Tahan Seharian Menggunakan 7 Cara Agar Make Up Tidak Luntur

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

Pagi meeting hingga siang, dilanjut dengan makan siang bersama klien penting, bahkan bisa berlanjut hingga makan malam. Jika begini, anda butuh cara agar make up riasan anda tidak menimbulkan masalah.

Bagi wanita sibuk seperti Anda yang harus beraktivitas seharian, mengenakan make up yang on point dan tahan sepanjang hari menjadi hal yang penting. 

Bayangkan bagaimana jadinya saat Anda mendadak harus  bertemu klien di siang hari, sementara tidak ada waktu untuk touch up untuk memperbaiki riasan. Make up yang luntur tentu akan menjadikan penampilan Anda terlihat buruk. Karenanya Anda perlu  memikirkan bagaimana caranya agar make up tidak gampang luntur.

Jika tahu triknya, sebenarnya menjaga make up tidak gampang luntur adalah hal yang mudah. Jika anda mengikut 7 langkah yang sudah kami siapkan dibawah ini, Anda akan memiliki make up yang menempel sempurna dan tetap prima hingga penghujung hari.

Pilihan Redaksi

7 Langkah Agar Make Up Tidak Luntur

Mulai  mempersiapkan wajah dengan baik untuk menerima make up, hingga memilih produk make up yang dapat mendukung penampilan Anda. Di bawah ini adalah 7 langkah mudah agar make up tidak mudah luntur dan bisa tahan seharian. Yuk, disimak satu-persatu.

1.     Bersihkan Wajah Dengan Sempurna

Langkah pertama agar make up tidak luntur adalah mempersiapkan wajah sebaik mungkin agar lembab, bersih dan siap menerima riasan. Caranya tentu saja dengan membersihkannya dengan sempurna. 

Anda bisa memulainya dengan menggunakan micellar water atau susu pembersih untuk mengangkat sisa make up dan kotoran di wajah.

Lalu gunakan facial wash agar kelebihan minyak juga terangkat dan wajah bersih sempurna. 

Terakhir gunakan toner untuk melembabkan wajah dan meringkas pori-pori. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan eksfoliasi satu atau dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati dan melegakan pori-pori.

Setelah menggunakan toner sesaat sebelum menggunakan make up, oles wajah dengan es batu, atau gunakan facial mist. Tujuannya agar pori-pori mengecil sehingga make up dapat menempel sempurna. Jangan lupa untuk mengaplikasikan es batu pada mata agar kantong mata mengempis.

2.     Gunakan Pelembab Dan Primer, Bukan Salah Satunya

Ya, benar sekali. Gunakan pelembab sebagai pelindung awal kulit dari kekeringan dan produksi minyak berlebih. 

Pelembab juga akan melapisi kulit dari make up sehingga pori-pori Anda bisa bernapas. Lalu Anda bisa menggunakan primer di atasnya sebagai make up base. Anda sebaiknya menggunakan kedua produk tersebut, bukan salah satunya agar dasar make up menutup dan meratakan warna kulit dengan baik.

Pilih primer yang mengandung SPF, tidak mengandung minyak, dapat mengecilkan pori-pori dan menutup garis halus di wajah. 

Primer juga dapat mencegah make up retak dan memperlihatkan garis-garis di wajah. Terutama pada kerutan di sekitar mata, tulang pipi dan garis tawa. Jangan lupa untuk menggunakan concealer juga agar noda dan kekurangan pada wajah dapat tertutup dengan sempurna.

3.     Double Action Untuk Mata, Pipi Dan Bibir

Kunci selanjutnya agar make up tidak luntur adalah double action untuk riasan pada mata, pipi dan bibir. Untuk area mata lakukan dua kali riasan pada eyeliner dan maskara. Lapisi eyeliner dengan warna senada untuk mendapatkan  garis yang lurus di mata tanpa cela. Hal ini juga untuk mencegah eyeliner mudah luntur saat Anda berkeringat.

Hal yang sama juga berlaku pada maskara. Aplikasikan maskara pada bulu mata dan biarkan mengering. Lalu lapisi kembali untuk membuat efeknya lebih terlihat sekaligus menjaga agar maskara tidak mudah terhapus.

Pada bibir, gunakan lip balm terlebih dahulu agar bibir tidak kering. Setelah itu gunakan lip liner untuk membentuk garis dan isi bibir, lalu oleskan lipstik favorit Anda. Jangan lupa untuk memilih warna lip liner yang senada dengan lipstik agar hasilnya sempurna dan tidak belang.

Anda juga dapat mengunci warna blush on dengan dua kali polesan. Pertama gunakan blush on berbentuk krim, lalu kunci dengan menggunakan bedak tabur. Di atasnya Anda dapat menggunakan blush on lagi, kali ini dengan bentuk bubuk. Sapukan tipis pada pipi dan sedikit pada dagu. Pilih warna blush on krim dan bubuk yang berbeda. Misalnya oranye dan merah muda.

4.     Gunakan Make Up Dengan Formula Waterproof

Memilih make up dengan formula waterproof akan menjaga riasan wajah tidak berantakan saat Anda berkeringat dan berpanas-panasan. 

Make up waterproof memang lebih sulit dibersihkan, terutama pada daerah mata. Namun bila Anda menggunakan micellar water, make up bisa terangkat sempurna, kok.

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun yang diteteskan pada kapas wajah, lalu oleskan ke mata dan permukaan kulit setelah menggunakan micellar water. Tujuannya agar sisa make up terangkat dan kulit kembali lembab.

Khusus untuk riasan mata, jika make up waterproof membuat gatal dan mata Anda iritasi, atau bulu mata kering dan rontok, aplikasikan dahulu make up biasa. Lalu lapisi kembali dengan make up waterproof. Jangan lupa untuk memilih warna yang senada. 

Di siang hari, jika wajah mengeluarkan minyak berlebih Anda bisa menguranginya dengan menekan-nekan wajah menggunakan tisu. Minyak akan terserap dan make up bisa bertahan seperti semula.

5.     Hindari Pelembab Dan Foundation Yang Mengandung Minyak

Hal ini untuk mencegah wajah mudah lepek, berminyak dan licin di siang hari. Pilih pelembab yang berbahan dasar air dan dapat menghidrasi wajah. Terutama bagi Anda yang memiliki kulit kering. Wajah yang terlalu berminyak akan membuat make up belepotan, sementara wajah yang terlalu kering akan membuat make up mudah retak.

Jangan lupa pula untuk memilih warna foundation yang senada dengan warna kulit. Jangan terlalu putih atau malah berwarna lebih gelap dari kulit Anda. Warna foundation dan bedak yang mirip dengan warna kulit wajah akan membuat Anda tampil cantik alami. Sedangkan warna yang lebih putih akan membuat wajah Anda seperti didempul, belang dan tidak natural.

6.     Jangan Lupakan Setting Spray

Setting spray adalah item make up yang dipakai paling akhir setelah semua riasan dibubuhkan pada wajah. Fungsinya adalah memberikan kelembaban pada wajah, mempertahankan make up agar tidak mudah luntur dan mencegah wajah mudah berminyak.

Semprotkan setting spray dengan jarak 30-40 cm agar dapat cipratannya mengenai seluruh wajah secara merata. Tidak terfokus ke satu titik yang malah bisa merusak make up Anda. Setting spray akan membantu make up terlihat flawless, natural dan lebih matte di wajah.

7.     Jangan Sering-Sering Menyentuh Wajah

Ini adalah larangan baku jika Anda sudah memakai make up. Bahkan sebenarnya tanpa make up pun, Anda sebaiknya tidak sering-sering menyentuh wajah. Tangan yang berminyak serta tertempel debu dan kotoran berpotensi membuat make up jadi crack, terhapus dan belang. Tentu akan merepotkan Anda sendiri karena harus memperbaiki make up kembali.

Selain itu kuman dan kotoran akan menempel pada wajah, menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Jika terpaksa harus menyentuh wajah, jangan lupa untuk membersihkan dahulu tangan Anda. Semakin sering Anda menyentuh wajah dengan tangan, semakin cepat pula make up luntur dan berantakan.

Tujuh langkah di atas mudah sekali dilakukan. Jangan lupa pula agar make up tidak luntur, jaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah. Lalu lakukan langkah-langkah merias wajah di atas agar make up sempurna sepanjang hari.

Pilihan Redaksi

    - Advertisement -spot_img

    82 COMMENTS

    1. Do you have a spam issue on this site; I also am a blogger, and I was wanting to know your situation; we have developed some nice methods and we are looking to trade methods with other
      folks, be sure to shoot me an e-mail if interested.

      Here is my site :: vpn coupon 2024

    2. First off I would like to say terrific blog! I had a quick question that
      I’d like to ask if you don’t mind. I was curious to find out how you center yourself and clear your thoughts prior
      to writing. I’ve had a difficult time clearing my thoughts in getting my thoughts out there.
      I do enjoy writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes tend to be lost simply just trying
      to figure out how to begin. Any recommendations or hints?

      Thanks!

      My homepage – vpn special

    3. You are so cool! I don’t think I have read through
      something like that before. So nice to discover somebody with genuine thoughts on this
      subject matter. Really.. many thanks for starting this up.
      This web site is one thing that is required on the web, someone with
      a little originality!

      My page vpn 2024

    4. PBN sites
      We will create a web of private blog network sites!

      Advantages of our self-owned blog network:

      We execute everything so GOOGLE DOES NOT realize that THIS IS A PBN network!!!

      1- We buy web domains from various registrars

      2- The main site is hosted on a virtual private server (Virtual Private Server is high-speed hosting)

      3- Additional sites are on distinct hostings

      4- We designate a unique Google account to each site with confirmation in Search Console.

      5- We design websites on WP, we don’t employ plugins with aided by which malware penetrate and through which pages on your websites are produced.

      6- We refrain from repeat templates and use only distinct text and pictures

      We do not work with website design; the client, if desired, can then edit the websites to suit his wishes

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    Yang Sedang Trending

    Rekomendasi Produkspot_img

    Artikel Terkait Lainya

    - Advertisement -spot_img