Kasar dan Mengelupas? Intip 11 Tips Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Ini

Artikel Serupa

Marzha Rezqyta
Marzha Rezqyta Putri Anindhita adalah seorang Istri Rumah Tangga lulusan Sastra Inggris, Universitas Padjadjaran tahun 2020, dan kini sedang meniti karir di bidang penulisan. Profesi Copywriter sudah ia geluti sejak setahun yang lalu.

Kulit merupakan bagian terluar tubuh manusia yang berfungsi untuk melindungi kita dari berbagai bahaya yang mengintai organ vital. Namun, setiap orang mungkin memiliki jenis kulit yang berbeda. Totalnya ada 5 tipe kulit manusia, yaitu kulit normal, berminyak, sensitif, kombinasi, dan kulit kering. Jika Anda termasuk pemilik jenis kulit kering, dan sedang mengalami masalah kulit kasar atau mengelupas, maka  Artikel ini untuk Anda.

Macam-macam Penyebab Kulit Kering

Kulit kering tidak terjadi begitu saja. Secara garis besar, ada dua faktor yang melatarbelakanginya, yaitu faktor genetik (turunan atau bawaan lahir) maupun non-genetik seperti yang diuraikan di bawah ini:

  • Cara Mandi yang Kurang Tepat

Mandi air panas, terutama di petang hari memang sangat menyenangkan dan membuat rileks, ya? Namun jika Anda memiliki jenis kulit wajah yang kering, sebaiknya hindari hal ini. Air yang terlalu panas dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan kasar. 

  • Kelembaban Udara atau Cuaca

Kulit wajah memiliki sensitivitas terhadap rangsangan sekitar, salah satunya tingkat kelembaban udara dan perubahan cuaca. Saat kelembaban udara atau suhu sedang menurun, kulit akan kehilangan kelembabannya. Begitu pula saat cuaca sedang terik, kulit akan jadi semakin kering dan bersisik. Karena udara dan cuaca bukanlah hal yang bisa dikendalikan, maka jika saat ini tiba, gunakanlah pelembab.

  • Terlalu Sering Mencuci Wajah

Mungkin Anda berpikir bahwa dengan semakin sering mencuci wajah, maka kulit wajah akan semakin lembab karena sering terkena air. Sayangnya, efek yang akan terjadi justru terbalik. Hal ini dapat terjadi karena minyak alami kulit akan berkurang seiring Anda sering membasuh wajah. Padahal, kulit wajah juga membutuhkan minyak ini sebagai pelembab alami.

  • Sabun atau Pelembab yang Tidak Cocok

Sangat penting untuk memiliki product knowledge sebelum memutuskan untuk membeli barang apapun, termasuk skincare. Jika salah beli, atau memaksakan membeli pelembab dan sabun muka yang tidak sesuai dengan karakteristik kulit, maka siap-siap untuk mendapati kulit yang makin kering dan kasar.

  • Faktor Usia

Nah, kalau faktor yang satu ini memang tidak bisa dipungkiri, yaa. Bagaimanapun manusia akan menua dan kondisi kulit juga akan berubah. Saat memasuki usia 30-an kulit Anda akan mulai bertambah kering. Hal ini karena seiring bertambah usia, maka semakin berkurang kemampuan kulit dalam regenerasi, dan butuh bantuan dari luar.

Atasi Kulit Kering dengan Cara Ini

Semua penyebab kulit wajah kering di atas sebetulnya dapat diatasi dengan beberapa cara dan kebiasaan sederhana. Tidak perlu ke dokter atau melakukan tindakan berat pada wajah. Anda cukup melakukan hal-hal ini. 

cara mengatasi kulit wajah kering
  1. Mandi Air Dingin dengan Waktu Singkat

Jika mandi dengan air panas dapat menyebabkan kulit semakin mengering, maka solusi yang dapat Anda lakukan adalah mandi dengan air dingin. Kalau pun ingin menggunakan air hangat, usahakan agar suhunya tidak terlalu panas. Selain itu, 8-10 menit sudah menjadi durasi mandi yang cukup, agar air di tubuh tidak kembali menguap.

  1. Keringkan Kulit secara Benar

Apakah Anda termasuk orang yang gemar menggosok kulit dengan handuk secara kencang setiap selesai mandi atau mencuci muka? Kalau iya, baik nya Anda mulai menghentikan kebiasaan ini. Menggosok kulit dengan keras dapat mengikis lapisan kulit dan membuatnya lebih kering. Cukup tepuk-tepuk handuk ke kulit untuk mengeringkan air dan jangan menggosoknya, yaa.

  1. Humidifier Patut Dicoba

Bukan cuma memiliki bentuk yang unik dan beragam, ternyata Humidifier punya beberapa manfaat, salah satunya untuk melembabkan udara di ruangan Anda berada. Jadi saat udara sedang terasa kering, Anda bisa memanfaatkan alat ini untuk meningkatkan kelembaban udara di sekitar Anda.

  1. Batasi Waktu Mencuci Wajah

Terlalu sering mencuci wajah dapat mengakibatkan berkurangnya produksi sebum dan membuat kulit mengering. Oleh karena itu, cukup cuci wajah Anda sebanyak 2x sehari. Namun, bagi Anda yang beragama Islam dan wajib berwudhu 5x sehari, sebaiknya jangan gunakan sabun muka saat berwudhu.

  1. Jangan Asal Pakai Pembersih Wajah

Jika Anda telah beraktivitas seharian di luar rumah, apalagi menggunakan makeup, membersihkan wajah sebelum tidur adalah hal yang wajib. Namun, jangan asal membersihkan wajah, yaa. Pahami langkah-langkah membersihkan wajah dan pastikan Anda menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit.

  1. Sabun untuk Wajah dan Tubuh Berbeda

image: Face Wash

Siapa yang masih suka menggunakan sabun mandi untuk mencuci muka? Duh.. sebisa mungkin hindari hal ini ya. Sabun muka dan sabun untuk tubuh memiliki kandungan yang berbeda. Sabun untuk tubuh mengandung surfaktan yang lebih tinggi guna mengangkat minyak dan kotoran. Jika digunakan pada kulit wajah yang lebih tipis, maka akan menyebabkan iritasi.

  1. Pelembab Itu Wajib!

Baik Anda akan beraktivitas di luar ruangan maupun di dalam ruangan, penggunaan pelembab adalah sebuah kewajiban, terutama bagi Anda pemilik jenis kulit kering. Selain itu, gunakanlah pelembab yang bersifat oily atau yang mengandung lebih banyak minyak agar kulit kering Anda bisa lebih lembab.

  1. Kuncinya Antioksidan dan Omega-3

Hanya karena kulit adalah bagian terluar tubuh, bukan berarti asupan yang Anda makan tidak mempengaruhi kesehatannya. Sebaliknya, kulit juga memerlukan makanan yang banyak mengandung Antioksidan dan Omega-3. Fungsinya adalah sebagai penangkal radikal bebas yang biasa Anda jumpai sehari-hari di luar ruangan. Diantara makanan yang mengandung ANtioksidan dan Omega-3 adalah tomat, blueberry, salmon, wortel, dan kacang-kacangan yang kaya antioksidan dan Omega-3.

  1. Jangan Lupakan Serat!

image: Fruits

Selain Antioksidan dan Omega-3, tubuh Anda juga memerlukan asupan serat yang cukup, termasuk kulit. Sebenarnya, sangat mudah menemukan makanan berserat tinggi di sekitar kita. Contohnya sayuran dan buah-buahan seperti pepaya, alpukat, pir, apel, kiwi, pisang, dan masih banyak lagi.

  1. Hindari Paparan Zat Kimia, Obat-obatan, dan Rokok

Senyawa kimia seperti klorin di kolam renang, obat-obatan seperti obat jerawat, dan asap rokok yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dapat merusak kelembaban alami kulit. Selain itu, sinar matahari siang juga harus Anda hindari. Sebisa mungkin, jangan keluar rumah tanpa menggunakan tabir surya, yaa.

  1.  Penuhi Kebutuhan Cairan Harian

Last but not least, Anda harus memperhatikan asupan cairan yang masuk ke tubuh Anda. Seperti yang kita tahu, lebih dari setengah tubuh manusia adalah air. Maka, jika tubuh kekurangan cairan, kulit pun akan ikut menjadi kering. Jika terus menerus seperti ini, maka masalah-masalah yang lebih serius sangat mungkin terjadi pada tubuh.

Nah, itulah beberapa penyebab kulit kering dan tips untuk mengatasinya khusus bagi Anda pemilik jenis kulit ini. Namun, jika kondisi kulit Anda cukup parah, seperti mudah terluka, atau sering terasa perih, sebaiknya segera konsultasikan keadaan ini ke dokter, yaa.

- Advertisement -spot_img

86 COMMENTS

  1. I like the helpful information you provide in your articles.

    I will bookmark your weblog and check again here frequently.
    I am quite sure I will learn many new stuff right here!
    Good luck for the next!

  2. Hmm it looks like your blog ate my first comment (it was super long) so I
    guess I’ll just sum it up what I had written and say,
    I’m thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog writer
    but I’m still new to the whole thing. Do you have any
    points for first-time blog writers? I’d certainly appreciate it.

  3. Just want to say your article is as astounding. The clarity in your post
    is simply excellent and i could assume you are an expert on this subject.

    Well with your permission allow me to grab your RSS feed to keep up to date with forthcoming
    post. Thanks a million and please carry on the enjoyable work.

  4. Hello there, You have done an excellent job. I’ll definitely digg it and personally suggest to my friends.
    I am sure they’ll be benefited from this website.

  5. Wow, fantastic weblog structure! How long have you been blogging
    for? you make blogging look easy. The full glance of
    your website is wonderful, as smartly as the content material!
    You can see similar here sklep

  6. A motivating discussion is definitely worth comment. I do believe that you need
    to write more about this subject, it might not be a taboo subject but typically people do not
    speak about such subjects. To the next! Cheers!!

  7. PBN sites
    We build a web of privately-owned blog network sites!

    Advantages of our private blog network:

    We carry out everything SO THAT google does not realize that this A PBN network!!!

    1- We purchase domains from distinct registrars

    2- The main site is hosted on a virtual private server (Virtual Private Server is high-speed hosting)

    3- Additional sites are on various hostings

    4- We attribute a unique Google ID to each site with confirmation in Google Search Console.

    5- We make websites on WordPress, we don’t utilise plugins with the help of which Trojans penetrate and through which pages on your websites are produced.

    6- We refrain from reproduce templates and use only individual text and pictures

    We refrain from work with website design; the client, if wanted, can then edit the websites to suit his wishes

  8. Наша компания предоставляет проф услуги по бурению скважин на водичку на С-петербурге а также Ленинградской области. Мы владеем богатым опытом на этой району равно заручим лучшее выполнение всех работ.

    Эмпайр скважин – это надежный а также эффективный фотоспособ обеспечения домашнего хозяйства, компаний и организаций истинною и качественной водой. Наша команда специалистов осуществляет бурение скважин многообразной глубины и еще поперечника, с точки зрения особенности донных вод в течение точном регионе – https://burenie-na-vodu-spb.online/vsevolozhsky/yubilejnoe/.

    Наша сестра используем нынешное ясс и технологии, яко разрешает нам проделывать службы быстро (а) также безопасно. Наша цель – обеспечить посетителей верным и еще прочным водоснабжением, каковое будет услуживать долгие годы.

    Сверх бурения скважин, мы также предлагаем услуги по обустройству глубинной общественный порядок: установка насосов, фильтров, резервуаров и противоположного оборудования для благосостояния удобного пользования водой.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img