Kenapa Dapur Nuansa Hijau Diprediksi Bakal Jadi Tren 2021

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

Jika beberapa tahun belakangan warna-warna monokrom menjadi trend, maka tahun 2021 giliran dapur nuansa hijau yang akan naik daun.

Memiliki dapur yang nyaman, bersih dan enak dipandang pasti akan memuat aktivitas memasak menyenangkan. Seperti halnya bagian rumah yang lain, dapur juga memiliki fungsi penting. Salah satu warna yang menjadi trend di tahun 2021 ini adalah daur nuansa hijau.

dapur nuansa hijau

Untuk dapur nuansa hijau yang cantik, Anda tidak perlu mengubah warna seluruh elemennya. Anda dapat mengaplikasikan warna hijau pada dinding atau kabinet dapur. Anda juga boleh-boleh saja menggunakan nuansa hijau pada lantai atau aksesoris tambahan lainnya. Misalnya spatula set, toples bumbu atau meja racik.

Cara lain untuk memberikan nuansa hijau yang segar di dapur adalah dengan menempatkan pot tanaman. Sayur-sayuran imut seperti selada, seledri dan lidah buaya akan menambah kesegaran mata saat memandang dapur. Selain juga dapat dimanfaatkan langsung dalam proses memasak atau dijadikan sumber oksigen.

Selain beberapa saran di atas, paling tidak ada 5 alasan kenapa dapur dengan nuansa hijau patut menjadi pertimbangan Anda tahun ini.

Dapur Nuansa Hijau Mampu Memberi Kesan Segar Dan Hangat

Hijau adalah warna sekunder yang berasal dari campuran antara warna kuning dan biru. Elemen kuning yang ceria, hangat dan bersemangat menyatu dengan biru yang membawa kesan tenang dan segar. Tak heran jika Rachel Street, seorang Interior Designer asal AS memilih hijau untuk dapur dengan kesan segar dan hangat.

Hijau juga identik dengan alam terbuka, dedaunan dan tanaman yang memanjakan mata. Maka jika ingin menjadikan dapur sebagai tempat yang lebih nyaman, warna hijau dan gradasinya dapat menjadi pilihan Anda.

Dapat Mengimbangi Warna-Warna Yang Monoton

Hijau ternyata cocok dipadupadankan dengan berbagai jenis warna. Hijau memberi kesan yang lebih hidup saat dipadukan dengan warna-warni monokrom. Lemari kabinet berwarna abu-abu yang pucat akan lebih hidup dengan aksen les hijau pada pintu dan laci-lacinya.

Hijau juga cocok dipadukan dengan warna tanah seperti coklat, mustard, orange bata, dll. Anda dapat memadukan warna-warna tersebut dengan berbagai jenis gradasi hijau untuk membawa kesan alami yang segar di dapur.

Dapat Menutupi Noda

Salah satu kelebihan warna hijau adalah dapat menutupi noda di dapur, terutama pada kabinet, meja racik dan meja makan. Menurut Stephanie Pierce, Direktur desain dan tren MasterBrand Cabinets, pilih warna hijau yang cenderung gelap atau redup.

Warna hijau daun, hijau army, hijau lumut dan tosca adalah gradasi hijau yang cocok untuk menyamarkan noda di dapur. Namun ingatlah untuk tidak terlalu banyak menggunakan jenis warna yang gelap ini. Jika berlebihan dapur Anda malah akan terkesan suram dan gelap.

Membawa Semangat Dan Lebih Cerah

Masih ingat dengan unsur kuning yang ceria pada warna hijau? Ya, unsur itulah yang membawa kesan cerah dan membakar semangat pada warna hijau.

Anda dapat menggunakan warna hijau elektrik, hijau pupus, hijau alpukat dan hijau muda untuk kesan ceria. Gunakan maksimal dua jenis gradasi warna saja agar dapur tidak terlalu ramai. Terutama dapur minimalis dengan luas ruang terbatas.

Dapur Nuansa Hijau Dapat Meredakan Stres

Menggunakan warna-warna hijau yang lembut juga dapat membawa ketenangan dan diyakini dapat meredakan stress. Pilih warna teal atau hijau mint untuk kesan tenang yang segar dan beragam. Untuk kesan natural yang menenangkan, hijau zaitun adalah pilihan yang tepat.

Jenis Warna Hijau Yang Akan Jadi Tren 2021

Di tahun ini warna-warna monokrom seperti putih, abu-abu dan hitam masih akan menjadi pilihan.  Sementara hijau yang naik daun akan memberi warna yang lebih ‘bernyawa’ pada rumah dengan desain dapur monokrom.

Ternyata tidak semua warna hijau akan jadi tren sepanjang tahun 2021. Lima jenis gradasi warna hijau di bawah ini diprediksi akan banyak dilirik untuk warna dapur yang menarik tahun ini.

Hijau Tosca

Hijau tosca adalah perpaduan antara warna hijau dan biru. Cenderung gelap dan memiliki kesan tenang karena merupakan warna lautan atau samudera. Secara alami warna ini bisa ditemukan pada batu pirus yang aslinya berasal dari Turki.

Warna hijau tosca cocok dipadukan dengan abu-abu, putih tulang, coklat dan krem. Beberapa orang malah memadukan tosca dan pink atau ungu, namun keduanya lebih sering dipakai pada dekorasi kamar tidur.

Teal

Teal adalah versi gelap dari warna hijau tosca. Warna ini merupakan campuran antara biru dan hijau yang digelapkan dengan mencampurkan sedikit warna hitam dan abu-abu. Teal sangat cocok dipadukan dengan warna abu-abu, putih, krem dan merah karang.

Hijau Mint

Hijau mint adalah jenis hijau yang terang dan lembut. Warna ini memberikan kesan ceria, segar dan tenang. Hijau mint sempat populer beberapa tahun lalu pada produk fashion dan tahun ini kembali dilirik untuk desain dapur yang lebih segar.

Anda dapat memadukan hijau mint dengan putih atau krem untuk menciptakan suasana dapur yang lebih segar, cerah dan lebih adem.

Hijau Gelap

Warna hijau gelap juga disebut dengan nama hijau tua atau forest green. Warna ini cenderung lebih dalam daripada original green. Hijau gelap memberi kesan lebih dalam dan tenang saat dipadukan dengan putih, krem dan coklat.

Hijau Zaitun

Warna hijau zaitun atau olive green adalah perpaduan antara hijau, coklat dengan kesan keemasan. Warna ini sangat populer dalam desain ruangan termasuk dapur. Olive green termasuk warna yang hangat, alami dan tenang.

Anda dapat memadukannya dengan coklat tua atau muda, putih, dan krem. Untuk dapur yang lebih ceria namun tetap terkesan tenang, Anda bahkan sah-sah saja memadukan hijau zaitun dengan sedikit kuning.

Ternyata pilihan untuk dapur nuansa hijau cukup luas dan beragam. Dengan kreativitas dan sedikit keberanian dalam memadukan warna, Anda akan mendapatkan dapur hijau yang tidak monoton dan lebih adem. Selamat mencoba.

- Advertisement -spot_img

31 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img