Ini Beda Essence Dan Serum, Jangan Sampai Salah!

Artikel Serupa

Aditarifa Rizki Pratigina
Aditarifa Rizki Pratigina adalah ibu dua anak, author, content writer dan aktif di beberapa komunitas pengasuhan dan pendidikan. Dua buku solonya yang telah terbit yaitu novel Lingua Amoris (Maret 2020) dan Kiat Mengoptimalkan Potensi Anak ADHD (Juli 2021).

Essence dan serum seringkali dianggap memiliki fungsi yang sama. Padahal keduanya berbeda. Agar tidak bingung lagi, simak penjelasannya agar Anda tidak salah beli.

Pemakaian essence pada wajah sebagai rangkaian dari skincare harian belakangan ini semakin menjadi tren. Rangkaian skincare a la Korea Selatan ini mulai banyak digandrungi di Indonesia. Penggunaan essence dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan wajah dan menyelesaikan masalah kulit. 

Apakah betul begitu?

Mengenal Essence Dan Serum

Sebelum membahas tentang perbedaan keduanya, sebaiknya Anda mengenal lebih jauh tentang kedua produk perawatan kulit ini. Walau nyaris serupa, keduanya ini ternyata berbeda. 

Sepertinya namanya, Essence dalam bahasa inggris artinya esensi, atau inti. merupakan perawatan kulit yang mengandung bahan aktif yang tinggi. Teksturnya cenderung cair seperti air. Pemakaian essence biasanya digunakan setelah toner, sebelum menggunakan serum dan rangkaian skincare setelahnya.

Essence akan menyiapkan kulit untuk menerima atau menyerap serum dan produk perawatan kulit selanjutnya.

beda essence dan serum

Sedangkan serum adalah cairan yang mengandung bahan aktif seperti peptida dan antioksidan. Kedua bahan aktif ini akan membuatnya cepat terserap jauh ke dalam kulit. Penyerapan itu akan menuju langsung ke permasalahan kulit. Penyerapan serum ke dalam kulit bahkan lebih baik dibandingkan pelembab wajah.

Serum tidak bisa digantikan oleh pelembab namun Anda dapat menggabungkan keduanya agar lebih ampuh dan mempercepat proses perbaikan kulit sesuai yang Anda inginkan.

Bahan aktif serum juga biasanya akan diformulasikan sesuai  dengan masalah kulit. Sehingga Anda dapat memilih serum dengan kandungan bahan aktif yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit Anda.

Beda Essence Dan Serum

Terdapat beda essence dan serum yang perlu Anda ketahui. Tujuannya agar dapat membantu Anda memilih produk yang tepat untuk menyelesaikan masalah kulit. Serta membantu menjaga kesehatan kulit Anda dengan lebih optimal. Berikut penjelasannya.

Dari Segi Teksturnya

Kedua rangkaian skincare ini sebenarnya sama-sama berbasis air. Namun essence lebih cair. Bentuknya yang seperti air ini akan membuat essence menyerap dengan cepat ke dalam kulit dan membuat kulit menjadi lembab. 

Berbeda dengan essence, serum memiliki tekstur yang lebih kental. Tekstur kental dari serum yang mengandung senyawa aktif yang tinggi akan  membuatnya menyerap jauh ke dalam kulit.

Jadi penting bagi Anda untuk mengetahui permasalahan kulit Anda agar dapat memilih kandungan serum yang tepat untuk mengatasinya.

Dari Segi Fungsinya

Essence berfungsi untuk menyiapkan kulit untuk menerima serum dan rangkaian skincare setelahnya. Essence juga membuat penyerapan serum dan rangkaian skincare lain yang Anda gunakan setelahnya menjadi lebih mudah. Hal ini tentu akan membuat skincare Anda bekerja lebih ampuh.

Sedangkan serum akan bekerja menuju langsung ke titik permasalahan kulit. Bahan aktif tinggi yang terkandung di dalamnya memang didesain untuk menyelesaikan masalah kulit tertentu.

Sehingga pemilihan jenis serum disesuaikan dengan permasalahan kulit yang dialami. Anda tidak dapat mengganti serum dengan pelembab karena fungsinya yang berbeda, tapi Anda dapat menggabungkan keduanya.

Dari Sisi Kulit Yang Membutuhkannya

Sebenarnya, essence dan serum dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Yang membedakan adalah pemakaian serum dapat disesuaikan dengan masalah yang dialami kulit. Sedangkan essence lebih umum.

Essence yang umumnya berbasis air mengandung Gliserin, Hyaluronic acid , vitamin C, vitamin E, vitamin A atau retinol, mineral termasuk zinc dan selenium. Juga mengandung Ekstrak tumbuhan misalnya teh hijau, buah-buahan, dan lidah buaya. Sehingga essence cenderung dapat digunakan oleh hampir semua jenis kulit.

Sementara serum dirancang memiliki senyawa yang disesuaikan dengan permasalahan kulit. Contoh, jika Anda ingin mengatasi masalah kulit kering Anda dapat memilih serum dengan kandungan Hyaluronic acid.

Contoh lainnya, Anda dapat memilih serum dengan kandungan vitamin C yang dapat membantu permasalahan flek hitam dan meratakan warna kulit Anda.

Dari Cara Memakainya

Perbedaan pemakaian keduanya terletak pada urutannya. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda tidak boleh salah dalam menggunakan urutan essence dan serum. Seperti biasa sebelum menggunakan  rangkaian skincare Anda, bersihkan wajah dari kotoran dan sisa make up dengan menggunakan micellar water atau milk cleanser dan lanjutkan dengan sabun wajah. Setelah itu barulah Anda menggunakan toner, dilanjutkan dengan essence.

Cara menggunakan essence adalah dengan menepuk-nepuk pelan pada kulit wajah. Setelah essence meresap, barulah Anda menggunakan serum yang sesuai dengan kulit Anda. Cara menggunakan serum pada kulit adalah dengan memijat perlahan pada wajah Anda, sampai serum meresap ke dalam kulit Anda.

Karena teksturnya yang ringan, essence dapat digunakan pada pagi dan malam hari. Sedangkan serum digunakan pada pagi hari sebelum menggunakan make up dan pada malam hari sebelum tidur.

Persamaan Essence Dan Serum

Selain memiliki berbagai perbedaan, essence dan serum juga memiliki kesamaan dalam beberapa hal, yaitu sebagai berikut.

Dari Segi Manfaatnya Bagi Kulit

Ternyata dari segi manfaat keduanya memiliki kesamaan. Kemampuan essence dan serum untuk menyerap ke dalam kulit, membuat keduanya mampu menghidrasi kulit dengan baik. Keduanya juga memiliki kandungan yang dapat dikatakan hampir sama. Sehingga keduanya mampu mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan, serta membuat kulit tampak lebih lembut, kenyal dan awet muda.

Dari Formulanya

Formula essence dan serum sama-sama ringan dan cepat meresap ke dalam kulit. Hal ini dikarenakan keduanya berbasis air. Essence dan serum juga diformulasikan agar tidak meninggalkan residu serta rasa lengket pada kulit wajah. Hal ini akan membuat pemakaiannya akan menjadi lebih mudah dan nyaman di wajah.

Dari Kandungannya

Keduanya memiliki kandungan senyawa aktif. Bahkan essence dapat dikatakan merupakan gabungan antara toner dan serum. Jika Anda ingin kulit Anda terhidrasi, essence yang cenderung mengandung hyaluronic acid dapat membantu Anda untuk melembabkan kulit Anda. Essence juga mengandung  vitamin C, vitamin E, vitamin A dan bahan-bahan lain yang bermanfaat bagi kulit.

Hal yang sama juga dapat Anda terapkan saat memilih serum. Namun serum dirancang fokus untuk satu permasalahan kulit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa serum bekerja langsung ke dalam kulit  dan terfokus untuk menyelesaikan masalah yang dialaminya.

Walaupun sifatnya sama-sama ringan, namun pemakaian essence dan serum juga harus diperhatikan. Pemakaian keduanya secara berlebihan malah akan membuat rangkaian skincare sulit meresap ke dalam kulit.

Sehingga penting bagi Anda untuk tidak memakai keduanya secara berlebihan. Hal yang juga perlu diingat adalah jika timbul iritasi maka hentikan pemakaian segera dan konsultasikan kulit Anda ke ahlinya.

Demikian penjelasan mengenai beda essence dan serum. Ternyata kedua produk tersebut dapat dipakai secara berurutan dan bersinergi, namun bisa juga dipakai sendiri-sendiri. Semoga bahasan ini bermanfaat bagi Anda.

- Advertisement -spot_img

65 COMMENTS

  1. Wow, fantastic weblog format! How long have you ever been running a blog for?

    you make running a blog look easy. The total glance of your site is
    wonderful, let alone the content! You can see similar here sklep online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Yang Sedang Trending

Rekomendasi Produkspot_img

Artikel Terkait Lainya

- Advertisement -spot_img