9 Tips Rahasia Cara Menjaga Kesehatan Kulit Bocoran Para Ahli

Artikel Serupa

Wiwit Widiastuti
Wiwit Widiastuti
Ibu dari satu anak (Insya Allah sebentar lagi 2). Lulusan FK Unpad yang punya hobi membaca dan menulis, sehingga suka menuangkan pengetahuan yang dipunya menjadi sebuah tulisan.

Setiap orang tentu ingin kulit yang sehat. Namun, kulit yang sehat tidak bisa didapatkan secara instan. Dibutuhkan konsistensi dan komitmen untuk menjaga kesehatan kulit. 

Pada dasarnya, kulit adalah bagian tubuh terbesar yang terletak di bagian paling luar tubuh kita. Selain berfungsi sebagai mekanisme pertahanan tubuh yang pertama, kulit juga berfungsi melindungi tubuh dari paparan zat berbahaya saat kita beraktivitas sehari-hari.

Mulai dari polusi, debu hingga paparan sinar ultraviolet dari teriknya matahari. Itu kenapa, kulit adalah bagian tubuh yang paling rentan terinfeksi bakteri, jamur, dan mikroorganisme yang berbahaya lainnya. 

Setelah mengetahui ini, Anda perlu melakukan berbagai upaya untuk melindungi kulit agar senantiasa sehat dan terawat. Kulit yang sehat ditandai dengan kelembaban yang terjaga, kulit terasa kenyal, serta warna kulit merata. 

Nah, bagaimana ya cara menjaga kesehatan kulit? Yuk, simak penjelasan di bawah.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat akan membuat Anda tampil lebih percaya diri, serta menjauhkan anda dari berbagai masalah kulit. Sebagian orang biasanya hanya fokus pada produk untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, menggunakan skincare hanyalah satu dari banyak tips lain untuk merawat kulit, lho

Dari yang sering kami temui, masih banyak yang belum paham dan mengabaikan cara menjaga kesehatan kulit yang benar. 

Artikel ini akan membuat anda lebih ahli dalam menjaga kesehatan kulit. Mari kita simak beberapa tips menjaga kesehatan kulit berikut ini:

1. Rutin Memakai Skincare yang Tepat

Kulit memerlukan produk perawatan untuk membersihkan kulit dari kotoran, melembabkan, memberikan nutrisi yang diperlukan, serta melindungi kulit dari radiasi sinar matahari.

Kulit melakukan regenerasi setiap kurang lebih 28 hari. Hal itu bisa menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk sehingga perlu dilakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar tidak menyumbat pori-pori. Oleh karena itu, Anda perlu memakai produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pakailah skincare dengan rutin pada siang dan malam hari.

cara menjaga kesehatan kulit

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Beberapa jenis makanan bisa membuat kulit menjadi kusam dan memicu tumbuhnya jerawat. Beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari adalah makanan manis yang mengandung tinggi gula seperti kue, biskuit, permen, dan minuman bersoda.

Makanan yang berminyak dan mengandung lemak tidak sehat juga bisa memicu timbulnya jerawat. Jadi, hindari konsumsi gorengan dan makanan siap saji karena umumnya mengandung lemak dan karbohidrat yang terlalu tinggi.

Sebaiknya, Anda memilih makanan yang mengandung protein, serat, vitamin, mineral, serta lemak sehat yang amat dibutuhkan kulit. Beberapa contoh makanan yang baik untuk kulit adalah:

Ubi jalar

Ubi jalar mengandung beta karoten yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi ultraviolet sinar matahari. Selain itu, beta karoten juga berfungsi untuk mencegah tanda penuaan dini seperti kulit kering dan keriput.

Tomat

Tomat mengandung sebuah zat yang bernama likopen. Fungsi likopen bagi kulit adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Ikan

Beberapa jenis ikan, seperti ikan salmon, tuna, ikan kembung, dan ikan tongkol mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kulit. Asam lemak omega-3 berfungsi untuk menjaga kulit agar lembab dan kenyal, serta mampu mengurangi peradangan pada kulit.

Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi kulit dari kerusakan. Namun, tentu saja tidak dicampur dengan banyak gula ya.  Lebih baik konsumsi teh hijau murni.

Masih banyak jenis makanan yang baik untuk kulit. Yang terpenting adalah memilih makanan dengan gizi seimbang dan konsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari ya.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan

Kurangnya cairan tubuh tidak hanya membuat Anda merasa lemas. Dehidrasi juga berdampak buruk bagi kulit. Kulit yang kekurangan cairan akan terasa kering, kasar, bersisik, dan memicu munculnya tanda penuaan dini seperti keriput. Oleh karena itu, selalu cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas setiap hari ya.

4. Tidur yang Cukup

Kurang tidur akan membuat munculnya lingkaran hitam di sekitar mata alias mata panda. Tidur juga mempunyai banyak manfaat bagi kulit. Selama Anda tidur, kulit akan melakukan regenerasi untuk mengganti sel-sel kulit mati menjadi sel kulit baru. Selain itu, kurang tidur juga dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga merusak kolagen kulit. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan tidur selama 6-8 jam setiap harinya.

5. Kelola Stress

Banyak masalah kulit yang bisa muncul akibat stres yang berlebihan. Saat stress, tubuh akan memproduksi hormon stres yang disebut kortisol. Hormon ini memicu produksi minyak menjadi lebih banyak. Produksi minyak yang berlebih, ditambah dengan debu, kotoran, dan sel kulit mati yang menumpuk bisa menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan tumbuhnya jerawat dan komedo.

Selain itu, beberapa masalah kulit seperti eksim, psoriasis, dan biduran juga dipicu oleh stres. Saat stres, tubuh juga menghasilkan suatu senyawa kimia yang bisa membuat kulit menjadi sensitif. Akibatnya, kulit akan terasa gatal dan tanpa sadar Anda akan sering menggaruk kulit.

Dengan demikian, Anda perlu belajar mengelola stres agar tidak berlarut-larut dan mengganggu kesehatan Anda ya.

6. Hindari Rokok

Anda pasti sudah tahu bahwa rokok mengandung banyak zat yang bisa berbahaya bagi tubuh. Tak hanya paru-paru yang dapat rusak oleh rokok, kulit pun bisa rusak karena rokok. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat merusak kolagen kulit. Kolagen berfungsi menjaga kulit agar tetap kencang dan kenyal. Jika kolagen rusak, maka kulit akan kendur dan mudah muncul kerutan. Jika Anda merokok, saran saya cobalah untuk berhenti untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit Anda.

7. Hindari Alkohol

Alkohol mempunyai banyak efek negatif bagi kulit. Alkohol menyebabkan produksi kolagen berkurang. Akibatnya, regenerasi kulit tidak maksimal dan memicu munculnya kerutan pada kulit. Selain itu, alkohol menyebabkan pembuluh darah melebar, sehingga mengakibatkan kulit menjadi tampak kemerahan.

Sering mengkonsumsi alkohol juga menyebabkan kerusakan hati. Hati adalah organ yang penting untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Jika hati rusak, maka Anda akan sakit dan kulit menjadi berwarna kuning. Dengan banyaknya efek negatif yang ditimbulkan, sebaiknya Anda menghindari konsumsi alkohol.

8. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet A dan B. Radiasi UV A dan UV B tersebut bisa menyebabkan kerusakan kulit, yaitu sunburn, flek hitam, dan kanker kulit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memakai sunscreen setiap hari, walau cuaca mendung. Radiasi ultraviolet tetap bisa menembus walau cuaca mendung. Begitu juga jika Anda beraktivitas di rumah, sebaiknya tetap memakai sunscreen karena sinar matahari mampu masuk melalui jendela atau celah-celah ventilasi.

9. Rutin Olahraga

Olahraga tak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Olahraga akan membuat peredaran darah menjadi lancar. Dengan begitu, suplai oksigen dan nutrisi bagi kulit pun tercukupi. Olahraga juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang berperan dalam menjaga kekencangan kulit. Tak hanya itu, saat olahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang membuat Anda menjadi lebih bahagia dan menurunkan tingkat stres.

Nah, itulah beberapa tips menjaga kesehatan kulit dari para ahli. Tips nomor berapa saja yang sudah rutin Anda lakukan? Yuk, mulai rutinkan pola hidup sehat seperti di atas untuk menjaga kesehatan tubuh serta kulit. Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas, tetapi masalah kulit tetap membandel, sebaiknya konsultasi dengan dokter kulit ya.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img