7 Manfaat Serum Wajah Yang Mungkin Anda Belum Ketahui

Artikel Serupa

Wiwit Widiastuti
Wiwit Widiastuti
Ibu dari satu anak (Insya Allah sebentar lagi 2). Lulusan FK Unpad yang punya hobi membaca dan menulis, sehingga suka menuangkan pengetahuan yang dipunya menjadi sebuah tulisan.

Kulit memerlukan nutrisi agar tetap sehat dan terawat. Serum wajah adalah salah satu produk skincare yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Serum wajah adalah salah satu produk skincare yang kini banyak digunakan. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan serum wajah dan mungkin sudah memakai serum sebagai bagian dari skincare rutin anda.

Namun, apakah anda sudah tahu berbagai manfaat serum wajah? Apalagi sekarang banyak sekali jenis serum wajah yang beredar di pasaran.

Brand kecantikan seakan berlomba-lomba untuk memproduksi serum wajah dengan berbagai kandungan yang dapat menyehatkan kulit. Serum dapat bekerja lebih cepat karena mengandung konsentrasi bahan aktif yang cukup tinggi.

Berbagai masalah kulit pun dapat teratasi dengan memakai serum yang tepat. Nah, apa saja manfaat serum wajah? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

7 Manfaat Serum Wajah

manfaat serum wajah

Serum merupakan salah satu produk skincare berbentuk cairan dengan tekstur yang ringan sehingga mudah diserap. Umumnya, serum tidak mengandung minyak. Serum mengandung berbagai bahan aktif dengan konsentrasi yang cukup tinggi untuk menutrisi kulit.

Beberapa kandungan serum antara lain hyaluronic acid, retinol, niacinamide, asam kojic, antioksidan, anti aging, dan berbagai vitamin dan mineral.  Berikut adalah 7 manfaat serum wajah sebagai perawatan kulit anda:

1. Menyamarkan bintik hitam

Radiasi ultraviolet dari sinar matahari serta bertambahnya usia dapat menyebabkan timbulnya flek hitam dan bintik hitam di wajah. Hal tersebut membuat warna kulit tampak tidak merata. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan serum wajah. Kandungan asam glikolat pada serum mampu membantu menyamarkan bintik hitam.

Asam glikolat berfungsi untuk mengeskfoliasi kulit. Dengan begitu, sel-sel kulit mati cepat terangkat dan digantikan sel-sel kulit yang baru. Proses regenerasi kulit tersebut membantu meratakan warna kulit dan kulit akan terasa lebih lembut.

Tak hanya asam glikolat yang berfungsi untuk menyamarkan bitnik hitam. Beberapa bahan lain yang dapat memudarkan bintik hitam di wajah antara lain vitamin C, asam azelaic, alpha arbutin, dan asam kojic.

2. Mengencangkan kulit

Pertambahan usia menyebabkan kulit mengalami tanda-tanda penuaan. Kerutan dan garis halus mulai muncul seiring dengan bertambahnya usia. Kelembaban kulit pun berkurang sehingga kulit menjadi lebih kendor. Kandungan hyaluronic acid, peptide, vitamin C, serta vitamin E pada serum dapat membantu mengatasi masalah ini.

Beberapa bahan tersebut terbukti dapat membantu menjaga kelembaban kulit, mengembalikan elastisitas kulit, serta merangsang produksi kolagen. Dengan begitu, kulit akan menjadi lebih kencang dan mengurangi kerutan pada kulit.

3. Mengatasi jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang sering muncul dan mengganggu. Jerawat disebabkan oleh bakteri penyebab jerawat, serta tertutupnya pori-pori oleh kotoran atau minyak berlebih. Berbagai kandungan serum wajah terbukti dapat mengatasi jerawat dengan efektif. Benzoil peroksida dan asam salisilat adalah dua bahan yang terbukti ampuh mengatasi jerawat.

Benzoil peroksida bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat serta membantu membersihkan pori-pori. Sedangkan asam salisilat berfungsi untuk meredakan peradangan pada jerawat dan membersihkan pori-pori sehingga tidak tersumbat. Anda juga bisa memilih serum yang mengandung zinc, green tea, retinol, dan glycolic acid untuk mengatasi jerawat yang membandel.

4. Mengangkat sel kulit mati

Kulit mengalami regenerasi setiap 14-28 hari. Dalam proses regenerasi ini, sel-sel kulit mati akan terangkat dan digantikan oleh sel-sel kulit yang baru. Akan tetapi, sel-sel kulit mati dapat menumpuk dan menyumbat pori-pori apabila tidak dibersihkan.

Pori-pori kulit yang tersumbat bisa menyebabkan munculnya komedo dan jerawat Oleh karena itu, anda perlu melakukan eksfoliasi kulit secara rutin untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Manfaat lain dari serum yang bisa anda dapatkan adalah eksfoliasi kulit, yaitu mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan AHA dan BHA dalam serum wajah dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Serum dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit, maka kulit akan terasa halus, bersih, dan sehat. Namun, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi karena bisa membuat kulit anda iritasi, cukup 2-3 kali saja dalam seminggu.

5. Memudarkan bekas jerawat

Jerawat tidak hanya mengganggu ketika muncul, bekasnya pun dapat mengganggu penampilan. Bekas jerawat bisa berupa flek hitam, kemerahan bahkan meninggalkan jaringan parut atau yang disebut keloid. Untuk bekas jerawat yang berupa flek hitam, anda bisa mengatasinya menggunakan serum penghilang bekas jerawat.

Beberapa zat aktif dalam serum wajah yang berfungsi untuk memudarkan bekas jerawat, yaitu niacinamide, alpha arbutin, dan lactic acid. Beberapa zat aktif tersebut dapat mengurangi pigmentasi yang menyebabkan timbulnya flek hitam pada kulit.

6. Melembabkan kulit

Manfaat lain dari serum adalah untuk melembabkan kulit. Menjaga kelembaban kulit tidak hanya diperlukan untuk jenis kulit kering saja. Kulit yang berminyak pun tetap harus menjaga kelembaban kulit. Dengan begitu, kulit tidak akan dehidrasi.

Kandungan dalam serum wajah yang ampuh untuk menjaga kelembaban adalah hyaluronic acid, vitamin E, serta niacinamide. Beberapa zat aktif tersebut juga membantu menyeimbangkan produksi minyak alami kulit sehingga tidak berlebih. Dengan begitu, kelembaban kulit akan terjaga dan kulit terasa kenyal.

7. Mencerahkan kulit

Setiap orang pasti ingin mempunyai kulit yang cerah dan glowing. Tentu saja hal ini tidak bisa didapatkan secara instan. Anda perlu melakukan perawatan kulit, salah satunya adalah dengan memakai serum pencerah kulit.

Beberapa zat aktif dalam serum yang berfungsi untuk mencerahkan kulit adalah vitamin C, kojic  acid, niacinamide, alpha arbutin, glutathione, dan retinol.

Beberapa zat aktif tersebut bekerja dengan menghambat pembentukan melanin sehingga mencegah munculnya noda kehitaman pada kulit. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan sehingga kulit aman dari radikal bebas. Dengan rutin memakai serum pencerah kulit ini, maka wajah anda pun akan glowing.

Setelah mengetahui segudang manfaat dari serum, apakah anda jadi tertarik untuk memakai serum? Sebelum menentukan jenis serum yang akan anda pakai, jangan lupa untuk memeriksa jenis kulit dan masalah kulit apa yang anda alami.

Jika ingin mencoba serum baru, sebaiknya beli dengan ukuran yang kecil dulu dan coba apakah cocok atau tidak. Jika  sudah memakai berbagai serum dengan rutin tetapi permasalahan kulit tetap membandel, sebaiknya periksakan ke dokter kulit ya.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img