Pilihan Redaksi

3. Dijadikan Masker

Toner masking saat ini sedang trend di kalangan pecinta skincare ala Korea. Anda bisa melakukannya satu hingga dua kali seminggu tergantung kebutuhan kulit Anda. Toner masking bermanfaat untuk membuat wajah lebih segar dan lembab, moist dan glowing. Caranya sangat mudah.

  • Setelah melakukan double cleansing, pakai toner seperti biasa ke seluruh permukaan wajah.
  • Basahi atau rendam kapas wajah di dalam cairan toner yang telah dituang ke dalam wadah.
  • Tempelkan kapas tersebut ke bagian wajah yang ingin dipakaikan masker. Anda dapat menggunakannya ke seluruh permukaan wajah. Atau menyasar daerah tertentu yang membutuhkan perawatan agar lebih lembab. Misalnya dahi atau pipi. Namun sebaiknya tidak melakukan toner masking untuk daerah mata.
  • Jangan tunggu sampai kapas benar-benar kering. Lakukan toner masking sekitar tiga hingga lima menit. Atau sampai kapas terasa agak hangat saat disentuh.
  • Setelah melepas kapas, tepuk lembut permukaan kulit agar sisa produk terserap sempurna. Lalu lanjutkan dengan rangkaian skincare lainnya.

4. Jangan Terlalu Sering Digunakan

Walaupun hydrating toner berfungsi sebagai toner yang melembabkan dan menjaga kadar hidrasi kulit, tetap saja produk ini tidak boleh terlalu sering digunakan. Cukup aplikasikan hydrating toner dua kali dalam sehari, setelah membersihkan wajah.

Terlalu sering menggunakan hydrating toner malah akan membuat kulit bereaksi berlebihan. Misalnya timbul gatal atau kulit kemerahan.

Setelah mengetahui jenis, manfaat serta cara menggunakan toner dengan tepat, Anda pasti tidak akan melewatkan proses menyegarkan wajah dengan produk kecantikan ini. Dengan kulit yang lebih lembab, nyaman dan segar, tentu tampilan wajah akan glowing maksimal serta cerah mempesona. Selamat mencoba.

- Advertisement -spot_img

114 COMMENTS

  1. Hmm it appears like your site ate my first comment (it was
    super long) so I guess I’ll just sum it up what
    I submitted and say, I’m thoroughly enjoying your blog. I
    as well am an aspiring blog writer but I’m still new to the whole thing.
    Do you have any tips and hints for rookie blog writers?
    I’d definitely appreciate it.

    Here is my web site: vpn coupon code 2024

  2. Hello there, I found your blog by way of Google at the same time as searching for a related topic,
    your web site came up, it looks good. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

    Hello there, just changed into aware of your blog
    thru Google, and found that it’s really informative.
    I am gonna be careful for brussels. I’ll appreciate if you proceed this in future.
    Many other people might be benefited out of your writing.
    Cheers!

    my blog – vpn coupon 2024

  3. I simply could not go away your web site before suggesting that I actually loved the
    usual info a person provide to your guests? Is going to be back incessantly
    to check out new posts

    Here is my website :: vpn 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img