20 Cara Awet Muda Alami Dari Para Ahli

Artikel Serupa

Marzha Rezqyta
Marzha Rezqyta Putri Anindhita adalah seorang Istri Rumah Tangga lulusan Sastra Inggris, Universitas Padjadjaran tahun 2020, dan kini sedang meniti karir di bidang penulisan. Profesi Copywriter sudah ia geluti sejak setahun yang lalu.

Seiring bertambahnya usia, manusia akan semakin kehilangan efektivitas fungsi tubuhnya. Tulang yang keropos, organ vital yang melambat, hingga kulit yang mulai bermasalah akibat lambatnya regenerasi sel. Meskipun penuaan mutlak terjadi pada siapa saja, namun kita bisa mengantisipasinya.

Tentunya ada banyak jalan menuju tampilan ‘lebih awet muda’. Anda bisa memilih jalur mahal & instan untuk merubah ‘tampilan luar’ atau jalan alami & sehat yang mampu merubah ‘luar dan dalam

Di artikel kali ini, kami akan membahas pilihan yang kedua. Anda tidak perlu melakukan operasi, sulam, totok, atau menyuntikkan bahan-bahan kimia ke dalam tubuh untuk mendapatkan kulit dan tubuh yang awet muda. Anda cukup melakukan 20 hal ini mulai dari sekarang.

  1. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Hal pertama dan yang paling utama yang perlu Anda lakukan jika ingin awet muda secara alami adalah memenuhi kebutuhan istirahat. Seperti yang kita tahu, istirahat terbaik bagi tubuh adalah tidur. Bagi Anda yang berusia 18 tahun keatas, maka waktu tidur yang cukup bagi Anda adalah 7-9 jam sehari.

  1. Penuhi Kebutuhan Air Putih

Image: Drink Water

Lebih dari setengah tubuh manusia terdiri atas air. Jika asupan air yang tubuh Anda dapatkan tidak sesuai dengan kebutuhan, maka yang akan terjadi adalah dehidrasi. Saat tubuh kekurangan cairan, maka dampaknya akan terlihat jelas pada kulit. Seperti yang diterangkan dalam plos.org, dehidrasi tubuh dapat mempengaruhi proses penuaan kulit. Mulanya kulit Anda akan terasa kering, dan jika dibiarkan dalam waktu lama, maka siap-siap saja mengalami keriput dini.

  1. Sayur dan Buah untuk Antioksidan

Jika Anda sudah berumur diatas 30 tahun dan masih hobi mengkonsumsi daging-dagingan setiap hari, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan ini. Cobalah untuk mengganti menu makanan Anda dengan sayuran dan buah-buahan. Hal ini karena sayur dan buah mengandung antioksidan alami. Dalam Sociedade Brasileira de Dermatologia, dijelaskan bahwa antioksidan memiliki peranan penting untuk kulit. Contoh sayur dan buah yang dapat menghambat penuaan adalah Kacang-kacangan dan jus atau buah Delima.

  1. Say No to Junk Food

Makanan lezat berlemak ini memang mempunyai citarasa khas dan bisa didapatkan dengan mudah juga cepat. Namun, jika ingin lebih awet muda di usia 30 atau 40-an nanti, mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan cepat saji. Kandungan dalam junk food dapat menyebabkan penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah yang akan memicu penyumbatan lemak dan menjadikan kulit cepat menua dan  rusak.

  1. Olahraga Teratur

Semakin bertambah usia, kolagen dalam tubuh akan semakin berkurang. Akibatnya, kulit menjadi lebih kendur, terutama jika Anda kurang aktif bergerak. Oleh sebab itu, mulailah untuk rutin berolahraga karena olahraga dapat membangun jaringan otot yang membuat kulit lebih awet muda dan menjaga kesehatan organ vital tubuh. Menurut Olay UK, sirkulasi darah akan lebih baik saat Anda berolahraga. Akibatnya, oksigen dan nutrisi lainnya jadi lebih mudah tersebar ke seluruh bagian tubuh, termasuk ke kulit.

  1. Hindari Rokok dan Alkohol

Image: Cigarette & Alcohol

Mirip seperti efek yang ditimbulkan jika Anda jarang bergerak, kebiasaan merokok dan minum minuman keras juga dapat mengurangi produksi kolagen dalam kulit sehingga akan menyebabkan kulit mudah keriput. Nikotin dalam rokok juga akan menghambat aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit.

  1. Meminimalisir Paparan Sinar Matahari

Melansir dari Medline Plus, Kita membutuhkan sinar matahari untuk membuat tubuh mengolah asupan vitamin D. Namun, paparan sinar matahari berlebih terutama di siang hari dapat merusak jaringan kulit. Dalam jangka panjang hal ini akan menimbulkan masalah pada kulit sampai yang terparah adalah kanker kulit.

  1. Gunakan Kacamata Hitam di Luar Ruangan

Selain untuk bergaya, menurut Harvard Health Letter, kacamata hitam dapat menghindarkan Anda dari penuaan dini. Penggunaan kaca mata hitam membantu mengurangi tingkat kesilauan mata saat berada di luar ruangan, sehingga Anda tidak perlu sering menyipitkan mata dan kerutan di sekitar mata pun dapat dicegah.

  1. Batasi Jumlah Gula yang Masuk ke Tubuh

Gula memiliki efek ketergantungan yang sebetulnya mirip dengan penggunaan narkoba. Gula dan penuaan juga memiliki beberapa keterkaitan. Semakin kita memakan gula, maka semakin besar nafsu makan kita. Hal itu akan menimbulkan masalah kesehatan seperti diabetes dan jantung. Jadi, kalau ingin awet muda, kurangi asupan gula mulai sekarang, ya.

  1. Merawat Kesehatan Gigi

Image: Brushing Teeth

Bukan hanya karena memiliki gigi asli yang utuh diatas usia 40 tahun dapat membuat Anda terlihat awet muda, namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang rutin sikat gigi 2x sehari memiliki resiko terkena serangan jantung lebih rendah. Jadi awet muda terus, kan?

  1. Rutin Naik-Turun Tangga

Selain olah raga teratur, ada hal ringan yang bisa Anda lakukan, yaitu naik-turun tangga. Hubungan antara keaktifan bergerak seperti naik turun tangga atau berjalan selama 10 menit dapat meningkatkan fungsi otak, menurut penelitian di UCLA.

  1. Coba Lakukan Yoga

Berbeda dari olahraga lain, Yoga merupakan jenis olahraga yang menghubungkan antara tubuh dan pikiran Anda. Yoga dapat mengoksigenasi sel, membersihkannya dari racun, membantu mencegah penyakit, dan membuat kulit lebih bercahaya. Menurut Dermafique, Yoga adalah olahraga yang tepat untuk mencegah penuaan dini.

  1.  Aerobik Mental Patut Dicoba

Selain awet muda di luar, Anda juga pasti ingin awet muda di dalam. Sebuah studi dari Journal of American Medical Association mengungkapkan bahwa latihan mental dapat mengurangi resiko penurunan kognitif sampai lima tahun. Jadi tubuh dan pikiran Anda bisa tetap awet muda.

  1. Jangan Berhenti Belajar

Image: Old Woman Learning on Tablet

Sama seperti Aerobik Mental, belajar juga mengasah kecerdasan atau kemampuan otak Anda untuk berpikir. Bahkan, dilansir dari The Guardian, banyak belajar dapat menurunkan resiko Alzheimer di masa tua kelak. Jadi jika ingin tetap awet muda luar dalam, teruslah belajar tanpa harus memandang usia, ya. Anda dapat belajar kapanpun dan dimanapun, meski bukan di sekolah/kampus.

  1. Meningkatkan Spiritualitas

Sebagaimana Yoga, fokus pada kegiatan spiritual juga dapat menciptakan koneksi, bukan hanya antara pikiran dan tubuh Anda, namun juga dengan Yang Maha Kuasa. Hal ini, seperti yang dibahas dalam Innovative Medicine, akan membuat Anda lebih rileks dalam menjalani hari-hari dan terhindar dari stress.

  1. Pertimbangkan tentang Puasa Intermiten

Puasa Intermiten adalah puasa terhadap beberapa jenis asupan makanan atau berpuasa dalam jangka waktu tertentu. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan dalam menjalankan puasa ini. Dengan membatasi asupan kalori yang masuk, maka tubuh dapat memiliki peluang hidup yang lebih panjang.

  1. Merasakan dan Berbagi Rasa Cinta

Image: Loving Family

Sangat penting untuk dapat merasakan dan berbagi cinta dengan orang-orang terdekat kita seperti keluarga, pasangan, anak, atau sahabat. Dengan begitu, Anda memiliki lebih banyak hormon yang membuat bahagia dan membuat Anda semakin bersemangat menjalani hidup.

  1. Rutin Membersihkan Wajah sebelum Tidur

Ini adalah hal yang wajib dilakukan terutama jika Anda telah menggunakan makeup seharian. Sisa riasan yang menumpuk akan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit kering, dan masalah lainnya yang dapat menimbulkan efek penuaan dini. Oleh karena itu, sebagaimana yang telah dibahas dalam National Library of Medicine, penting untuk melakukan cleansing setiap hari, terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat.

  1. Gunakan Skincare yang Sesuai

Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan skincare sesuai jenis kulit Anda. Dimulai dari sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebih, menggunakan pelembab, sampai penggunaan bahan alami untuk meremajakan kulit. Penting untuk memperhatikan kecocokan skincare dengan jenis kulit agar tidak terjadi iritasi setelah pemakaian rutin.

  1. Less Stress

Image: Less Stress

Tidak ketinggalan, hal terpenting dari semuanya adalah mengelola stress dengan baik dan benar. Karena bagaimanapun, pikiran kita lah yang akan mencerminkan kecantikan diri kita. Bagi kulit, stress akan memicu hormon kortisol dan adrenalin yang akan memicu minyak berlebih serta menyumbat pori. Maka stres, menurut Mohs Skin Cancer Surgery, juga dapat menyebabkan kerusakan kulit yang berakhir pada penuaan dini. Jadi, mulai kurangi stress dan pikiran-pikiran negatif, ya.

Itu dia 20 cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan kulit maupun tubuh yang awet muda tanpa perlu melakukan tindakan medis.

Selamat mencoba!

- Advertisement -spot_img

65 COMMENTS

  1. We wish to thank you once again for the gorgeous ideas you offered Jesse when preparing a post-graduate research and, most importantly, pertaining to providing each of the ideas in one blog post.
    If we had been aware of your blog a year ago, we may have been saved
    the nonessential measures we were participating in. Thank you
    very much. adults toys

  2. We wish to thank you just as before for the wonderful ideas you gave Jesse when preparing a post-graduate
    research in addition to, most importantly, pertaining to providing all of the ideas within a blog post.
    Provided that we had been aware of your blog a year ago, i’d have been rescued from the needless measures we were having to take.
    Thank you very much. adults toys

  3. 🌌 Wow, blog ini seperti roket melayang ke galaksi dari kemungkinan tak terbatas! 💫 Konten yang menarik di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi imajinasi, memicu kagum setiap saat. 🎢 Baik itu gayahidup, blog ini adalah harta karun wawasan yang menarik! #KemungkinanTanpaBatas Terjun ke dalam pengalaman menegangkan ini dari penemuan dan biarkan imajinasi Anda melayang! ✨ Jangan hanya membaca, rasakan sensasi ini! 🌈 Pikiran Anda akan berterima kasih untuk perjalanan mendebarkan ini melalui ranah keajaiban yang menakjubkan! 🚀

  4. When someone writes an post he/she maintains the plan of a user in his/her brain that how a user can be aware of it. Therefore that’s why this article is amazing. Thanks!|

  5. Greetings fromm California! I’m bored too tears at wokrk so I decided to chheck out your blog on my iphone during lunch break.

    I really like the information you present here and can’t wait
    to take a look when I get home. I’m amazed at how fast your blog loaded
    on my cell phone .. I’m not even using WIFI, just 3G ..
    Anyways, fantastic blog!

    My web site :: http://forum.soundspeed.ru/member.php?624410-Svetldlo

  6. I do not know if it’s just mme or if perhaps everyone else experiencing issues
    with your website. It appears as if some of the written tet within ylur content are running off the screen. Can smeone else please providre feedback
    and let me know if this is happening to them as well?
    This may be a problem with my web browsser because I’ve haad this happen before.
    Thank you

    Also visit my bog post :: https://Servernorilsk.ru/forum./viewtopic.php?t=45

  7. Can I simply just say whatt a comfort to find an individual who truuly understands what they are talking aboutt
    online. You certainly know how to bring a problem tto light and make it important.
    A lot more people have to look at this and understand this side of the story.
    I was surprised that you are not more popular because you surely have
    the gift.

    Feel free too surf to my web-site … Mentorship.Lambolapdog.Com

  8. Magnificent goods from you, man. I have understand your stuff previous to
    and you’re just extremely great. I actually like what you’ve acquired here, certainly like what you are stating and the way
    in which yoou say it. You mqke it enjoyable and you still take
    care of to keep it sensible. I can not wait to rerad faar more from
    you. This is actually a wonderful site.

    my website; http://Forum-Gsmlab.Com/

  9. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as
    thoughh you relied on the video tto make your point.

    Yoou definitely know what youre talking about, wwhy
    throw away your intelligence on just posting videos to your weblog when you could
    be giving uss something informative to read?

    my website … Adtgamer.Com.br

  10. Hi! I could have sworn I’ve been to this website before but after reading
    through some of the post I realized it’s new to me. Nonetheless,
    I’m definitely delighted I found it and I’ll be bookmarking and checking back
    often!!

  11. Your post resonated deeply with me. It’s comforting to know others share similar experiences. Your vulnerability and authenticity make social media a better place.

  12. I don’t even understand how I finished up here, but I assumed this post was once good.
    I don’t realize who you are however certainly you are going to a well-known blogger in the event you
    aren’t already. Cheers! I saw similar here: Sklep

  13. Hello! Do you know if they make any plugins to assist
    with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for
    some targeted keywords but I’m not seeing very good results.

    If you know of any please share. Thank you! You can read similar
    text here: Dobry sklep

  14. Hi! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.

    If you know of any please share. Appreciate it!
    You can read similar blog here: Sklep

  15. Hello! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?

    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Thanks! You can read similar article here: Sklep internetowy

  16. Hello there! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my
    blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Thank you! I saw similar
    article here: Backlink Building

  17. Online games are very exciting and interesting games to play, because they contain lots of interesting games, here we have games that will keep you entertained. If you are interested please visit our website https://labirindeath.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img