7 Alasan Kenapa Vegan Skincare Lebih Baik Untuk Anda

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

Vegan skincare saat ini sedang happening di kalangan pecinta produk alami. Selain memiliki berbagai kelebihan, jenis skincare ini juga dinilai lebih baik untuk kulit.

Memilih produk perawatan kulit bukan hanya dengan memperhatikan jenis dan masalah kulit yang Anda alami. Bahan pembuat, kandungan serta dampaknya secara luas juga menjadi poin penting. Di sisi inilah vegan skincare hadir dan menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan.

Ayo Berkenalan Dengan Vegan Skincare

Vegan skincare semakin dilirik publik beberapa tahun belakangan ini. Diikuti pula dengan gaya hidup sehat dan mendukung kelestarian alam yang semakin marak dijalankan masyarakat.

Produk ini merupakan kosmetika dan produk kecantikan yang tidak menggunakan bahan hewani. Baik produk utama maupun turunannya. Seperti beeswax, kolagen, gelatin, lanolin, dll.

vegan skincare

Seperti namanya, vegan skincare hanya memakai bahan-bahan dari tumbuhan. Baik akar, buah, daun ataupun bunganya.

Produk kecantikan ini tidak terbatas hanya kepada perawatan kulit saja. Namun juga kosmetik seperti lipstik, bedak dan alat kecantikan lainnya. Jenis skincare ini juga diklaim lebih aman bagi kulit dan ramah lingkungan.

Perbedaan Vegan Skincare, Natural Skincare Dan Cruelty-Free Skincare

Walaupun mirip, namun ada perbedaan antara vegan skincare, natural skincare dan cruelty-free skincare. Namun ketiganya membawa satu filosofi yang sama: produk yang berasal dari alam, ramah lingkungan dan lebih aman di kulit.

Natural skincare adalah produk perawatan kulit yang mengklaim hanya memakai bahan-bahan alami. Beberapa produk natural skincare masih menggunakan bahan hewani, namun seminimal mungkin menggunakan bahan-bahan kimia tambahan.

Sedangkan vegan skincare benar-benar bebas dari bahan hewani dan turunannya. Kalaupun ada beberapa zat yang bernama atau berfungsi sama, tidak diambil dari hewan melainkan dari tumbuhan.

Cruelty-free skincare juga memiliki semangat yang sama dengan vegan skincare. Yaitu menentang eksploitasi berlebihan terhadap hewan dalam industri kosmetika. Namun jika vegan skincare merujuk kepada kandungan bahan, maka cruelty-free skincare merujuk kepada proses pembuatannya.

Jenis produk ini menjamin tidak ada eksploitasi, kekejaman dan penggunaan hewan sebagai alat percobaan dalam proses pembuatannya. Cruelty-free skincare mungkin saja masih mengandung bahan-bahan hewani atau turunannya. Namun yang jelas tidak dengan menyakiti atau mengambil secara berlebihan.

7 Alasan Kenapa Vegan skincare Lebih Baik

Nah, setelah mengenal lebih jauh tentang jenis skincare ini, Anda tentu penasaran kenapa vegan skincare digadang-gadang lebih baik daripada jenis skincare lainnya. Agar lebih jelas, berikut adalah 7 alasan kenapa skincare ini lebih baik untuk Anda gunakan.

Kaya Vitamin Dan Antioksidan

Tumbuh-tumbuhan kaya akan sumber vitamin dan antioksidan. Sebut saja lemon, rosella, berbagai jenis beri, dll. Kandungan vitamin C dan E alami di dalam tumbuhan dapat membantu melawan radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen serta menghambat penuaan dini.

Hal inilah yang diunggulkan oleh vegan skincare. Berbagai vitamin dan zat penting untuk kulit seperti shea butter dan cocoa butter akan Anda dapatkan di dalamnya.

Beberapa antioksidan terbaik di dalam skincare ini seperti minyak argan, minyak biji kamelia dan badam. Sedangkan kulit bermasalah dapat diatasi dengan tea tree oil, aloe vera dan witch hazel.

Asam Lemak Dari Tumbuhan Jauh Lebih Baik Dari Asam Lemak Hewani

Tidak hanya kulit, tubuh pun membutuhkan asam lemak untuk metabolisme dan ketahanan tubuh. Namun siapa sangka, ternyata kandungan asam lemak esensial di dalam tumbuhan jauh lebih baik daripada asam lemak hewani.

Contoh asam lemak esensial tersebut misalnya linoleic acid yang ampuh melawan jerawat, melembabkan kulit, mengurangi produksi minyak di wajah dan memperlambat timbulnya kerutan.

Selain itu ada jojoba oil yang teksturnya mirip dengan sebum yang diproduksi kulit. Sebum ini berguna untuk memperbaiki kerusakan pada barrier atau permukaan kulit.

Asam lemak dari tumbuhan berfungsi sebagai emolien alami bagi kulit. Yaitu dengan cara membentuk lapisan pelindung untuk mencegah air keluar dari lapisan kulit. Sifat emolien ini sering ditemukan pada produk pelembab.

Lebih Ramah Di Kulit, Termasuk Kulit Sensitif

Vegan cosmetics and skincare sangat efektif melindungi kulit dari pengaruh lingkungan. Hal ini akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Vegan skincare mengambil kandungan phytochemicals dari tumbuhan. Zat ini adalah senyawa penting yang melindungi tumbuhan dari sinar UV, cuaca dan suhu ekstrim, kekeringan dan tekanan lingkungan.

Bagi kulit sensitif, senyawa ini juga sangat efektif dalam melindungi kulit dari paparan polusi dan radikal bebas. Termasuk menjaga kadar air agar kulit terhindar dari dehidrasi.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dapat menggunakan produk vegan yang mengandung polifenol dan vitamin E, jojoba oil dan borage skin oil. Bahan-bahan yang menghasilkan zat-zat tersebut misalnya gandum, tea tree dan aloe vera.

Namun jangan lupa untuk melakukan test skin terlebih dahulu. Karena walaupun produk vegan diklaim paling ramah terhadap kulit sensitif, kulit Anda tetap membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Bebas Bahan-Bahan Berbahaya

Pada dasarnya, kosmetika apapun akan mengandung bahan kimia. Termasuk kosmetika vegan. Namun kandungan kimia di dalam produk vegan sangat sedikit dan tidak berbahaya.

Produk perawatan kulit vegan tidak mengandung hydroquinon, mercury dan bahan berbahaya lainnya. Hal ini dikarenakan konsep yang diusung juga lebih alami.

Kosmetik vegan lebih cenderung berfungsi untuk menyehatkan, melindungi dan membuat kulit nyaman. Bukan hanya memutihkan kulit atau membuat kulit bebas jerawat dan flek hitam. Itu sebabnya produk vegan lebih aman dan cocok digunakan dalam jangka waktu panjang.

Membantu Menyelamatkan Alam Dari Kerusakan

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu semangat yang diusung produk-produk vegan adalah kelestarian lingkungan. Secara tidak langsung, Anda akan membantu menyelamatkan alam dari kerusakan jika menggunakan produk ini.

Laut adalah ekosistem alami yang paling terdampak oleh pesatnya industri kosmetik. Contohnya penangkapan hiu dan pari yang meningkat untuk diambil hatinya.

Squalene dari hati ikan hiu merupakan zat ajaib yang mampu menghilangkan kerutan dan tanda penuaan dini. Selain juga sangat bermanfaat bagi otak dan jantung.

Produk vegan memakai zat alternatif untuk squalene yang disebut squalane. Squalane diperoleh dari hasil ekstraksi biji amaranthus, tebu dan zaitun.

Ternyata zat ini jauh lebih stabil sehingga bisa disimpan lebih lama. Squalane juga lebih mudah diterima kulit dan minim reaksi alergi.

Beberapa zat lain  yang berasal dari hewan juga digantikan oleh zat alami yang berasal dari tumbuhan. Inilah yang membuat produk vegan lebih ramah dan lebih aman bagi alam.

Lebih Mudah Diterima Tubuh

Bukan hanya soal skincare, bahkan dalam hal makanan pun hal ini terbukti. Makanan dengan bahan dasar hewani lebih mungkin untuk ditolak tubuh. Bukan hal yang asing lagi jika kita mencari sumber makanan alternatif, vitamin bahkan obat-obatan dari tumbuhan.

Hal tersebut juga berlaku terhadap produk perawatan kulit. Produk dengan bahan dasar yang berasal dari tumbuhan akan lebih mudah diterima oleh tubuh. Hasilnya pun akan lebih optimal.

Menurut dr. Sepriani T. Limbong dari Klikdokter, bukan berarti semua animal product itu tidak baik. Namun produk dari tanaman akan lebih mudah diserap oleh kulit. Juga lebih aman terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Tidak Menyebabkan Reaksi Alergi

Reaksi alergi timbul sebagai reaksi tubuh terhadap suatu zat yang masuk ke dalamnya. Reaksi ini lazim terjadi pada pemakaian kosmetika atau konsumsi obat atau suplemen tertentu. Termasuk juga asupan makanan dan minuman yang tidak cocok dengan tubuh terutama pencernaan.

Pada penggunaan kosmetika dan produk perawatan kulit, reaksi alergi bisa timbul dalam bentuk gatal-gatal. Kulit memerah, bentol dan ruam, hingga radang.

Sebagai produk yang diklaim lebih mudah diserap tubuh dan lebih bersahabat untuk kulit sensitif, tentu vegan skincare juga tidak menyebabkan reaksi alergi.

Dari paparan di atas Anda tentu bisa menilai, apakah vegan skincare memang lebih unggul dibandingkan produk perawatan kulit jenis lain. Anda juga bisa mempertimbangkan manfaatnya.Namun sebelum memilih jenis produk vegan yang akan Anda gunakan, pastikan Anda mengetahui jenis dan masalah kulit yang Anda hadapi. Hal ini agar jenis skincare yang dipilih lebih tepat dalam mengatasi masalah kulit Anda.

- Advertisement -spot_img

68 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img