7 Cara Memakai Foundation Cair Agar Bertahan Seharian

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

Tujuan pemakaian foundation sebelum menaburkan bedak berguna untuk meratakan warna kulit. Sehingga make up akan terlihat sempurna.  Agar hasil make up sempurna dan terlihat natural, tentu Anda harus memilih foundation yang tepat untuk kulit Anda. Salah satunya adalah foundation cair. 

Cara memakai foundation cair ternyata sedikit berbeda dengan cara menggunakan foundation berbentuk pasta atau padat.

Jenis-Jenis Foundation

Ada beberapa jenis foundation yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun sebelumnya, Anda harus mengetahui jenis kulit yang Anda miliki. Karena beda jenis kulit, beda pula jenis foundation yang cocok digunakan. Nah, sebelum bicara tentang cara menggunakan foundation cair, ada baiknya kita mengenal dahulu jenis-jenis foundation.

Sheer Foundation

Jenis ini ringan dan mudah digunakan. Sangat direkomendasikan untuk jenis kulit normal karena tidak membuat wajah terlihat mengkilap.

Oil Based Foundation

Dilihat dari namanya sudah bisa dipastikan foundation ini direkomendasikan untuk pemilik kulit kering. Kandungan minyaknya berfungsi sebagai pelembab kulit sekaligus menghasilkan dasar tata rias yang sempurna.

Creamy Foundation

Bertekstur krim yang lembut dan sangat baik menyembunyikan kerutan. creamy foundation juga cocok untuk mereka yang berkulit kering hingga normal. Foundation ini juga mengandung minyak yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit.

Matte Foundation

Matte foundation adalah alas bedak yang cocok untuk kulit berminyak. Cenderung cepat kering, alas bedak ini cukup dipakai tipis-tipis saja dan dapat meratakan warna kulit dengan sempurna. Matte foundation juga membantu mencegah produksi minyak berlebih dari kulit.

Stick Foundation

Bertekstur padat dengan bentuk stik, foundation ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat. Bentuk stiknya menjadikan alas bedak ini mudah diaplikasikan tanpa harus bersentuhan langsung dengan jemari yang sering membawa kuman.

Mousse Foundation

Bertekstur lembut seperti busa, mousse foundation cocok untuk semua jenis kulit. Uniknya, foundation ini juga mudah diaplikasikan pada kulit yang berkerut atau berlipat dalam. Tidak akan menggumpal dan menjadikan kerut semakin terlihat.

Compact Foundation

Untuk Anda yang menyukai sesuatu yang praktis, compact foundation adalah pilihan yang tepat. dapat digunakan oleh semua jenis kulit, foundation ini adalah perpaduan antara alas bedak dan bedak tabur.

Liquid Foundation

Liquid foundation atau foundation cair adalah jenis alas bedak yang direkomendasikan untuk semua jenis kulit. Bentuknya yang cair memudahkan aplikasinya. Anda dapat menggunakan  jari atau alat make up untuk menyapukannya ke wajah. Foundation cair dikemas dalam bentuk spray maupun pump yang praktis.

7 Cara Memakai Foundation Cair Yang Tepat Agar Bertahan Seharian

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis foundation kini kita lanjutkan ke cara memakai foundation cair agar bertahan seharian. 

Totalnya, ada tujuh langkah yang sebaiknya Anda lakukan agar hasil based make up Anda sempurna.

1. Membersihkan Wajah

cara memakai foundation cair

Hal ini adalah langkah utama yang harus Anda lakukan sebelum memakai make up. Selain menggunakan susu pembersih dan facial wash, Anda juga dapat menggunakan micellar water untuk membersihkan wajah dari sisa make up sebelumnya. Micellar  water berfungsi membersihkan dan memberi kelembaban pada kulit.

Wajah yang bersih dan lembab akan memudahkan make up menempel di wajah sehingga foundation yang Anda aplikasikan akan terlihat lebih flawless dan lebih tahan lama.

2. Oleskan Pelembab Terlebih Dahulu

Pemakaian pelembab sebelum menggunakan foundation sangat dibutuhkan, bahkan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Pilih pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Jika kulit Anda berminyak, pilihlah pelembab yang ringan. Dan jika kulit Anda kering dapat menggunakan pelembab dengan bahan cream ataupun berbasis minyak.

Pemilihan pelembab yang tepat juga akan mempengaruhi hasil make up. Jika dipilih dengan tepat, pelembab akan menjadi base make up yang sempurna untuk wajah Anda karena akan membantu menjaga ketahanannya.

3. Gunakan Foundation Secara Tipis Dan Merata

Setelah pelembab meresap sempurna di wajah, saatnya menggunakan foundation.  Ingatlah bahwa foundation sebaiknya digunakan secara tipis dan merata. Hal ini akan memudahkan jika Anda ingin menambah ketebalannya, daripada membersihkan yang terlanjur menempel di wajah.

Pemakaian alas bedak secara tipis merata juga akan membuat tampilan flawless dan warna kulit lebih merata. Namun jika sudah terlanjur memakainya terlalu tebal, Anda dapat menggunakan spons basah yang ditepuk-tepukkan perlahan ke wajah untuk menghapusnya.

4. Mengaplikasikan Foundation Dengan Dua Cara

Anda dapat mengaplikasikan foundation cair dengan dua cara, yaitu:

Dengan Spons

Spons yang dapat Anda gunakan untuk mengaplikasikan foundation cair adalah yang berbentuk pipih atau bulat. Dengan menggunakan spons, Anda dapat menghasilkan make up yang lebih natural karena spons dapat menghasilkan blending yang lebih natural. Ujung yang runcing dari spons juga dapat menjangkau area sempit di wajah sehingga lebih merata.

Kekurangannya adalah foundation yang dihabiskan akan lebih banyak karena terserap ke dalam spons. Anda dapat membasahi spons Anda terlebih dahulu untuk mengurangi resiko ini.

Dengan Kuas

Kuas atau brush, memiliki bentuk berbeda-beda yang ditujukan untuk tekstur alas bedak yang berbeda. Untuk foundation cair, sebaiknya Anda menggunakan brush dengan bentuk paddle brush. Kuas ini akan membuat coverage yang baik pada wajah Anda.

Kelebihan menggunakan brush adalah, kotoran atau bakteri yang menempel tidak sebanyak jika menggunakan spons. Make up yang dihasilkan juga lebih coverage.  

Sedangkan kekurangannya adalah Anda harus mengeluarkan budget tertentu untuk memiliki kuas ini. Pengaplikasiannya juga akan memakan waktu dan anda membutuhkan cleanser untuk membersihkan kuas.

Jika ingin menghemat biaya dan waktu, Anda juga dapat menggunakan ujung jari Anda untuk mengaplikasikan foundation cair.

5. Jangan Lupa Aplikasikan Concealer

Jika foundation berfungsi sebagai alas bedak,  maka concealer bertugas menyembunyikan ketidaksempurnaan pada wajah. Salah satunya adalah mata panda. Penggunaan foundation terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan concealer adalah pilihan terbaik agar kita mengetahui seberapa banyak concealer yang dibutuhkan.

Selain juga untuk menghindari pengaplikasian dua kali.

Untuk pemilihan warna, gunakan concealer yang memiliki warna senada dengan alas bedak. Hal ini bertujuan agar hasil make up lebih menyatu secara keseluruhan.

6. Gunakan Jenis Bedak Yang Tepat

Setelah mengaplikasikan concealer, Anda dapat menggunakan bedak dengan jenis yang tepat sesuai dengan wajah Anda. Kenali dahulu warna dan jenis kulit Anda. Saat memilih bedak, Anda dapat melakukan  tes terlebih dahulu pada punggung tangan atau rahang untuk mencari warna bedak yang sesuai dengan warna kulit dan base make up Anda.

Selain warna kulit, jenis kulit Anda juga dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih bedak. Sehingga hasil make up Anda dapat senada dan lebih tahan lama di wajah.

7. Aplikasikan Make Up Lainnya

Setelah menggunakan bedak, Anda dapat menggunakan item makeup lain seperti blush on, eyeliner, eyeshadow, maskara, pensil alis, dan lipstik untuk menyempurnakan riasan wajah Anda

Ternyata cara memakai foundation cair cukup mudah, bukan? Hal yang perlu diingat adalah, Anda harus menyamakan warna foundation, concealer dan make up Anda sehingga hasil riasan akan terlihat flawless dan sempurna di wajah Anda, tahan lama dan sempurna sepanjang hari.

- Advertisement -spot_img

52 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img